24.Mar.2020

Suka Sinematografi? 4 Lokasi Syuting Film Ave Maryam Ini Cocok Untuk Kamu


Kamu yang suka mengabadikan momen waktu traveling pastinya punya starter pack sendiri dong buat ambil gambar atau video. Apalagi kalau kamu suka sama sinematografi. Pastinya bakal cari tempat-tempat yang bisa bercerita, kan?. Udah nonton film Ave Maryam? Kalau udah, pasti tahu dong gimana lokasi syuting film itu. Jajaran Kota Lama di Semarang menjadi daftar lokasi syuting yang bisa kamu manfaatkan untuk latar sinematografi kamu. Tapi, dimana aja sih tempatnya?  Nah, berhubung kalian pada Work From Home, Mister bakal kasih info nih soal tempat-tempat yang bisa dijadiin objek sinematografi kamu, dicatat ya.

0
0
0

1. Gereja Blenduk

Image result for gereja blenduk

Sumber: https://kumparan.com/kumparantravel/wisata-sejarah-di-gereja-blenduk-ikon-kota-lama-semarang-27431110790542128

Punya nama asli GPIB Immanuel Semarang, gereja ini dibangun tahun 1753. Gereja tua ini punya warna kontras antara cat bangunan yang warnanya putih dengan kubahnya yang berwarna merah. Gereja ini berada di sekitar wilayah kota lama, tepatnya di jalan Letjend Suprapto No.32. Gereja ini telah menjadi cagar budaya di Semarang, sehingga bangunannya nggak boleh diubah, dan pengunjung nggak bisa sembarangan masuk ke dalam gereja ini. Tapi kamu nggak perlu khawatir, kamu masih bisa masuk ke dalam gerejanya kalau nggak ada kegiatan keagamaan. 

Sumber: https://www.brilio.net/api/uc-custompage/152592?uc_news_item_id=4470073482720614&app=h5_card

Kalau kamu masuk ke dalam, kamu akan disambut sama interior yang khas dengan gereja tempo dulu. Barisan kursi yang bentuknya klasik dan ornamen kaca patri bikin kamu masuk ke dimensi lain. Nah setting ini cocok banget nih buat kamu ambil gambar atau video sinematografi. 

 

2. Taman Srigunting

Image result for 2. Taman Srigunting

Sumber : https://www.goodpiknik.com/taman-srigunting-kota-lama-semarang.html

Keluar dari Gereja Blenduk, kamu akan lihat satu taman. Taman Srigunting namanya. Ini adalah setting ketika Maryam membaca majalah yang ia beli. Selain kamu bisa beristirahat, kamu juga bisa banget ambil gambar dan video dengan latar Gereja Blenduk yang klasik. Pastinya, gambar atau video kamu akan lebih bercerita. Tapi ada sedikit kendala jika kamu ambil objek di sini. Terutama saat akhir pekan, karena suasana akan ramai. Pastikan tunggu momen yang tepat untuk ambil gambar atau video agar hasilnya lebih maksimal.

 

3. Komplek Susteran Fransiskanes

Hasil gambar untuk komplek susteran fransiskus

Sumber: https://travelingyuk.com/film-ave-maryam/192941

Komplek susteran ini letaknya di jalan Ronggowarsito. Sesuai dengan namanya, tempat ini memang dijadikan asrama para biara atau suster. Nama Susteran Fransiskanes itu sendiri dipilih untuk mengenang kedatangan 11 suster ordo Fransiskan di tahun 1870. Nah, di film Ave Maryam ini, Maudy Koesnaedi sebagai Maryam bertugas merawat suster-suster yang udah lanjut usia di sini. Kamu bisa banget lho ambil gambar dengan latar jendela lawas atau manfaatkan lorong di sana untuk video sinematografi kamu. Tapi kalau kamu mau masuk ke tempat ini, kamu harus izin dulu ke suster di sana dan harus tetap tenang agar tidak mengganggu kegiatan mereka. 

 

4. Kawasan Kota Lama

Image result for kawasan kota lama semarang

Sumber: https://pesona.travel/keajaiban/3245/mengunjungi-kota-lama-menyusuri-jejak-sejarah-semarang

Terakhir, yang paling klasik dari Semarang adalah jajaran bangunan tua di Kota Lama. Ada banyak spot menarik yang ditampilkan di film ini, terutama ketika Chicco yang berperan sebagai Romo Yosef bersepeda dan menunggu Maryam. Kamu bisa manfaatin setting itu untuk ambil gambar dan video sinematik. Sama seperti Taman Srigunting, karena kawasan ini terbuka, pastinya bakal ada banyak orang di sekitar. Kalau kamu mau ambil tema yang sunyi pastikan tunggu momen atau angel yang tepat ya.

Itu dia beberapa tempat yang bisa kamu jadikan latar sinematografi kamu. Walaupun sekarang masih belum bisa ke sana, nggak ada salahnya nih kamu list dulu tempat di atas. Nanti kalau keadaan di luar rumah sudah membaik, silakan manfaatkan objeknya. 

Komentar