Okunoin, Koya san: Wisata Pemakaman Indah di Jepang


Dari sekian juta tempat indah nan spektakuler di dunia, kenapa Mister malah ngajakin ke kuburan? Di tengah gunung pula. Double angkernya! Memangnya mau temu kangen sama makhluk halus? Memangnya udah bosen ketemu manusia hidup?

0
0
0

Jangan keburu merinding dulu, Aladiners. Pemakaman Okunoin di Gunung Koya, prefektur Wakayama, Jepang, ini punya daya tarik magis (dan mistis) yang luar biasa, lho. Bahkan, kalau kamu berani foto-foto, suasana di sini instagenic banget! Eh, tapi jangan kaget, ya, kalau ada saudaranya Sadako yang ikutan pose. Hihihi…

sumber foto: ultraweit-verwinkelt.de

sumber foto: travelandleisure.com

Pemakaman Okunoin bukan sekadar deretan ribuan makam berumur ratusan tahun. Tempat ini punya sejarah yang patut disimak dan dikagumi. Sebagai kompleks pemakaman terbesar di Jepang, Gunung Koya yang jadi lokasi tempat ini dulunya dibangun oleh biksu bernama Kobo Daishi. Beliau adalah pemuka sekte Buddha Shingon yang dipercaya gak mengalami kematian, melainkan sedang meditasi abadi. Nah, di sekitar kuil tempat peti Kobo Daishi bersemayam, ada ribuan makam para biksu. Katanya, sih, para biksu itu pengin dimakamin deket beliau supaya bisa ikut mencapai kesempurnaan juga.

 sumber foto: theordinaryadventurer.com

sumber foto: insidejapantours.com

Selain kumpulan nisan tua berlumut yang serem-serem cantik, di sini ada deretan patung jizo (sang pelindung anak-anak dan traveler), juga kompleks pemakaman yang lebih baru dengan bentuk nisan unik. Ada yang bentuknya misil dan botol minuman fermentasi, lho! Rupanya, nisan itu memang milik perusahaan-perusahaan yang pengin ngasih penghormatan buat para karyawan mereka yang udah meninggal. Selain itu, ada juga tugu peringatan buat jenderal-jenderal perang jaman dulu dan para korban gempa.

sumber foto: rince-art.blogspot.co.id

sumber foto:  zekkeijapan.com

Gak cuma di siang hari, tempat ini juga bagus banget setelah matahari terbenam. Saking mempesonanya, sampai ada wisata kuburan khusus di malem hari, lho! Tujuannya bukan buat uji nyali, tapi untuk mengagumi keindahannya. Kamu bakalan diajak menyusuri jalan setapak berbatu yang membelah rimbunnya pepohonan cedar di kanan kiri. Satu-satunya penerangan cuma dari deretan menara lampu batu di tepi jalan! Saran Mister, jangan nengok-nengok kelamaan, ya, nanti bisa-bisa ada yang menatap balik ke arah kamu!

sumber foto: anomadicexistence.com

sumber foto: kevinstravelblog.com

Selain ikut wisata kuburan, kamu juga bisa cobain nginep di salah satu kuil di sini. Para biksu udah terbiasa nerima tamu wisatawan mancanegara, jadi gak heran mereka super ramah! Kamu bukan cuma bisa ngerasain bermalam di penginapan yang bernuansa Jepang tradisional banget, tapi  juga cicipin menu vegetarian yang dimasak para biksu, bahkan ikutan meditasi bareng mereka. Cocok banget, deh, kalau kamu bosen sama hiruk-pikuk kota.

Udah gak sabar pengin ke sana? Langsung aja pesan hotel yang kamu mau di daerah Koyasan, Wakayama, Jepang, ya. Dijamin liburan kamu bakalan jadi lebih berkesan dan beda dari kebanyakan orang!

Komentar

Tinggalkan Komentar: