05.Apr.2023

5 Rekomendasi Menu Buka Puasa dari Berbagai Negara


 

0
0
0

Hidangan Buka Puasa Populer - Yang paling ditunggu-tunggu saat bulan Ramadan salah satunya adalah momen berbuka puasa. Makanan dan minuman yang disajikan pasti menarik karena sudah berpuasa seharian penuh, wajar saja kalau selain lapar perut, juga lapar mata. Makanan favorit untuk berbuka puasa di setiap negara itu berbeda-beda, lho. Bahkan ada yang langsung memakan makanan berat saat berbuka. Bagi Aladiners yang mau cari menu-menu alternatif untuk berbuka puasa, berikut 5 rekomendasi hidangan dari berbagai negara.

1. Nasi Biryani

Sumber gambar: Shutterstock

Biryani berasal dari bahasa Persia 'brishtah' yang berarti bawang goreng. Mulanya, pendatang dan pedagang dari Persia memperkenalkan cara masak biryani kepada orang-orang India dan Pakistan, kemudian kepopuleran masakan ini menyebar ke Irak, Afganistan, Bangladesh, Srilanka, dan kawasan Asia Selatan lainnya. Hidangan ini dibuat dengan membumbui nasi dengan bawang goreng dan daging. Bahan-bahan yang dipakai antara lain minyak samin, kacang-kacangan, jintan, cengkih, kapulaga, kayu manis, daun salam koja, ketumbar, daun mint, jahe, bawang bombay, dan bawang putih. Seiring perkembangan, nasi biryani tidak hanya menggunakan daging kambing saja, tapi juga daging sapi, ayam, udang, ikan, dan sayuran.

 

2. Samosa

Sumber gambar: Shutterstock

Cemilan ini populer di Asia Tengah, Asia Selatan, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Jazirah Arab. Dipercaya berasal dari Mesir dan terkenal di India, makanan berbentuk segitiga ini terbuat dari terigu, kentang, bawang bombay, rempah-rempah, dan cabai hijau. Samosa juga bisa diisi dengan daging sapi atau ayam. 

 

Baca jugaBuka Puasa Pengen Makan Sate? Cobain nih 5 Sate Khas Nusantara

3. Nasi Lemak

Sumber gambar: Shutterstock

Kuliner ini berasal dari Malaysia. Lemak dalam bahasa Melayu merujuk kepada rasa dan tekstur gurih berminyak pada nasinya. Untuk menghasilkan cita rasa gurih, nasi dimasak menggunakan santan kelapa dan daun pandan untuk menambah aroma. Setelah itu dihidangkan dengan telur, irisan mentimun, ikan bilis atau ikan teri goreng, sambal, dan cabai. Tidak hanya terdapat di Malaysia saja, nasi lemak juga dapat ditemukan di Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Utara, dan Brunei. 

4. Kolak

Sumber gambar: Shutterstock

Wah, kalau yang ini sih takjil favorit orang Indonesia! Bahan dasar kolak adalah gula aren, santan, dan daun pandan, sehingga rasanya gurih, manis, dan bertekstur lembut. Isi di dalam kolak biasanya adalah ubi jalar, nangka, pisang raja, labu kuning, singkong, mutiara tapioka, dan lain-lain yang bisa ditambahkan sesuai selera. 

 

Baca jugaNikmatnya 7 Kue Takjil Tradisional Khas Indonesia. Bisa Jadi Referensi Buka Puasa Nih!

5. Shakshuka

Sumber gambar: Shutterstock

Shakshuka atau Shakshouka adalah hidangan yang dipercaya berasal dari Israel, Tunisia, dan Libya. Bahan dasar pembuatannya adalah telur (biasanya dimasak mata sapi), saus tomat, cabai, bawang bombay, dan jintan putih. Selain untuk menu buka puasa, makanan ini sering menjadi pilihan sarapan orang-orang Timur Tengah, yang memakannya dengan roti pipih atau roti gandum. 

 

Baca jugaGurihnya Buka Puasa dengan Soto Tangkar. Ini Rekomendasinya!

Komentar

Tinggalkan Komentar: