Perempuan Dilarang Masuk ke 7 Tempat Wisata Ini!


Walaupun kesetaraan gender terus-terusan disuarakan sama orang-orang di seluruh dunia, tapi faktanya masih ada hal-hal yang belum bisa disetarakan antara perempuan dan laki-laki. Kayak misalnya tempat-tempat wisata dunia yang melarang buat dikunjungi perempuan. Eits, jangan ngerasa terdiskriminasi dulu! Masing-masing tempat ini punya alasannya sendiri, kok, kenapa mereka melarang perempuan buat masuk. Mulai kepo? Cek di bawah ini, nih!

0
0
0

1. Gunung Athos, Yunani

1

Sumber foto: www.splendid.gr

Di gunung ini ada 20 biara yang dihuni sama kurang lebih 2000 biarawan. Kenapa perempuan dilarang buat ke sini? Takutnya, para biarawan bisa tergoda. Namanya juga biarawan, kan. Seluruh hidupnya diserahkan untuk Tuhan dan dilarang untuk nikmatin segala hal duniawi. Peraturan yang udah ada selama ribuan tahun ini ternyata berlaku juga buat hewan, lho. Jadi selama di sana, kamu gak akan tuh nemuin hewan apa pun yang berjenis kelamin betina.

2. Gunung Omine, Jepang

2

Sumber foto: www.kumanocamino.com.au

Gunung yang dikenal juga dengan nama Gunung Sanjo ini cantiknya kebangetan, Aladiners. Apalagi Kuil Ominesanji yang letaknya pas banget deket air terjun. Makanya, UNESCO sampe menjadikan tempat ini sebagai salah satu Situs Warisan Dunia. Tapi sayangnya, para biksu yang tinggal di sini gak memperbolehkan perempuan buat dateng ke sana. Kalau mau mendaki gunung ini masih bisa, sih, tapi pas mulai masuk ke area dalam hutannya, ada papan yang meyebutkan kalau perempuan dilarang masuk lebih jauh. Sebenernya pemerintah Jepang udah pernah ngelarang mereka buat mencegah perempuan masuk ke area gunung ini. Tapi, ya, namanya juga tradisi keagamaan. Gak bisa diganggu gugat!

3. Galaxy Water Park, Jerman

3

Sumber foto: www.therme-erding.de

Beda sama tempat-tempat wisata lainnya yang ngelarang buat dikunjungi perempuan karena alasan tradisi atau agama, water park yang satu ini punya alasan yang lumayan unik tapi juga nyeremin! Sebelum kamu mikir macem-macem, perempuan masih boleh masuk ke Galaxy Water Park, kok, tapi gak boleh naik ke seluncur air X-treme Faser yang ada di sini. Alasannya? Karena bisa mencederai organ intim perempuan! Peraturan ini ditetapkan karena udah ada 6 orang yang organ intimnya luka karena naik seluncuran yang bisa ngebawa kamu sampe kecepatan 72km/jam ini. Waduh!

4. Haji Ali Dargah, India

4

Sumber foto: amazingindiablog.in

Salah satu tempat wisata paling ikonik di Mumbai ini setiap hari dikunjungi sama sekitar 15.000 orang. Yap, laki-laki semua pastinya karena perempuan dilarang buat masuk ke sini. Terus kenapa, ya, orang-orang banyak yang pengen banget dateng ke Haji Ali Dargah? Soalnya di sini ada makam seorang Sufi dari abad ke-15, Pir Haji Ali Bukhari. Sebenernya, sih, dulu perempuan boleh-boleh aja masuk ke sini. Tapi sejak tahun 2012 dikeluarkan fatwa yang ngelarang perempuan buat masuk ke Haji Ali Dargah. Yaah... sayang banget, ya.

5. Mahamuni Paya, Myanmar

5

Sumber foto: inspiringadventures.co.uk

Soal banyaknya turis, kuil yang berlokasi di Mandalay ini nomor dua se-Myanmar setelah Pagoda Shwedagon di Yangon. Di seluruh dunia ada banyak kuil yang nge-klaim kalau mereka menyimpan rambut, kuku, sampai tulang Buddha. Tapi Mahamuni beda level sama kuil-kuil lain. Di sini ada patung Buddha yang dipercaya menyimpan jiwa dari Buddha itu sendiri! Sayangnya, perempuan gak dibolehin buat ngeliat langsung patung ini. Kalau kamu perempuan, kamu cuma bisa ngeliat patung ini dari monitor TV yang ada di ruangan terluar dari kuil Mahamuni Paya.

6. Kuil Kartikeya, India

 

Enam

Sumber foto: travel-blog.waytoindia.com

Kuil Kartikeya adalah salah satu dari banyak kuil Hindu di India yang ngelarang perempuan buat masuk ke areanya. Kuil yang satu ini dibangun untuk menyembah Dewa Kartikeya, anak dari Dewa Siwa. Kartikeya dalam agama Hindu dianggap sebagai Dewa Perang. Belum jelas asal mulanya kenapa perempuan dilarang buat mampir ke sini. Yang pasti, orang-orang setempat percaya kalau ada perempuan yang nekat masuk ke sini, dia bakal dikutuk sama Dewa Kartikeya, walaupun dia dateng buat menyembah atau berdoa.

7. Kuil Padmanabhaswamy, India

7

Sumber foto: anchoice.cz

Kayak yang udah Mister bilang sebelumnya, di India emang ada banyak kuil yang melarang perempuan buat masuk ke dalemnya. Selain Kuil Kartikeya, ada juga kuil yang berlokasi di Kerala ini. Buat kamu yang belum tau, Kuil Padmanabhaswamy adalah kuil terkaya di dunia, lho. Dibangun sejak sekitar 5.000 tahun yang lalu, para pemimpin dan kerajaan dari seluruh dunia selama ribuan tahun mampir ke sini dan ngasih banyak hadiah (biasanya emas) ke kuil ini. Nah, semua pemberian tersebut disimpan di ruangan-ruangan tersembunyi di bawah tanah. Nilainya triliunan dolar, Aladiners! Bahkan katanya, ada satu ruangan rahasia yang dindingnya terbuat dari emas murni dan berisi harta karun yang gak terhingga nilainya. Wah! Tapi, ya, itu tadi. Cuma laki-laki yang diperbolehkan buat masuk ke kuil yang dipersembahkan untuk Dewa Wisnu ini. Perempuan cuma bisa berdoa dari luar bangunannya aja.

Komentar

Tinggalkan Komentar: