28.May.2018

Ritual Unik Perayaan Waisak di 6 Negara di Dunia


Hari Raya Waisak merupakan hari suci umat Buddha yang jatuh pada bulan Mei, saat bulan purnama (purnama sidhi) untuk memperingati 3 (tiga) peristiwa penting, yakni lahirnya Pangeran Siddharta Gautama di Taman Lumbini, Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Bodh Gayya, dan kematian Buddha Gautama di Kusinara. Karena itulah setiap Waisak, umat Buddha menjalankan 3 tahap, yaitu kelahiran, pencerahan, dan kematian.

0
0
0

Buat Aladiners yang ingin merayakan Waisak dan sedang mencari inspirasi untuk merayakannya di negara mana, Mister punya solusinya! Buat Aladiners yang gak ngerayain, negara-negara ini juga cocok lho, jadi destinasi liburan kamu.

1. Indonesia

sumber foto: genpilomboksumbawa.com

Di negeri sendiri, perayaan Waisak terbesar berada di Candi Borobudur. Kenapa di Borobudur? Karena candi itu merupakan candi Buddha terbesar di dunia. Setiap tahunnya, ribuan orang datang ke candi tersebut pada hari Waisak, khusus untuk melihat ritual selebrasi yang dilaksanakan para biksu dengan menyalakan lilin yang dimasukkan ke lentera, kemudian melepaskannya ke udara. Pssst, selebrasi ini bisa diikuti oleh semua orang, lho! Seru kan?

2. Taiwan

sumber foto: youtube.com

Perayaan Waisak di negara ini cukup unik, karena seluruh umat Buddha akan berkumpul dan secara bergiliran membungkuk, mencelupkan jari dalam air sambil memegang kuncup bunga dan memegang telapak tangan mereka bersama-sama. Upacara religius yang diselenggarakan di Chiang Kai-shek Memorial Hall, Taipei ini diadakan setelah gelap. Khidmat banget, ya.

3. Vietnam

sumber foto: vovworld.vn

Biara Quan Am yang terletak di Kota Ho Chi Minh, belakangan ini menjadi pusat perayaan Waisak. Di Kanal Nhieu Loc, yang dimiliki oleh biara itu, terdapat tujuh teratai yang akan terus menyala selama 7 hari. Unik kan? Udah gitu, kamu juga bisa ikut Buddhism Cultural Exhibition Week di Vietnam Quoc Tu (Pagoda Nasional Vietnam).

4. Korea Selatan

sumber foto: womanblitz.com

Di Negeri “Oppa-oppa Ganteng” ini, perayaan Waisak disambut meriah dengan adanya acara Lotus Lantern Festival yang diadakan di Jogyesa Temple setiap tahunnya. Dalam agama Buddha, bunga lotus dipercayai sebagai bunga yang suci. Warna-warni dari lentera bunga teratai ini cantik banget, ya?

5. Sri Lanka

sumber foto: lanka.com

Berbeda dengan negara-negara lainnya yang memasang lampion atau lentera dalam melakukan perayaan Waisak, Sri Lanka justru menghiasi sepanjang jalannya dengan lampu-lampu listrik yang warna-warni. Lampu-lampu ini menampilkan kisah hidup Buddha Gautama.

sumber foto: timeout.com

6. Nepal

sumber foto: nepaltoursinfo.com

Gak lengkap rasanya kalau ngomongin Waisak tanpa ngomongin Nepal, negara yang menjadi tempat lahir Sang Buddha. Umat Buddha akan mengawali hari perayaan dengan berdoa di Monkey Temple. Lalu acara dilanjutkan dengan parade membawa gambar Buddha di atas gajah.

Komentar