03.Dec.2019

Main ke Stonehenge Sleman dan Merapi Park, yuk! Serasa Liburan di Eropa, lho


Pengen lihat Stonehenge? Pengen foto di depan patung Liberty? Pengen jalan-jalan ke Menara Eiffel? Keinginan kalian bisa terpenuhi tanpa harus terbang ke negeri asalnya. Kalian bisa berjumpa dengan Stonehenge, patung Liberty, Menara Eiffel, dan landmark-landmark terkenal lainnya dengan berkunjung ke Jogja. Di kota gudeg itu, ada wisata ala luar negeri bernama Stonehenge Sleman dan Merapi Park.

0
0
0

Stonehenge adalah monumen bebatuan raksasa yang saling melingkar. Batu-batu tersebut berdiri tegak di atas lapangan hijau. Lokasinya ada di Wiltshire, Inggris. Jarak tempuhnya antara 1,5 – 2 jam dari ibu kota Inggris, London. Untuk masuk ke sana, kalian harus membayar £17,5 atau setara sekitar Rp325.000

Gak perlu keluar banyak uang kalau ingin melihat Stonehenge. Kembaran Stonehenge di Inggris bisa kalian jumpai di Jogja, tepatnya di Dusun Puntung, Sleman. Stonehenge Sleman. Begitu julukannya. Objek wisata ini dibuka pada 2 tahun lalu, yakni pada 2017.

Lokasi Stonehenge Sleman, Dusun Puntung merupakan salah satu wilayah terdampak letusan Gunung Merapi pada 2010. Saat itu, Dusun Puntung luluh lantak. Akibatnya, dusun tersebut tidak lagi bisa dijadikan tempat tinggal.

Sumber: https://backpackology.me/2017/05/24/stonehenge-a-la-sleman/

Tidak bisa dijadikan tempat tinggal bukan berarti tidak bisa diberdayakan. Warga pun memutar otak untuk mendirikan objek wisata di Dusun Puntung dan jadilah Stonehenge Sleman. Stonehenge Sleman berdiri di area seluas 200 m2. Tinggi batu-batu di sana mencapai 8 meter.

Setiap harinya, ada 300 – 400 pengunjung yang datang ke Stonehe Sleman. Harga tiket masuknya hanya Rp10.000. Murah banget, kan, dibandingkan harga tiket masuk ke Stonehenge asli yang mencapai ratusan ribu.

Bagi kalian yang lagi mempersiapkan pernikahan (cieee…) dan butuh lokasi untuk foto pre-wedding, kalian bisa, tuh, datang ke Stonehenge Sleman. Pihak pengelola menyediakan paket foto pre-wedding seharga Rp150.000

Sumber: https://gudeg.net/direktori/7703/stonehenge-merapi-jogja.html#prettyPhoto

Stonehenge Sleman buka setiap hari pada pukul 7.00 – 20.00. Objek wisata ini termasuk salah satu destinasi dalam Merapi Lava Tour, tur menyusuri kawasan terdampak letusan Gunung Merapi dengan naik jip. Di sana, kalian juga bisa menemukan sebuah papan yang menuliskan informasi seputar Stonehenge di Inggris.

Kalau berkunjung ke Stonehenge Sleman, jangan lupa berfoto sebanyak mungkin, ya. Mumpung sudah sampai di “Stonehenge Inggris”, ya, kan. Bbjek wisata ini memang cocok baget dijadikan latar foto-foto kece untuk diunggah ke Instagram.

Kita tinggalkan Stonehenge Sleman, kita beralih ke Merapi Park. Lokasinya sama-sama di Kabupaten Sleman, tepatnya di Jalan Kaliurang. The World Landmarks Merapi Park. Itulah nama lengkapnya. Sesuai namanya, objek wisata ini berisi bangunan-bangunan terkenal dari seluruh dunia.

Sumber: https://kissparry.com/2019/01/19/merapi-park-the-world-landmark-monumental-dunia-kaliurang-lereng-merapi-yogyakarta/

Dari Benua Afrika, ada piramida Mesir. Dari Benua Eropa, ada Big Ben (London), Menara Eiffel (Prancis), kincir angin (Belanda), dan Bredenburg Gate (Jerman). Dari benua Amerika, ada patung Liberty (AS). Dari Benua Asia, ada Burj al Arab (Dubai) dan Temple of Heaven (China).

Ingat dengan kartun Masha and the Bear? Di Merapi Park ada patungnya, lho. Mau foto-foto ala suku Indian? Bisa, dong. Mau mengendarai kuda ala koboi? Bisa juga. Banyak, deh, wahananya! Intinya, gak perlu jauh-jauh keliling dunia, cukup datang ke Merapi Park, kalian bisa puas “keliling dunia”.

Gak semua yang ada di Merapi Park serba internasional. Di sana, ada juga wahana yang khas Indonesia. Namanya jemparingan. Jemparingan adalah seni memanah tradisional asal Jogja. Di wahana jemparingan, kalian bisa belajar memanah dalam posisi duduk bersila dalam balutan pakaian tradisional.

Sumber: https://www.wowhii.com/merapi-park/

The World Landmarks Merapi Park buka setiap hari, kecuali Selasa. Pada Senin, Rabu, Kamis, dan Jumat, objek wisata ini buka pukul 9.00 – 16.30. Pada Sabtu dan Minggu, buka pukul 8.30 – 17.00. Harga tiket masuknya Rp20.000.

Jadi, tertarik gak, nih, berkunjung ke Stonehenge Sleman dan Merapi Park? Lumayan, lho, untuk mewujudkan mimpi kalian berlibur ke luar negeri. Sambil terus menabung untuk beneran bisa berlibur ke luar negeri, gak ada salahnya kalian pergi ke dua objek wisata ini. Happy traveling!

Komentar