11.Jan.2019

Tahun Baru, Kerjaan Baru? Yuk Coba Jadi Pengasuh Panda


Apa resolusimu di 2019? Mau cari kerjaan baru yang lebih menyenangkan dengan gaji fantastis? Bisa terwujud, kok! Coba lamar jadi pengasuh Panda aja!

0
0
0

Sumber foto: nypost.com/2018/05/28/world-introduced-to-new-panda-cub-we-can-lose-our-minds-over/

Hewan endemik asal Tiongkok ini pertama kali ditemukan oleh seorang naturalis Perancis pada tahun 1869. Panda yang termasuk ke dalam keluarga spesies beruang ini hanya dapat ditemui di wilayah pegunungan Negeri tirai Bambu itu, seperti Sinchuan dan Tibet.

Sumber foto: medium.com/codelabs-unikom/ketika-python-bertemu-pandas-part-1-993bc9122f13

Bentuk tubuhnya yang besar berekor pendek dengan bulu tebal berwarna putih krem dan bercak hitam besar pada tungkai, bahu, telinga hidung, serta daerah di sekitar matanya yang kecil. Karena bentuknya yang khas dan menggemaskan inilah yang membuat banyak orang jatuh cinta.

Meskipun terlihat lucu dan sepertinya ramah, seekor Panda memiliki indera penicuman yang sangat baik. Gak cuma itu, otot rahang, gigi, dan tangan Panda yang gembul ginuk-ginuk gemes itu ternyata kuat banget! Hal tersebut didapatkan Panda dari hasil adaptasi terhadap lingkungan agar mereka bisa bertahan hidup di lingkungan pegunungan yang penuh bambu.  Yup, meskipun keras, batang bambu dan daunnya punya nutrisi yang dibutuhkan oleh Panda.

Sayangnya, Panda termasuk hewan yang memiliki tingkat kelahiran rendah. Udah gitu, habitat aslinya terus digerus oleh globalisasi yang marak di Tiongkok. Makanya sekarang jumlah Panda hanya sekitar 2000an ekor. Sadar akan banyaknya bahaya yang bisa menyebabkan Panda punah, pemerintah Tiongkok menggalakkan konservasi besar-besaran agar Panda dapat terus dilestarikan.

Pusat konservasi Panda yang bernama China Giant Panda Protection dan Research Center itu membutuhkan banyak relawan untuk melestarikan Panda. Relawan-relawan inilah yang biasa disebut pengasuh Panda.

Sumber foto: twitter.com/@stephelstob

Pengasuh Panda di pusat konservasi ini bertugas untuk merawat dan menjaga para Panda selama 24 jam per 7 hari. Yup, jadi perawat Panda emang terkenal akan menyita waktu kamu sepenuhnya. Kenapa? Karena tingkah laku Panda bener-bener unik, mereka sulit berkembang biak, gak tau bagaimana caranya melahirkan anak, serta gak tau cara merawat anak. Makanya banyak banget Panda yang mati karena ulahnya sendiri atau ulah Panda lainnya, makanya harus dijagain banget-banget.

Sumber foto: oleh Ami Vitale diambil dari nationalgeographic.com/animals/2018/08/giant-baby-panda-cubs-china-conservation/

Meskipun menyita waktu, fasilitas dan gaji pengasuh Panda itu luar biasa. Gak cuma dikasih tempat tinggal, makanan kamu juga ditanggung, lho! Udah gitu kamu juga boleh make mobil sport utility vehicle (SUV). Pengasuh Panda digaji per tahunnya sebesar 32 USD alias Rp430an juta! Amazing banget, kan? Kalah deh gaji tahunan kamu sekarang ini sama gaji pengasuh Panda~

Tertarik mau daftar jadi pengasuh Panda? Kamu harus berusia minimal 22 tahun, punya pengetahuan dasar tentang Panda, harus siap merawat hewan ala veterinarian ahli, bisa menulis dan juga ahli dalam bidang fotografi.

Komentar