30.Mar.2020

Pulau Satonda, Paket Alam Langka di Nusa Tenggara Barat


Tau nggak, sih! Nusa Tenggara Barat bukan cuma soal Lombok, Gili Trawangan, Gunung Rinjani dan tempat populer lainnya, lho. Nusa Tenggara Barat juga punya satu pulau yang bisa disebut paket wisata alam yang langka. Kenapa? Karena di pulau ini terdapat danau alami yang airnya sangat asin, lebih asin dari air laut.

0
0
0

 

Image result for pulau satonda

Sumber: https://lifepal.co.id/media/mau-liburan-unik-dan-murah-yuk-pulau-satonda-ada-film-jailangkung/

Pulau yang terbentuk secara alami dari letusan gunung ini punya keindahan dan keunikan tersendiri. Apalagi dengan keindahan danau air asin dan habitat bawah lautnya. Walaupun pulau ini masih menjadi pulau singgah bagi para wisatawan, tapi pulau Satonda ini ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam Laut oleh Menteri Kehutanan dan Perkebunan di tahun 1999 karena pesonanya yang langka.

Letaknya di antara gugusan pulau di ujung barat Kabupaten Dompu, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Ada beberapa cara untuk bisa sampai di pulau ini. Kalau kamu punya uang lebih, kamu bisa naik kapal pesiar dari pulau Bali atau Lombok dengan tujuan Flores, karena kapal itu biasa singgah di pulau Satondo terlebih dulu. Tapi kalau kamu lebih suka liburan dengan budget yang minim, kamu bisa pakai alternatif lain. Kamu bisa lewat jalur darat via Sumbawa Besar menuju desa Nangamiro sekitar 5 - 8 jam perjalanan, setelah itu lanjut ke Pulau Satonda selama 15 - 60 menit tergantung jenis perahu yang dipakai. Kamu bisa naik perahu dari pelabuhan Nangamiro dengan harga yang bervariasi. 

Image result for kapal pinisi ke satonda

Sumber: http://anastasialumy.blogspot.com/2016/09/sailing-komodo-overland-flores.html

Walaupun jarak yang lumayan jauh, kamu nggak akan nyesel kalau ke sana. Pulau yang luasnya mencapai 2.600 hektare ini punya danau yang airnya lebih asin dari air laut. Fakta itu sudah dibuktikan oleh dua orang peneliti asal Eropa, Stephan Kempe dan Josef Kazmierczak. Kata mereka, air di Danau Satonda awalnya adalah air tawar, tapi karena terjadi tsunami besar di tahun 1815 akibat Gunung Tambora meletus, maka air laut mengisi danau tersebut. Uniknya lagi, di danau ini terdapat biota laut stromatolit yang ada di zaman purba dan hanya ada satu spot di Indonesia, yaitu di Danau Satonda.

Bagi kamu yang datang ke sini dan ingin berenang di danau Satonda, kamu harus tahan keinginan itu ya, karena di danau ini kamu tidak disarankan untuk berenang karena airnya yang sangat asin. Tapi kalau kamu ingin menikmati keindahan karang dan ikan-ikan kecilnya, kamu bisa snorkeling di sekitar pulau Satonda yang tak kalah menakjubkan.

Sumber: https://pesona.travel/keajaiban/3917/menikmati-danau-asin-di-taman-wisata-alam-pulau-satonda

Selain airnya asin dan biota stromatolit yang langka, danau ini pun punya mitos unik. Kamu akan temukan beberapa pohon Kalibuda. Masyarakat setempat bilangnya, ini adalah pohon harapan. Pohon ini dipercaya bisa mengabulkan permintaan kita dengan cara menggantungkan benda apapun yang kita punya di pohon itu. Unik kan? siapa tahu impian kamu bisa keliling dunia bisa tercapai. Jadi, tunggu apalagi, yuk segera jadwalkan keberangkatan kamu dan segera ke Pulau Satonda lewat Mister Aladin.

Komentar