tradisi ramadan ziarah kubro
01.Mar.2024

Tradisi Menyambut Ramadan yang Hanya Ada di Indonesia


 

0
0
0

Ramadan hampir tiba nih, Aladiners. Nggak kerasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Ini adalah waktu yang istimewa, bukan cuma karena umat Islam yang akan berpuasa, tapi juga menjadi momen hangat bagi kita semua untuk berbagi kebaikan kepada sesama.

Momen menyambut Ramadan juga sudah jadi tradisi yang turun temurun di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa tradisi menyambut Ramadan yang khas dan hanya dapat ditemukan di negeri ini. Mari kita jelajahi beberapa tradisi unik tersebut yang menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya asli Indonesia.

 

Meugang

tradisi ramadan meugang Sumber: kumparan.com

Tradisi ini sangat tekenal di kota dengan julukan "Serambi Mekah”. Ya, Meugang atau yang biasa disebut Makmeugang atau Haghi Mamagang adalah tradisi masyarakat Aceh dalam menyambut datangnya bulan Ramadan dengan cara memotong hewan kurban, lalu memasak dagingnya dan kemudian disantap bersama oleh keluarga dan kerabat. Tradisi ini sudah berlangsung sejak abad ke 14, dimana pada masa ini Sultan dari kerajaan Aceh Darussalam membagikan menyiapkan masakan daging dalam jumlah yang banyak untuk dibagikan kepada anak—anak yatim piatu dan para duafa.

 

Megibung

tradisi ramadan megibung Sumber: tribunnews.com

Aladiners tau gak kalau masyarakat muslim di pulau dewata, Bali juga memiliki tradisi untuk menyambut Ramadan? Ya, namanya Megibung. Tradisi ini juga merupakan acara memasak dan makan bersama yang dilakukan oleh masyarakat di sekitaran kabupaten Karangasem, Bali. Megibung sendiri adalah tradisi khas Bali yang artinya makan bersama dalam satu wadah. Dalam tradisi ini, biasanya orang-orang akan duduk bersila, melingkar, sambil menikmati hidangan yang disajikan diatas wadah daun pisang.

 

Ziarah Kubro

tradisi ramadan ziarah kubro Sumber: infopublik.id 

Sesuai namanya, tradisi ini merupakan ritual mengunjungi makam, tapi bedanya ziarah ini bukan untuk mengunjungi makam keluarga, melainkan makam para ulama dan pendiri kesultanan Palembang. Tradisi ziarah ini biasanya dilakukan pada akhir bulan Syakban atau seminggu sebelum Ramadan. Disebut "Kubro”, karena diikuti oleh ribuan orang (massal), dan uniknya hanya diperuntukan bagi laki-laki saja.

 

Tabuh Bedug

tradisi ramadan tabuh bedug Sumber: tribunnews.com

Tradisi yang satu ini udah gak asing buat masyarakat Kudus, Jawa Tengah. Tabuh Bedug adalah tradisi menyambut bulan suci Ramadan dengan bersholawat sambil menabuh bedug. Ritual ini dianggap sebagai bentuk rasa gembira dan suka cita dalam memasuki bulan Ramadan.

 

Mattunu Solong

tradisi ramadan mattunu solong Sumber: detik.com

Tradisi yang satu ini sudah turun temurun dilakukan oleh masyarakat Polewali Mandar, Sulawesi barat, dengan menyalakan pelita (cahaya) ditempatkan di seluruh bagian rumah, mulai dari pagar, halaman, anak tangga, pintu masuk hingga dapur. Tradisi ini sebagai bentuk pengharapan keberkahan karena kembali dipertemukan dengan bulan Ramadan, dan juga memanjatkan doa supaya bisa kembali dipertemukan di Ramadan tahun berikutnya.

 

Baca juga: 8 Jajanan yang Cuma Ada Saat Ramadan

 

 

Banyaknya tradisi yang unik di bulan Ramadan bukan hanya menjadi ritual untuk beribadah semata, tetapi juga sebagai momen untuk merayakan kebersamaan, kekayaan budaya, dan kepedulian sosial di tengah-tengah masyarakat.

 

Keberagaman tradisi Ramadan di Indonesia menjadi ciri khas tersendiri di negara kita, dan membuktikan bahwa setiap orang punya caranya sendiri untuk menyambut Ramadan tanpa harus memisahkan kewajiban dan kebaikan yang dilakukan selama bulan suci tersebut.

 

So, kalau kamu mau berencana menghabiskan bulan Ramadan sambil berpetualang menjelajahi berbagai tempat dan destinasi wisata seru, langsung aja cek di Mister Aladin. Ada banyak pilihan akomodasi, mulai dari hotel, tiket pesawat dan kereta, dan juga paket perjalanan wisata yang akan menambah keseruan momen jalan-jalan kamu.

 

Komentar