01.Aug.2018

Uniknya Lorighittas, Pasta yang Dibuat Khusus oleh Para Perempuan Single


Dilihat dari bentuknya, udah bisa ketahuan kalau lorighittas ini makanan spesial; bentuknya terpilin-pilin mirip cincin. Selain bentuk, sejarah di baliknya juga spesial banget, soalnya pasta ini dibuat khusus oleh para perempuan single! Catet, ya, cuma cewek-cewek lajang. Perempuan yang udah menikah, laki-laki, atau anak-anak gak bisa ikutan bikin.

0
0
0

Pertama-tama, yuk, bahas arti nama lorighittas. Nama ini berasal dari kata dalam bahasa Sardinia “lorigas” yang berarti “cincin besi.” Sardinia adalah pulau di wilayah Mediterania yang jadi bagian dari Italia. Selain cincin besi, ada yang beranggapan kalau lorighittas punya terjemahan bebas jadi “telinga”.

sumber foto: bbc.com/travel

Kok bisa dari cincin besi dan telinga jadi nama makanan? Dulu, para perempuan muda dan remaja cewek Sardinia bakal menggantung pasta ini di telinga mereka setelah dijemur di luar. Apa tujuannya? Ternyata mereka berkhayal pasta itu adalah perhiasan anting. Maklum, waktu itu, gak semua orang sanggup beli emas.

Selain itu, di masyarakat Sardinia, perempuan emang bertanggung jawab buat masak sementara laki-lakinya berladang. Bentuk cincin lorighittas sendiri erat kaitannya sama perempuan karena itu dianggep perwujudan cincin nikah, yang jadi barang impian semua perempuan. Masak loghirittas juga sekaligus jadi sarana “berdoa” para perempuan Sardinia supaya mereka cepet dapet jodoh.

sumber foto: bbc.com/travel milik Michelle Gross

Dulu, di abad 16, lorighittas dihidangkan pas ada acara besar aja, misalnya pas Hari Orang Suci yang dirayain tiap tanggal 1 November. Saking istimewa dan sakralnya, ada mitos kalau dulu Maria Pungi Pungi, makhluk yang bawa garpu raksasa, memburu anak-anak yang kebanyakan makan lorighittas. Hmmm.. Biar mereka gak rakus dan obesitas kali, ya.

Meskipun unik, ternyata resep dan keberadaan lorighittas dirahasiain. Bahkan sampai tahun 1988, baru ada dua perempuan yang ditemukan yang ternyata tahu resepnya. Makanya, sekarang orang-orang yang bisa bikin lorighittas dianggep berharga. Jumlahnya cuma 10 orang, lho, di dunia!  Gak heran, sih, soalnya bikin lorighittas tuh susah, terutama bagian ngebentuknya supaya bisa berpilin-pilin rapi.

sumber foto: chefsteps.com

Memang caranya gimana, sih, bikin lorighittas? Pertama-tama, sediain tepung gandum khas Sardinia, garam, dan air hangat. Abis itu dicampurin, deh, sampe jadi adonan yang kalis. Terus, sementara adonan ini dijemur, kamu bisa mulai bikin sausnya. Campurannya terdiri dari ayam, bawang bombay, bawang putih, peterseli, anggur putih, dan tomato passata. Setelah selesai dimasak selama 3 menit, saus ini tinggal dilapisin keju pecorno dan ragu.

Sardinia sendiri tempat yang cantik banget. Mau cari laut jernih, reruntuhan kuno keren, dan perbukitan hijau, semuanya tumplek plek di sini. Selain itu, mau bikin makanan enak juga gampang karena tiap rumah punya kebun sendiri. Kebanyakan dari mereka juga ternak domba, jadi persediaan keju dan susu gak jadi masalah.

Komentar