Perhatian! Ini 8 Jajanan Pinggir Jalan yang Harus Kamu Cobain di Istanbul, Turki


Nyobain jajanan pinggir jalan alias street food hukumnya wajib banget kalau liburan ke suatu tempat. Selain lebih otentik rasanya, harganya pun lebih sesuai kantong daripada di restoran. Nah, kalau kamu berencana ke Istanbul dalam waktu deket, pastiin kamu cobain makanan-makanan berikut ini. Dijamin ketagihan, deh!

0
0
0

1. Lahmacun

sumber foto: arbuz.com

Kalau Italia punya pizza, Turki punya lahmacun. Wujudnya roti bulat tipis yang dihiasi topping daging cincang, bawang bombay, dan lada. Bisanya, lahmacun dimakan dengan cara digulung bareng daun peterseli dan air perasan lemon. Oh, ya, tempat terbaik buat makan lahmacun katanya sih ada di Kadiköy dan Fistik Kebap di Arnavutköy.

2. Simit

sumber foto: theguideistanbul.com

Camilan yang satu ini katanya sih susah banget ditolak. Aromanya yang fresh from the oven banget bakal mengundang siapa pun buat beli. Biasanya, warga Istanbul makan simit buat sarapan dengan cara dicelup ke molase (saus manis terbuat dari tebu). Gak jarang, simit yang udah nginep sehari dijadiin makanan buat merpati di taman. Wah, siap-siap simit kamu disamber burung terbang, ya!

3. Dürüm

sumber foto: maratonpide.com

Makanan satu ini mungkin sama kayak sate di Indonesia. Laku di abang-abang gerobak, tetep dicinta di restoran fine-dining. Isiannya bisa kamu pilih, antara daging ayam, sapi, keju, atau sayuran buat yang vegetarian. Mau tahu dürüm terenak ada di mana? Taksim Square lah jawabannya! Mau jam berapa pun kamu ke sana, selalu ada kios yang bisa didatengin.

4. Tantuni

sumber foto: tantuni.proton.kharkiv.ua

Bentuknya masih mirip-mirip dürüm, sih. Sama-sama adonan yang digulung terus diisi daging dan sayuran. Bedanya, tantuni biasa dibikin pedes atau PEDES BANGET. Bahkan, ada anggapan kalau tantuni sejati adalah tantuni yang bisa bikin bibir bergeter saking pedesnya! Kalau kamu pencinta makanan pedes, tantuni di Emine Ana Sofrasi atau Billurcu Sokak di Taksim gak bakal mengecewakan kamu.

5. Balık-ekmek

sumber foto: istanbulfreewalkingtour.com

Gimana cara nyebutin nama makanan ini? Mohon maap, Mister juga gak tahu! Pokoknya, yang jelas artinya adalah “roti ikan”. Murah dan ngenyangin, sandwich ini biasnya diisi tuna bakar, bawang bombay, tomat, dan selada. Sekadar tips, kalau nyari balık-ekmek yang kualitas ikannya bagus tapi tetep murah, coba jalan ke Bosphorus dan beli di tempat kapal-kapal feri diparkir.

Baca juga: 10 Negara dengan Jajanan Pinggir Jalan Terenak Sedunia

6. Midye Dolma

sumber foto: gffoodservice.com.au

Suka seafood? Wah, dijamin kamu bakal ketagihan midye dolma. Kerang yang dicampur nasi rempah dan ditetesin air lemon ini gampang banget ditemuin di Taksim, khususnya pas malem hari. Nasi yang disajiin bareng daging kerangnya ini bakal nolong kamu untuk cepet ngerasa kenyang sebelom kalap makan kebanyakan. Ya iyalah, kalau cuma makan kerangnya aja dijamin kamu bakal boros karena makan 1-2 kerang gak akan cukup!

 7. Kokoreç

sumber foto: newworlder.com

Sama kayak duren dan jengkol, jeroan banyak yang cinta dan banyak juga yang benci. Nah, kokoreç ini adalah usus domba bakar yang dipotong kecil-kecil, ditaburin garam terus dijadiin isi sandwich. Sensasi berminyak dan berbumbunya pasti bikin kamu kangen makan lagi dan lagi. Oh iya, kalau mau makan kokoreç yang terjamin kualitasnya, mampir aja ke Şampiyon Kokoreç. Enak, bersih, terjangkau.

 8. Boza

sumber foto: pinterest.co.uk

Apalah arti makan tanpa minum. Pastinya bikin tenggorokan seret, dong? Untuk itulah Mister saranin kamu nyobain boza, minuman terbuat dari jawawut yang direbus, ditumbuk, lalu disaring. Hasilnya berupa cairan kental yang dicampur kayu manis dan kacang garbanzo panggang. Eits, jangan keburu eneg dulu! Minuman ini diburu banget, lho, pas musim dingin sejak era Ottoman. Kalau kamu ke Istanbul musim Oktober – April, kamu bisa ngeliat boza dijual di mana-mana.

Komentar

Tinggalkan Komentar: