11.Apr.2023

7 Aktivitas Seru Saat Ngabuburit


 

0
0
0

Aktivitas Seru Saat Ngabuburit - Selain bulan suci yang penuh berkah, Ramadan adalah bulan penuh keseruan! Nggak percaya? Nih ada 7 aktivitas seru yang dilakukan masyarakat Indonesia untuk ngisi waktu saat ngabuburit. Siapa tahu kamu tertarik dan pengin coba juga! 

1. Main Layangan Hias

Sumber gambar: Shutterstock

Bermain layangan hias adalah aktivitas favorit masyarakat Majalengka, Jawa Barat, saat ngabuburit. Kegiatan yang sudah dilakukan turun-temurun ini diadakan di lapangan terbuka hingga waktu maghrib tiba. 

2. Balap Perahu Layar Mini

Sumber gambar: bisnisbali.com

Kegiatan ini gemar dilakukan oleh masyarakat di sekitar Pantai Kenjeran, Surabaya. Suasana sore hari yang banyak angin sangat cocok untuk kompetisi yang sarat keceriaan ini. 

3. Kumbohan

Sumber gambar: idntimes.com

Kumbohan adalah aktivitas berburu ikan 'mabuk' yang dilakukan oleh masyarakat Lamongan, Jawa Timur, saat ngabuburit. Tentunya tidak semua warga Lamongan melakukan kegiatan ini, hanya yang tinggal di sekitar sungai yang dialiri Bengawan Solo saja. Setiap Sungai Bengawan Solo naik, air akan menjadi keruh dan menyebabkan ikan-ikan mudah ditangkap. Ikan-ikan itulah yang disebut ikan munggut atau 'mabuk'. Jenis ikan yang 'mabuk' bermacam-macam, mulai udang lobster, bader, keting, bandeng, dan lain-lain. 

 

Baca jugaIntip Tradisi Meugang di Aceh Untuk Menyambut Ramadan

4. Bebeledugan

Sumber gambar: wikipedia.org

Bebeledugan berarti ledak-ledakan dalam bahasa Sunda. Ledak-ledakan yang dimaksud muncul dari meriam bambu berukuran besar (lodong) yang diisi dengan mesiu dari bahan minyak tanah. Mesiu itu kemudian disulut dengan api dan menembak dengan suara memekakkan. Itulah kegiatan favorit warga Desa Sukaharja di Kabupaten Bogor saat ngabuburit.  

 

5. Nonton Kereta Lewat

Sumber gambar: Shutterstock

Siapa sangka menonton kereta lewat bisa jadi kegiatan yang menyenangkan? Begitulah yang kerap dilakukan warga Madiun saat ngabuburit. Biasanya, warga mulai berdatangan sekitar jam 16.00 WIB ke pinggir rel kereta yang tak jauh dari Stasiun Madiun. Menjelang maghrib, ada tiga kereta reguler yang akan melewati jalur Kota Madiun, yaitu dua kereta reguler dan satu kereta barang. Semakin sore, suasana di pinggir rel kereta pun semakin meriah karena para pedagang juga datang menjajakan makanan dan beragam wahana permainan. 

 

Baca juga: Identik saat Ramadan, Tahukah Kamu Asal-usul Beduk?

 

6. Panjat Tebing

Sumber gambar: Shutterstock

Nggak cuma nonton kereta lewat, warga Madiun juga punya kegiatan seru lain pas ngabuburit: panjat tebing! Kegiatan ini dilakukan di Stadion Wilis, Madiun. Sambil nunggu berbuka puasa, gak ada salahnya berolahraga!

 

7. Bermain dengan Luwak

Sumber gambar: Shutterstock

Aktivitas ini digagas oleh komunitas pecinta hewan luwak di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, mereka membawa dan bermain dengan luwak-luwak piaraan mereka tepat di depan Stasiun Jombang.

 

Baca juga: Pasar Ramadan Kauman, Pasar Kuliner Dadakan di Yogyakarta

Komentar

Tinggalkan Komentar: