26.Apr.2023

Udah Tahu Belum? Ini lho 5 Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia!


 

0
0
0

5 Destinasi Super Prioritas - Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Tidak hanya satu-dua pulau besar saja yang membentuk Indonesia, tapi juga ribuan pulau kecil. Setiap pulau tersebut memiliki lanskap alam dan kebudayaan yang berbeda-beda, sehingga menjadikan daerah-daerah di Indonesia itu unik dan khas. Sangat layak untuk dikunjungi oleh wisatawan nusantara maupun wisatawan asing. Untuk meningkatkan laju wisata masyarakat seusai pandemi COVID-19, salah satu upaya yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) adalah menetapkan 5 Destinasi Super Prioritas Indonesia. Sesuai instruksi presiden, 5 destinasi ini akan fokus dikembangkan menjadi 'Bali Baru' dan infrastukturnya akan dibangun dengan kualitas kelas dunia. Mau tahu destinasi mana aja yang jadi Destinasi Super Prioritas? Baca terus, ya!

1. Borobudur

Sumber gambar: Shutterstock

Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, adalah candi Buddha berbentuk teratai yang dibangun antara tahun 780-840 Masehi oleh Dinasti Sailendra. Hingga kini, Borobudur masih digunakan untuk ziarah keagamaan dan sebagai tempat suci untuk merayakan hari besar umat Buddha seperti Trisuci Waisak. Tidak cuma untuk berziarah, Borobudur adalah destinasi yang paling sering dikunjungi di Magelang, sehingga dilirik oleh Kemenparekraf sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas. 

2.  Labuan Bajo

Sumber gambar: Shutterstock

Di Nusa Tenggara Timur, ada satu desa yang menjadi primadona wisata di wilayah ini, tak lain dan tak bukan adalah Labuan Bajo. Labuan Bajo adalah gerbang menuju Taman Nasional Komodo dan juga beberapa destinasi menarik lainnya seperti Bukit Cinta, Puncak Amelia, Gua Rangko, Air Terjun Cunca Wulang, dan lainnya. Datang ke sini dan langsung buktikan sendiri keindahannya, yuk!

Baca juga10 Destinasi Wisata Ubud Bali yang Cocok untuk Healing

3. Mandalika

Sumber gambar: Shutterstock

Pada 18-20 Maret 2022, Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, menjadi arena perhelatan MotoGP 2022 yang diikuti oleh para pembalap internasional. Ternyata bukan cuma itu saja keistimewaan Mandalika, tapi banyak tempat lainnya yang patut kamu kunjungi di Mandalika seperti Pantai Seger, Pantai Serenting, Pantai Mawi, dan sebagainya. Kalau kamu tertarik dengan sejarah dan kebudayaan, kamu bisa mengunjungi desa adat seperti Desa Sade dan Desa Ende. Di kedua desa itu kamu bisa melihat langsung proses pembuatan kain songket, belajar tradisi, menonton upacara dan tarian adat, dan masih banyak lagi. Destinasi ini juga sedang dikembangkan untuk sports tourism

 

4. Danau Toba

Sumber gambar: Shutterstock

Danau Toba adalah danau yang paling terkenal di kepulauan Sumatra. Terletak di Sumatra Utara, danau ini memiliki luas lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter. Di tengah-tengah danau ada pulau yang juga cukup besar, yaitu Pulau Samosir. Belum terasa ke destinasi ini kalau belum berkayak di sepanjang danau atau berkemah di sisi danau. Pemandangan yang terhampar di sekeliling Danau Toba adalah deretan pegunungan dan pepohonan hijau. Cocok banget buat tempat menenangkan diri. 

Baca juga15 Destinasi Wisata di Geopark Ciletuh, Surganya Pecinta Alam

5. Likupang

Sumber gambar: Shutterstock

Selain Manado dan Bunaken, Sulawesi Utara juga punya satu lagi destinasi keren nih: Likupang. Destinasi yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara ini punya beberapa tempat indah seperti Desa Bahoi, Desa Wisata Pulisan, Pantai Pulisan, Pantai Paal, dan Pulau Lihaga. Pasti rugi banget kalau nggak main-main ke sini!

 

Baca jugaDestinasi Wisata Alam di Kalimantan Barat, Sudah Pernah ke Sini?

Komentar

Tinggalkan Komentar: