24.Aug.2016

7 Tips Jitu supaya Cuti Liburan Kamu Disetujui


 

0
0
0

Cuti adalah hak segala bangsa, termasuk kamu yang lagi baca artikel ini di kantor. Iya, kamu! Cuti bisa jadi salah satu cara untuk ngasih imbalan ke diri sendiri setelah kerja keras sekian lama. Nah, supaya permintaan cuti kamu dikabulin, praktekkin tips yang Mister kasih berikut ini, ya.

1. Ajukan sejak jauh-jauh hari

Sumber gambar: Shutterstock

Jangan coba-coba minta cuti sehari sebelum kamu berangkat, please jangan. Selain jadi ngerepotin atasan dan temen kerja, besar kemungkinannya kamu nggak bakal diijinin cuti. Biasanya perusahaan punya jangka waktu minimal untuk pengajuan cuti, ada yang seminggu, dua minggu, atau sebulan. Cari tahu peraturan yang berlaku di kantor kamu dan ajuin cuti seawal mungkin. Dua bulan sebelum berangkat kalau perlu!

2. Cari waktu yang pas

Sumber gambar: Shutterstock

Kalau kata orang bijak, semua indah pada waktunya. Yap, asal nemu waktu minta izin yang pas, keinginan cuti pasti bisa diwujudkan. Jangan nyodorin form cuti saat bos lagi pusing mikirin pemasukan yang nggak mencapai target, bisa-bisa kamu langsung disemprot. Sebelum ngomong, amati ekspresi muka si bos. Kalau mood-nya lagi bagus, langsung aja manfaatin kesempatan yang ada. Lakukan hal yang sama pas ngomong ke temen kerja kamu, karena mereka yang bakal kelimpahan kerjaan saat kamu cuti nanti.

3. Pasang senyum termanis kamu

Sumber gambar: Shutterstock

Nah, kalau udah nemu waktu yang pas, dekati atasan kamu dengan sikap yang baik. Jangan lupa pasang senyum dan ajak ngomong si bos dengan sikap yang sopan. Banyak senyum bisa bikin rejeki makin lancar, termasuk rejeki dapet cuti. Nanti setelah bos setuju ngasih kamu cuti, sodorin form disertai pulpen supaya dia bisa langsung tanda tangan. Ini termasuk tata krama yang nggak boleh dilupain.

4. Nggak perlu bohong

Sumber gambar: Shutterstock

Cuti itu bukan dosa yang harus ditutup-tutupi, camkan itu! (lho, kok, Mister emosi?) Kalau selama ini kamu udah bekerja dengan baik, nggak ada alasan untuk nggak dapet cuti. Ungkapkan alasan cuti kamu sejujurnya, jangan bohong. Kalau kamu ngarang-ngarang alasan dan nantinya ketahuan, lenyap sudah kepercayaan atasan dan temen kerja sama kamu. Mending terus terang aja bilang mau jalan-jalan. Kalau ada temen yang sirik, berarti dia kurang piknik.

5. Lembur dahulu cuti kemudian

Sumber gambar: Shutterstock

Supaya atasan ikhlas ngasih kamu cuti, jadilah karyawan yang tahu diri. Sebelum berangkat, selesaikan dulu semua utang pekerjaan kamu. Kalau kerjaan kamu ternyata banyak, lembur sedikit nggak apa-apa lah, apalah artinya pulang kerja sejam dua jam; lebih telat dibandingkan hari-hari liburan yang nunggu di depan mata. Selain meringankan temen kerja, liburan kamu pun bakal terasa lebih tenang karena terbebas dari deadline. Nggak mau, kan, tiba-tiba keinget utang bikin laporan pas lagi santai-santai di pantai?

6. Jangan lupa berterima kasih

Sumber gambar: Shutterstock

Begitu form cuti ditandatangani, jangan lupa bilang terima kasih. Selain itu, kamu juga bisa beliin oleh-oleh untuk atasan dan temen-temen yang nge-back up kerjaan kamu selama cuti sebagai ungkapan terima kasih. Cari tahu apa yang mereka suka supaya kamu bisa beliin oleh-oleh yang pas. Yaaa, nggak bisa dipungkiri, tradisi minta dan ngasih oleh-oleh ini masih dipegang teguh sebagian besar orang Indonesia.

7. Masih nggak disetujui juga? Wah!

Sumber gambar: Shutterstock

Kalau masih nggak disetujui juga.. terpaksa langsung berangkat, deh, kalau begini! Hehehe udah kerja keras sepanjang waktu, ngajuin cuti secara sopan sejak jauh-jauh hari, masa masih nggak diizinin juga? Jangan sampai kamu ngebatalin tiket dan penginapan yang udah dipesen jauh-jauh hari, bisa rugi material dan non material! Saran Mister, jangan ragu untuk minta izin ulang. Utarain alasan yang logis kenapa kamu pengin cuti. Makanya, biar diizinin, mendingan kamu udah deal soal cuti-cutian, deh, sejak awal kerja. Ini demi keseimbangan hidup kamu juga, lho. Tetep nggak diizinin?? Selamat mencari kantor baru!

Jadi, udah siap ngajuin cuti? Semoga beruntung, ya ;)

Komentar

Tinggalkan Komentar: