25.Sep.2018

Liat Seni Masa Depan di Museum Digital Jepang yuk!


Kalau ngomongin Jepang, pasti bawaannya bikin takjub. Gimana nggak, negara di Asia Timur ini bener-bener berkembang pesat berkat kemajuan teknologinya. Bahkan baru-baru ini, Jepang pun unjuk gigi dalam menakar masa depan!

0
0
0

Perusahaan bernama TeamLab membangun museum digital pertama di dunia bernama Mori Museum Art Digital: Teamlab Borderless. Museum yang terletak di Odaiba, Tokyo itu langsung menarik perhatian dunia karena memiliki koleksi seni luar biasa yang diperkirakan menjadi karya seni ala masa depan!

Museum seluas 100.000 meter persegi ini memiliki 50 koleksi karya seni yang dirancang dan dihubungkan oleh jaringan kompleks berteknologi tinggi yang terdiri dari 520 komputer serta 470 proyektor. Teknologi-teknologi inilah yang mampu menciptakan ilusi super keren yang bakal bikin kamu takjub sekaligus jatuh cinta. Uniknya, semua karya seni yang ada di museum ini membutuhkan partisipasi dari pengunjung, mulai dari sentuhan atau gerakan melompat. Gerakan-gerakan itu akan mempengaruhi penampakan visual ataupun suara digital dari karya-karya seni yang ada di dalam museum ini.

TeamLab sendiri bukan orang baru dalam dunia seni lho, Aladiners. Karya-karyanya selalu mengedepankan ultra-teknologi. Sebelumnya, teamLab udah pernah ngisi pameran di National Gallery Singapore dan Learn&Play! teamLab Future Park di Plaza Indonesia pada 2017 lalu.

Penasaran kayak apa isi dari museum digital pertama di dunia ini? Museum ini terbagi dalam 5 bagian utama. Intip foto-fotonya di bawah ini, yuk!

1. Borderless World

Karya seni yang ada di bagian ini seakan mengajak pengunjung untuk berinteraksi secara langsung dengan alam. Di sini kita dibuat seperti menyentuh burung beneran dan melintasi ladang. Padahal, semuanya cuma virtual aja!

Sumber foto: https://borderless.teamlab.art/ew/iwa-waterparticles/

2. Athletic Forest

Di bagian ini, otak, kesadaran spasial, dan gerak tubuh akan dilatih sedikit. Akan ada banyak aktivitas fisik yang bisa dilakukan, seperti seolah-olah meloncat di trampolin.

Sumber foto: https://borderless.teamlab.art/

3. Future Park

Kalau di bagian ini, ide-ide kreatif kamu akan diuji dan dikembangkan. Cocok nih buat anak-anak!

Sumber foto: https://borderless.teamlab.art/

4. Forest of Lamps

Cobain deh berdiri deketan sama lampu-lampu yang ada di bagian ini. Nanti warnanya berubah-ubah, lho!

Sumber foto: https://borderless.teamlab.art/

5. En Tea House

Bagian terakhir ini, cocok banget buat kamu yang mau rileks abis muterin museum ini. Bunga virtual di dalam cangkir akan mekar dengan sendirinya!

Sumber foto: https://borderless.teamlab.art/

Gimana, tertarik untuk mengunjungi museum ini? Siapin 3200 yen untuk tiket dewasa dan 1000 yen untuk tiket anak-anak ya!

Komentar