24.Oct.2016

Ini 7 Negara yang Wajib Dikunjungi saat Kamu Berusia 20-an


 

0
0
0

7 Negara Wajib Dikunjungi - "Jalan-jalanlah selagi kamu bisa." Pernah disaranin begini nggak sama orang yang lebih tua? Kalau iya, berarti saran ini wajib diturutin. 'Bisa' di sini berarti selagi kamu punya waktu, tenaga, dan tentunya biaya. Nah, karena usia 20-an adalah waktu orang lagi bugar-bugarnya dan udah punya duit sendiri (meskipun belom kaya banget), Mister pilihin 7 negara yang wajib dikunjungi saat kamu berusia 20an. Yuk, jalan-jalan ke sana sebelum keburu renta dan sibuk ngurusin hal lain!

 

1. Vietnam

Sumber gambar: Shutterstock

Murah dan punya banyak tempat wisata yang memuaskan semua tipe traveler, itulah Vietnam. Mau makan enak? Kamu bisa cicipin perbedaan kelezatan pho di Ho Chi Minh dan Hanoi. Lebih suka wisata alam dan pengin ketemu suku tradisional? Kamu bisa trekking 2-3 hari atau bahkan seminggu ke desa Sa Pa. Lebih suka hal-hal yang berbau budaya atau sejarah? Ada Terowongan Chu Chi, Ho Chi Minh Mausoleum, Museum Literatur sampai Museum Etnologi yang bakal memuaskan rasa penasaran kamu. Dan yang lebih enaknya lagi, semuanya bisa didapetin dengan murah karena nilai mata uang Vietnam Dong lebih rendah daripada Rupiah!

2. Kamboja

Sumber gambar: Shutterstock

Kenapa Kamboja masuk daftar negara yang wajib dikunjungi saat kamu berusia 20-an? Selain murah, jalan-jalan di negara ini juga butuh badan yang fit, apalagi kalau kamu mampir ke Angkor Wat. Bukan cuma cantik, kompleks candi yang satu ini luasnya juga kebangetan! Seluruh areanya nggak bakal abis dikunjungi dalam waktu sehari. Belum lagi ada banyak wilayah yang nggak bisa dicapai kendaraan. Anak-anak atau lansia pasti nggak bisa leluasa menjelajahi tempat ini. Ada juga Museum Tuol Sleng dan Choeung Ek buat memperkaya pengetahuan sejarah kamu, khususnya soal kekejaman Pol Pot yang pastinya nggak cocok buat dikunjungi turis di bawah umur.

3. Laos

Sumber gambar: Shutterstock

Cari kuil-kuil? Cari kuliner unik? Jangan cuma ke Thailand aja! Laos juga nggak kalah mempesona, kok. Makanya, Mister berpendapat kalau Laos cocok banget jadi destinasi liburannya orang-orang usia 20an. Soalnya ,negara ini juga punya banyak tempat wisata yang oke! Pengen deket-deket sama alam? Ada air terjun Kuang Si berwarna hijau toska yang cantik banget dan kota Vang Vieng yang ideal banget buat tubing dan diving. Butuh yang lebih ekstrem? Wiski kalajengking Laos pasti bisa bikin kamu bergidik! Pokoknya, Laos cocok dikunjungi traveler umur 20an yang masih pengin coba banyak hal baru, deh. Terus, biaya di sana gimana? Yaaah, namanya juga negara Asia Tenggara. Budget ke sana nggak bakal bikin kamu pusing tujuh bulan, kok!

4. India

Sumber gambar: Shutterstock

Keluar di wilayah Asia Tenggara, ada India yang pas banget kamu kunjungin pas berusia 20 tahunan. Negara berkembang yang satu ini seru banget, lho, buat dikunjungi. Saking beragamnya budaya dan cuaca di sana, kamu bakalan ngerasa kayak menjelajahi satu benua sendiri. Mulai dari Pegunungan Himalaya yang super dingin, bekas pusat perdagangan masa kolonial di Alleppey, sampai Taj Mahal yang bikin kagum, India nggak akan pernah kehabisan bahan buat mengejutkan kamu. Eits, tapi ada satu hal yang perlu diinget. Tingkat kriminalitas dan kekumuhan di sana masih tinggi, mirip Indonesia. Pilih-pilih makanan yang bersih dan jaga barang kamu baik-baik. Buat kamu traveler perempuan, jangan pergi ke sana sendirian dan hindari tempat-tempat yang bahaya, ya.

5. Maroko

Sumber gambar: Shutterstock

Akomodasi dan biaya makan yang murah, budayanya yang beda tapi terasa mirip sama Indonesia, dan tempat-tempat wisatanya yang eksotis bikin Mister nggak tahan untuk nggak masukin Maroko ke dalam daftar ini. Nyari hostel seharga Rp100 ribuan semalem adalah perkara gampang dan kamu bisa tetep kenyang makanan gratisan yang banyak disediain di sana. Butuh pengalaman yang beda? Cobain tidur semalem di penginapan di Gurun Sahara terus mampir ke Chefchaouen, desa biru cantik yang pastinya bisa bikin mata kamu terasa sejuk di tengah panasnya cuaca Maroko. Ini pengalaman sekali seumur hidup yang nggak boleh sampai dilewatin!

6. Peru

Sumber gambar: Shutterstock

Kalau bukan di usia 20-an, kapan lagi kamu bisa mengeksplorasi Machu Picchu di Peru sepuas hati tanpa harus kena rematik sebulan? Dengan sedikit keteguhan menabung, kamu pasti bisa nyampe di tempat yang juga masuk dalam daftar 'Tempat yang Wajib Dikunjungi sebelum Mati' ini. Kalau udah sampe Machu Picchu, jangan cuma foto-foto dari jauh aja! Kamu juga harus menyentuh tiap lekukan temboknya yang dibangun dengan prinsip arsitektur tingkat tinggi, naik-turun di tangga yang nggak kehitung jumlahnya, sampai mengelus hewan llama imut yang suka mondar-mandir di sekitar tempat ini. Sayang banget kalau umur 20an kamu harus dihabiskan di tempat-tempat liburan yang mainstream dan terlalu nyaman!

7. Tibet

Sumber gambar: Shutterstock

Umur 20-an memang umur-umurnya mencari, menemukan, dan menjelajahi dengan merdeka alias dengan kemampuan (tenaga dan uang) sendiri. Semua ini bisa kamu dapetin kalau pergi ke Tibet! Negara ini bukan cuma punya Everest yang jadi tujuan semua pendaki, lho. Ada juga Istana Potala yang jadi rumahnya ratusan patung Buddha, mural, dan perhiasan menakjubkan, Kuil Jokhang yang disucikan dan jadi tujuan perjalanan spiritual banyak orang, hingga Danau Yamdrok yang dikelilingi pemukiman dan peternakan yak. Bagus? Udah pasti!

Komentar

Tinggalkan Komentar: