10.Apr.2023

Tempat-Tempat Wisata yang Asyik buat Ngabuburit


 

0
0
0

Tempat Wisata buat Ngabuburit - Ngabuburit adalah singkatan dari kalimat bahasa Sunda, yaitu ngalantung ngadagoan burit, yang berarti santai menunggu waktu sore hari. Kata ngabuburit sendiri sudah diserap dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dengan arti 'menunggu adzan maghrib menjelang buka puasa saat bulan Ramadan'. Jadi, di dalam kosakata umat Islam Indonesia, kata ngabuburit sudah luas dikenal. Ada banyak kegiatan untuk mengisi waktu jelang berbuka puasa, salah satunya adalah jalan-jalan ke tempat wisata. Berikut rekomendasi destinasi-destinasi wisata yang cocok buat ngisi waktu ngabuburit kamu.

Kota Tua

Sumber gambar: Shutterstock

Destinasi satu ini terletak di Jakarta Barat. Sejak tahun 1972, Gubernur DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin, meresmikan Kota Tua sebagai situs warisan. Selain nilai sejarahnya yang kaya, Kota Tua adalah rumah bagi beberapa bangunan bersejarah di Jakarta seperti: Gedung Arsip Nasional, Gedung Chandranaya, Vihara Dharma Bhakti, Petak Sembilan, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Lapangan Fatahillah, dan masih banyak lagi. Pokoknya cocok banget deh buat ngabuburit sekalian belajar sejarah Kota Jakarta!

 

Ancol

Sumber gambar: Shutterstock

Ancol adalah taman hiburan terbesar di Indonesia yang terletak di Jakarta Utara. Mulai dibangun sejak tahun 1966, hingga kini Ancol memiliki kawasan pariwisata (rekreasi dan resor) dan juga kawasan penunjang (hiburan, konvensi, belanja) dengan luas mencapai 552 hektar. Bagi Aladiners yang mau ngabuburit di Ancol, tempat yang paling cocok adalah kawasan pantai dan tamannya. Ada 5 pantai (Pantai Festival, Pantai Indah, Pantai Elok, Pantai Ria, dan Carnival Beach Club) dan area Beach Park yang menawarkan aktivitas watersport seperti Banana Boat, Donut Boat, Kayak, Swan Pedal Boat, dan Aqua Fun. 

 

Baca jugaMinuman Buka Puasa Rendah Kalori untuk Diet

Setu Babakan 

Sumber gambar: Shutterstock

Setu Babakan adalah sebuah danau buatan dengan luas sekitar 30 hektare yang terletak di Srengseng Sawah, Jakarta. Yang membuat danau ini spesial adalah banyak terdapat perkampungan budaya Betawi di sekitarnya. Sejak tahun 2004, daerah ini resmi dijadikan Pusat Perkampungan Betawi. Di sini, kamu bisa belajar apa pun tentang kebudayaan Suku Betawi seperti kesenian, rumah adat, makanan dan minuman khas, dan lain-lain. 

 

Baca jugaOlahraga saat Puasa? Nggak Ada Salahnya, Coba Ini!

 

Masjid Istiqlal

Sumber gambar: Rumah.com

Destinasi ini cocok banget buat ngabuburit plus wisata religi. Terletak di Jakarta Pusat, masjid ini adalah masjid terbesar di Asia Tenggara dan terbesar keenam di dunia. Pemancangan tiang pertama masjid ini dilakukan pada tanggal 24 Agustus 1961 dan pembangunannya baru selesai serta diresmikan pada tanggal 22 Februari 1978. Selama bulan Ramadan, ada kegiatan buka puasa bersama dengan takjil yang disediakan oleh pihak masjid, tausiah, tadarusan, dan lain-lain. 

Jalan Surya Kencana 

Sumber gambar: Welfare.id

Nggak cuma Jakarta aja yang punya tempat-tempat asyik buat ngabuburit, di Bogor juga ada lho, salah satunya di Jalan Surya Kencana. Di sini kamu bisa nemuin banyak banget street food yang murah meriah dan layak dicoba seperti Asinan Jagung Bakar Pak Sabur, Lumpia Basah Gang Aut, Pepes Sagu Pisang Daniel, Kuppic Gelato, Martabak Encek, dan tentunya masih banyak lagi. Lezat-lezat kan? Tapi makannya tunggu bedug dulu ya, Aladiners!

Baca jugaRekomendasi Burger di Jakarta untuk Buka Puasa

Komentar

Tinggalkan Komentar: