Negara dengan tari tradisional yang populer di dunia: China - tari qian shou guan yi
29.Apr.2019

5 Negara Ini Punya Tarian Tradisional yang Populer Banget di Dunia. Yuk, Cari Tahu!


Happy World Dance Day to all the dancers! Hari ini, 29 April diperingati sebagai hari tari sedunia. Bicara soal tari, secara umum, tari dibagi menjadi dua macam, yakni tarian tradisional dan modern. Di blog edisi ini, Mister mau berbagi informasi tentang tarian-tarian tradisional dari beberapa negara yang udah terkenal banget di mana-mana. Negara mana saja dan tari apa saja? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

0
0
0

1. Korea Selatan - Buchaechum

Sumberhttp://myaroundworld.blogspot.com/2016/09/traditional-dance-in-south-korea_27.html

Jangan kira tarian di Korsel cuma tarian K-Pop ala girl band atau boy band. Negeri ginseng itu punya tarian tradisional yang udah dikenal luas, yakni buchaechum. Bucha artinya kipas dan chum artinya tari. Buchaechum ditarikan oleh sekelompok perempuan cantik yang mengenakan hanbok berwarna cerah dan hiasan di kepala. Kekhasan tari ini adalah ketika para penari membentuk formasi melingkar dan menggerakkan kipas yang nampak seperti gerakan gelombang. Gerakan dalam buchaechum melambangkan apa yang terjadi di alam, seperti gerakan ombak ataupun bunga yang sedang mekar. Dulunya, buchaechum ditampilkan pada ritual pemujaan dewa-dewa. Semenjak ditampilkan pada Olimpiade Musim Panas 1968 di Meksiko, buchaechum kian dikenal dunia.

Pengen nonton video tari buchaechum? Klik di sini.

2. China - Qian Shou Guan Yi

Negara dengan tari tradisional yang populer di dunia: China - tari qian shou guan yi

Sumberhttps://www.theatlantic.com/photo/2015/05/the-chinese-art-of-the-crowd/392531/ (foto oleh Reuters)s

Asing dengan nama qian shou guan yin? Bagaimana dengan tari seribu tangan? Kalian pasti pernah denger, kan? Yup, qian shou guan yin tak lain tak bukan adalah tari seribu tangan. Qian artinya seribu dan shou artinya tangan.  Sementara itu, Guan Yin adalah nama dewi dalam ajaran Buddha yang dipercaya sebagai dewi belas kasih. Seribu tangan melambangkan kemampuan Guan Yin yang begitu banyak untuk memberikan pertolongan.

Apakah jumlah penarinya benar-benar seribu? Tidak. Jumlah penarinya hanya puluhan orang bahkan kurang. Dikatakan seribu tangan karena penari menggerak-gerakkan tangan mereka sedemikian rupa sehingga seolah-olah nampak seperti ribuan tangan. Yang jelas, nggak mudah membawakan tarian ini. Butuh konsentrasi tinggi. Saat pertunjukkan berlangsung, ada satu orang yang menghadap penari untuk memberi komando.

Di negeri asalnya, qian shou guan yin pertama kali ditampilkan pada 1987 dalam China Art Festival. Saat itu, para penarinya berasal dari perkumpulan Chinese Disabled People’s Performing Art Troupe. Yup, para penarinya adalah penyandang tunarungu. Hebat banget, ya, mereka! Salut!

Pengen nonton video tari qian shou guan yi? Klik di sini.

3. Turki - Sufi

Negara dengan tari tradisional yang populer di dunia: Turki - tari sufi

Sumberhttp://nyengoons.blogspot.com/2014/12/tarian-sufi-dan-jalaluddin-rumi-part-1.html (foto oleh AFP)

Pernah lihat penari laki-laki pakai rok panjang nan lebar dan bergerak berputar-putar tiada henti? Itulah tari sufi. Tari ini diperkenalkan oleh pria asal Iran bernama Mawlana Jalaluddin Rumi. Saat itu, Rumi menarikan tari sufi untuk mengenang guru spiritualnya yang telah meninggal. Kini, tari Sufi digunakan sebagai media untuk mendekatkan diri pada Tuhan. Saat penari berputar-putar, mereka berusaha untuk “mencari” dan “merasakan” keberadaan Tuhan. Penari harus benar-benar fokus dan tenang. Segala hal duniawi harus dilupakan sejenak.

Penari berputar-putar dengan menggunakan kaki kiri sebagai tumpuan. Supaya bisa kuat berputar selama berjam-jam, kepala penari harus diposisikan di satu titik dan tidak boleh bergerak-gerak ke titik lain. Lalu, mata memandang ke satu titik dan tidak boleh berkedip ataupun melirik ke arah lain.

Sebelum tampil, para penari diharuskan melakukan dzikir terlebih dahulu.  Selain rok lebarnya yang khas, yang nggak kalah mencuri perhatian dari penampilan penari sufi adalah topinya. Topi yang berbentuk panjang itu dinamakan sikke.

Video tari sufi bisa kamu tonton dengan klik ini.

4. Argentina - Tango

Negara dengan tarian tradisional populer di dunia: Argentina - tari Tango

Sumberhttp://www.quickstartbooks.com/tango-dancing/

Ini dia tari romantis asal Argentina. Dikatakan romantis karena tari tango dibawakan secara berpasangan oleh perempuan dan laki-laki. Keduanya harus saling berpegangan bahkan berpelukan satu sama lain selama menarikan tari tango. Kebayang nggak, sih, kalau tari yang begitu romantis ini diciptakan oleh para budak? Para budak yang tinggal perkampungan La Boca, Buenos Aires, Argentina itu menciptakan tari tango untuk mengekspresikan kesedihan mereka karena tinggal jauh dari keluarga. Nggak heran jika pada akhirnya tari ini terbuka untuk siapa saja. Masyarakat kelas bawah sekalipun boleh tampil membawakan tari tango.

Inget film Step Up 3? Di film itu, ada adegan para pemainnya menarikan tari tango. Lupa sama adegannya? Tonton lagi aja di sini.

5. Hawaii - Hula

Negara dengan tarian tradisional populer di dunia: Hawaii - tari hula

Sumberhttps://www.puunoabeachestates.com/blog/reserve-ahead-old-lahaina-luau/old-lahaina-luau/

Kalian pasti udah nggak asing dengan tari yang satu ini. Ya, inilah tari hula, tari asal Kepulauan Hawaii, negara bagian AS yang khas dengan gerakan pinggulnya. Para penarinya tampil dengan mengenakan hiasan bunga-bunga di bagian kepala, leher, dan pergelangan kaki. Untuk bawahan, mereka memakai rok rumbai-rumbai yang panjangnya selutut. Di bagian pinggul, terpasang lilitan kain.

Alat musik yang biasa digunakan untuk mengiringi tari hula adalah ukulele, gitar, dan organ. Lagu yang mengiringinya disebut mele. Sama seperti buchaechum, gerakan dalam tari hula lebih banyak menggambarkan aktivitas alam. Gerakan kaki ke kanan dan ke kiri sambil tubuh bergoyang, misalnya yang menggambarkan pohon kelapa. Ada juga gerakan membalikkan lengan dan tangan bagian bawah secara bergantian yang menggambarkan gulungan ombak.

Video tari hula bisa kamu tonton dengan klik ini.

Komentar