20.Jun.2023

6 Hotel di Solo dengan Nuansa Etnik Khas Jawa


 

0
0
0

Hotel Etnik di Solo - Hai Aladiners! Solo atau Surakarta di Jawa Tengah terkenal dengan slogan "Solo The Spirit of Java". Slogan ini dapat diartikan secara sederhana sebagai "Jiwanya Jawa", karena Kota Solo ingin dikenal sebagai pusat perkembangan budaya Jawa. Nah, jadi kalau liburan ke Solo, sudah pasti kamu bakal ngerasain vibes dan experience yang Jawa banget. Biar liburan kamu di Solo tambah seru, Mister mau rekomendasiin 6 hotel di Solo yang kental bernuansa etnik Jawa. Berikut daftar hotelnya: 

1. Omah Sinten 

Sumber gambar: Instagram Omah Sinten

Dalam bahasa Jawa, Omah Sinten berarti "Rumahnya Siapa". Konsep hotel ini adalah tradisional Jawa, dengan desain interior klasik Jawa. Kamu bisa mengagumi keindahan Batik Solo yang dilukis di langit-langit hotel, dan kayu-kayunya pun menggunakan material kayu daur ulang sehingga ramah lingkungan. Nggak cuma itu, kamu bisa dengerin alunan musik tradisional Jawa serta lanskap dan arsitektur tua dan kuliner khas favorit para raja di Mangkunegaran. Lokasi Omah Sinten ini dekat dengan pusat budaya Kota Solo seperti Pura Mangkunegaran, Pasar Barang Antik Tri Windu, dan Pasar Elektronik Ngarsapura. 

Alamat: Jl. Diponegoro No.34-54, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131

2. Rumah Turi Boutique Resort

Sumber gambar: Instagram Rumah Turi

Hotel ini adalah hotel pertama di Kota Solo yang mengusung konsep eco-friendly, karena ornamen-ornamen di Rumah Turi Boutique Resort memakai material bekas. Walaupun materialnya bekas, tapi penataannya artsy banget, lho! Lokasi hotel ini juga sangat strategis karena dekat dengan pusat-pusat wisata di Kota Solo seperti Solo Paragon Mall, Museum Radya Pustaka, Museum Keris, Gedung Wayang Orang, dan lain-lain. 

Alamat: Jl. Srigading II No.12, TURISARI, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139

3. Grand Laguna Solo

Sumber gambar: Instagram Grand Laguna Solo

Hotel ini berjarak 15 menit dari Bandara Internasional Adi Soemarmo dan 20 menit dari Stasiun Solo Balapan. Ada 30 kamar di Grand Laguna Solo dan masing-masing kamarnya menghadap langsung ke kolam renang outdoor. Kolam renangnya ada 3, dengan kedalaman dari 120 - 150 sentimeter. Seluruh kamar di hotel ini dilengkapi dengan tempat tidur queen size, AC, TV LED, lemari es, mini bar, sandal, handuk, dan toiletries

Alamat: Blukukan Dua, Blulukan, Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57174

 

Baca jugaRekomendasi 5 Aktivitas Wisata di Solo yang Bakal Bikin Liburan Kalian Memorable

 

4. Kusuma Sahid Prince Hotel

Sumber gambar: Facebook Hotel Kusuma Sahid Prince Solo

Kusuma Sahid Prince Hotel adalah hotel yang terletak di tempat bersejarah di Solo; dibangun di tengah-tengah taman yang dulunya adalah rumah Pangeran Solo. Kamu bisa merasakan nuansa Jawa saat makan di Gambir Sekethi Cafe dan ada juga fasilitas-fasilitas yang akan memanjakan kamu seperti peralatan mandi, kulkas, TV, AC, Wi-Fi gratis, spa, kolam renang, transfer bandara, dan lain-lain. 

Alamat: Jl. Sugiyopranoto No.20, Kp. Baru, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57111

5. Rumah Batu Villa and Spa

Sumber gambar: Instagram Rumah Batu Villa and Spa

Rumah Batu Villa and Spa memiliki konsep seni alam dan warisan budaya yang luhur. Ada 18 kamar ber-AC dengan TV, perlengkapan mandi, balkon pribadi, kolam renang, spa, restoran, dan lain-lain. 

Alamat: Jl. Ovensari Raya No.8, Dusun I, Kadilangu, Kec. Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57556

 

Baca jugaLiburan di Solo? Monggo Mampir ke Taman Sriwedari

 

6. Jawa Dwipa Heritage Resort and Convention

Sumber gambar: Instagram Jawa Dwipa Heritage Resort & Convention

Kamu akan menemukan arsitektur hotel ini seperti arsitektur kerajaan pada zaman dahulu. Banyak pohon-pohon yang menambah suasana sejuk di Jawa Dwipa Heritage Resort and Convention. Selain bangunan, kolam renang yang ada di tengah-tengah hotel ini juga akan mengingatkanmu pada permandian raja-raja Jawa zaman silam. 

Alamat: Jl. Raya Solo - Tawangmangu No.KM. 34, Popongan, Karangpandan, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57791

 

Baca juga: Manis, Gurih, Asam, Inilah 5 Jajanan Kota Solo yang Pantang Dilewatkan

Komentar

Tinggalkan Komentar: