31.Aug.2018

6 Gunung di Indonesia ini Cocok untuk Pendaki Pemula!


Kangen suasana serba hijau? Taman deket rumah kurang rimbun buat kamu? Kenapa tidak coba jalan-jalan ke gunung aja! Buat kamu yang pengalaman mendakinya baru setinggi gundukan pasir di depan rumah yang belum jadi, naik gunung bisa jadi hobi baru, lho. Untuk latihan sebelum jadi pendaki mumpuni, Mister Aladin saranin kamu untuk main ke 6 gunung yang cocok untuk pemula berikut ini!

0
0
0

1. Gunung Gede - Pangrango

1

sumber foto

Buat para pendaki berpengalaman, mendaki gunung di daerah Jawa Barat ini ibaratnya jalan-jalan ke mall di akhir minggu, santai banget! Sedangkan buat para pemula yang tinggal di daerah jabodetabek, mendaki gunung ini di akhir pekan bisa jadi pengalaman yang berharga banget. Selain punya taman nasional yang masih terjaga keasliannya, kamu juga bisa mampir ke alun-alun Surya Kencana di gunung ini untuk menikmati keindahan bunga edelweiss. Awas, tangannya jangan nakal metik-metik, ya!

2. Gunung Nglanggeran

2

sumber foto

Jangan keburu jiper dulu liat bentuknya, ya Aladiners. Meskipun tampak sangar dari jauh, gunung purba setinggi 200 - 760 mdpl di daerah Gunungkidul ini ramah untuk pemula, kok. Puncak gunung yang namanya bermakna "setiap kejahatan akan diketahui" ini bisa dicapai dalam waktu satu jam aja! Ingat, meskipun waktunya mendakinya singkat, kamu harus tetap hati-hati dengan jalurnya yang cukup curam dan licin.

3. Gunung Papandayan

3

sumber foto

Kalau kamu lagi liburan ke Garut, jangan cuma asyik makan dodolnya aja, main-main juga ke Gunung Papandayan! Pendaki pemula bisa memilih jalur Cisurupan yang merupakan jalur termudah untuk mencapai puncak gunung setinggi 2665 mdpl ini. Anak-anak juga bisa ikutan, kok! Jangan lupa, foto-foto di daerah Hutan Mati wajib hukumnya. Suram tapi luar biasa indah!

4. Gunung Ijen

4

sumber foto

Mau lihat fenomena indah langka kelas dunia? Main aja ke gunung satu ini. Gunung setinggi 2.443 mdpl yang terletak di daerah Banyuwangi ini terkenal dengan api biru abadinya. Cukup dengan berjalan selama 3 jam saat pagi buta, kamu bisa lihat pesona matahari terbit dan si api biru di kawahnya. Jangan lupa bawa masker, ya. Bau belerangnya menyengat banget! Di sepanjang perjalanan kamu juga bakalan ketemu dengan penambang belerang yang mondar-mandir sambil memikul beban seberat 70 kg di pundak mereka. Salut.

5. Gunung Prau

5

sumber foto

Pernah denger nama Dieng yang terkenal dengan candi-candi dan festivalnya? Tidak jauh dari sana ada gunung yang cantik banget, lho. Namanya Gunung Prau! Gunung setinggi 2.565 mdpl ini lumayan mudah untuk didaki para pemula. Setelah tiba di Wonosobo, kamu bisa lanjutin perjalanan ke kawasan dataran tinggi Dieng dan memulai pendakian dari pos Patak Banteng. Jangan lupa bawa tenda, ya untuk menginap dan dibangunkan indahnya matahari terbit di puncaknya!

6. Gunung Andong

6

sumber foto

Gunung setinggi 1.726 mdpl yang terletak di perbatasan wilayah Salatiga, Semarang, dan Magelang ini mulai sering jadi background selfie anak muda masa kini. Kebanyakan pendaki memulai pendakian di malem hari supaya bisa menikmati sunrise di puncaknya. Mau ikutan? Kamu bisa mulai jalan dari basecamp pendakian di daerah Ngablak saat pukul 1-2 pagi. Dua jam kemudian udah bisa duduk santai nunggu si matahari di puncaknya, deh. Tidak perlu takut nyasar karena sepanjang jalan ada banyak banget tanda panah menuju puncak.

Perlu diingat, ya Aladiners. Betapa mudahnya jalur pendakian, semua harus dilewati dengan kondisi fisik yang prima. Olahraga dan tidur cukup harus dilakukan. Persiapkan perlengkapan sebaik mungkin. Jaket, senter, masker, dan sepatu khusus mendaki gunung adalah beberapa dari sekian banyak barang wajib yang harus dibawa. Jangan gengsi untuk minta istirahat di tengah jalan saat ngerasa capek. Selain itu, jaga sikap dan perkataan kamu. Dilarang keras untuk sombong dan buang sampah sembarangan!

Komentar