14.Aug.2020

Villa Isola di Bandung yang Menyimpan Sejuta Kisah di Dalamnya


Bandung memang juaranya tempat wisata kekinian, tapi bukan berarti kamu nggak bisa nemuin tempat unik yang punya sejuta kisah di dalamnya. Kamu bisa mampir ke Villa Isola. Tapi ingat, villa ini tidak disewakan untuk kamu iya.

0
0
0

 

Sejarah dan Misteri Villa Isola UPI Bandung Indonesia | AdaJejak.com

Sumber gambar: https://adajejak.com/villa-isola/

Terkenal dengan berbagai peninggalan dan arsitektur bergaya Belanda, Kota Kembang memang menyimpan banyak cerita sejarah di dalamnya. Salah satunya adalah sebuah bangunan klasik yang begitu megah yang diberi nama Villa Isola.

Villa Isola ini berlokasi di Jalan Setiabudi, Isola, Sukasari, Kota Bandung. Dulunya, villa ini adalah milik seorang saudagar koran keturunan Jawa-Belanda yang saat itu sangat kaya raya, namanya Dominique Willem Berretty. Ia berani membangun villa megah ini pada saat keadaan ekonomi sedang dalam masa kritis. Memang, kala itu kekayaan Berretty tidak terbatas oleh angka sehingga ia mampu menggelontorkan dana sebanyak 250 miliar (jika dikonversikan ke nilai rupiah saat ini) untuk membangun villa itu.

 

Villa Isola - Bandung, West Java, Indonesia | Villa Isola, d… | Flickr

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/meckleychina/16352661371

Rancangan arsitektur villa Isola yang begitu megah ini ditangani oleh salah satu arsitek yang sangat terkenal pada masanya. Berretty menyewa Charles Prosper Wolff Schoemaker untuk membangun villa ini. Dengan biaya yang tidak sedikit Charles mampu mewujudkan keinginan Berretty memiliki villa yang megah dengan desain yang unik dan berbeda dari desain gedung-gedung eropa lainnya.

 

Villa Isola Bandung: Sebuah Kisah Tragis | Geospotter

Sumber gambar: https://geospotter.org/952/villa-isola-bandung-sebuah-kisah-tragis

Meski villa Isola terlihat sangat megah dan mewah, ternyata sangat berbanding terbalik dengan kehidupan nyata yang dialami Berretty. Sang pemilik justru jauh dari rasa nyaman dalam hidupnya, ia tidak bisa menikmati megahnya villa itu dalam waktu yang lama. Kehidupannya pun sangat tidak tenang karena harus berurusan dengan pemerintah Hindia-Belanda karena dia terbukti menjadi agen mata-mata Jepang yang merupakan musuh dari Belanda dan NATO. Villa Isola menjadi tempat persembunyiannya dari ancaman-ancaman pemerintah, ia memilih untuk terus sembunyi dan menyendiri di dalam vila. 

 

Villa Isola - Bandung, West Java, Indonesia | The Art Deco V… | Flickr

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/meckleychina/15731974524

Arsitekturnya yang begitu megah dan unik memang sangat menarik perhatian masyarakat untuk berkunjung ke villa Isola. Sayangnya, villa ini sekarang menjadi bagian dari kantor Rektorat Kampus Universitas Pendidikan Indonesia. Jadi akses untuk mengunjungi villa ini tidak terlalu bebas. Meski begitu, kamu masih bisa menjelajahi megahnya villa ini mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB tanpa dipungut biaya masuk.

Komentar