Museum Kematian di Surabaya
21.Feb.2019

Museum Kematian di Surabaya, Destinasi Nyeremin yang Cocok Buat Uji Nyali


Museum Kematian di Surabaya ini terbilang cukup unik karena menyajikan berbagai ritual adat kematian di berbagai daerah. Kalau selama ini kamu biasanya melihat museum kematian cuma di film-film Hollywood atau pernah datang langsung ke luar negeri, kini kamu udah gak perlu repot lagi buat mencoba tantangan itu.

0
0
0

Di Indonesia, kamu bisa berkunjung ke Museum Kematian di Surabaya, salah satu destinasi horor yang cocok buat uji nyali. Museum Kematian tersebut merupakan milik Universitas Airlangga Surabaya (UNAIR). Sekilas, wujudnya mirip kayak wahana rumah hantu di taman bermain.

Kayak gimana, sih penampakannya? Berikut beberapa penampakan Museum Kematian di Surabaya yang Mister rangkum dari beberapa sumber!

Penampakan Museum Kematian di Surabaya yang Mirip Wahana Rumah Hantu. Serem, sih!

Museum Kematian di Surabaya

Sumber foto: https://www.vice.com/id_id/article/7x3jgx/museum-di-surabaya-ini-bakal-membuatmu-terobsesi-pada-kematian

Dari namanya aja udah pasti kebayang, dong museum ini nyeremin! Apalagi, ditambah suara-suara horor yang tambah bikin merinding. Museum Kematian di Surabaya menyuguhkan berbagai tradisi pemakaman di Indonesia serta barang-barang mistis yang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Di Sini, Terdapat Makam yang Isinya Tulang Belulang Manusia Asli!

Museum Kematian di Surabaya

Sumber foto: http://news.unair.ac.id/2017/04/10/pusat-kajian-etnografi-punya-museum-kematian-nan-eksotik/

Lebih seremnya lagi, di museum ini, ada pemakaman buatan yang sangat unik dengan ragam agama di Indonesia. Gak cuma itu, ada juga puluhan tengkorak yang menggambarkan lifestyle seseorang dengan penjelasan bahwa semua bakal jadi tengkorak. Tulang belulang tengkorak ini langsung dipinjamkan dari kepolisian dan didapat dari korban kecelakaan yang gak ditemukan identitasnya. Fixed, ini sih serem banget!

Selain Ada Tulang Belulang, Kamu juga Bisa Mengenal Tubuh Manusia lewat Kerangka Manusia Asli

Museum Kematian di Surabaya

Sumber foto: https://jatim.idntimes.com/travel/destination/vanny-rahman/museum-etnografi-unair-rekreasi-belajar-kematian-yang-mengasyikkan

Selain tulang belulang, di museum ini, kamu pun bisa melihat secara langsung kerangka asli manusia yang udah diawetin. Ada poster infografiknya juga. Jadi, selain dapet tantangan, kamu juga bisa belajar banyak tentang tubuh dan DNA manusia. Seru, kan!

Ada Makam dengan Backsound Nyeremin yang Cocok Buat Uji Nyali

Museum Kematian di Surabaya

Sumber foto: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/10/18/museum-kematian-di-surabaya-kematian-bukanlah-akhir

Ini yang gak kalah serem dari tulang belulang dan kerangka manusia! Yup, makam di museum ini dilengkapi backsound serem yang bikin suasana jadi makin mencekam! Ada yang berani uji nyali di sini malem-malem?

Beberapa kuburan, mulai dari kuburan bayi di Toraja hingga makam Belanda juga akan kamu temui di museum ini. Bau dupa yang dibakar dan suara jangkrik membuat perjalanan pengunjung makin mencekam. Gak cuma itu, berbagai penjelasan tentang prosesi penguburan jenazah juga dipajang agar pengunjung bisa belajar lebih lanjut.

Penataan museum ini cukup apik sehingga kamu gak bakalan bosan. Tapi, tetep, kamu bakal merasa merinding saat menyaksikan pajangan-pajangan tentang prosesi pemakaman dari berbagai daerah. Apik, tapi tetep ada unsur mistisnya. Gitulah kira-kira.

Walau menyeramkan, museum ini bisa menambah wawasan kita tentang proses kematian, lho! Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Budaya, museum ini dibuat karena sangat beragamnya upacara kematian di Nusantara. Gak cuma jadi bagian penting dalam kehidupan, upacara kematian juga memakan biaya yang sangat banyak.

Oleh karena itu, sebagai bagian dari etnografi, informasi kematian gak diberikan dalam bentuk yang menyeramkan, tapi lebih ke adanya potret budaya, yaitu gimana caranya masyarakat memerlakukan anggotanya yang meninggal.

Jadi, gimana? Setelah kamu tahu ada Museum Kematian di Surabaya milik UNAIR ini, jadi kepengen datang ke sini gak? Atau barangkali, kamu udah takut duluan jadi gak mau ke sini? :D

Baca juga, Museum-museum Paling Serem di Dunia

Komentar