Indonesia Masuk Gak, Ya? Cek 7 Bandara dengan Arsitektur Tercantik di Dunia


Sebagai traveler, kita pasti udah paham banget gimana suasana bandara bisa jadi faktor penting yang memengaruhi mood sebelum berangkat. Belum lagi kalau harus nunggu penerbangan atau transit berjam-jam. Jangan harap hati ini bisa seneng kalau harus nunggu 5 jam di bandara yang bentuk dan fasilitasnya biasa-biasa aja. Beda banget jika kita kebetulan “nyangkut’ di bandara yang suasana dan bentuknya unik dengan sudut-sudut seru yang bikin kepo buat dijelajahin satu-satu. Kayak bandara-bandara yang ada di bawah ini, nih!

0
0
0

1. Terminal 3 di Shenzhen Bao’an International Airport, China

Sumber foto: www.domusweb.it

Bandara satu ini adalah airport project pertama dari dua arsitektur asal Roma, Italia, Massimiliano dan Doriana Fuksas. Terminal bandara yang biasa melayani hingga 45 juta penumpang per tahun ini didesain menyerupai ikan pari manta kalau diliat dari atas. Terminal ini juga punya total 78 gate dengan langit-langit dengan tinggi 79 meter, lho. Ribuan bentuk heksagonal yang terbuat dari panel-panel besi dan kaca di langit-langitnya dijamin bisa bikin kamu betah nunggu transit berjam-jam di sini. Futuristik banget, ya, keliatannya!

2. Rock Terminal di Wellington International Airport, Selandia Baru

Sumber foto: www.studiopacific.co.nz

Beberapa orang bilang kalau bandara ini adalah bandara paling jelek sedunia. Tapi gak sedikit juga yang terpukau sama gaya arsitektu yang dipunya sama Wellington International Airport. Walaupun agak “liar” dan mungkin gak cocok sama selera beberapa orang, tapi gak ada satu pun orang yang gak mengakui kalau bandara ini emang bentuknya super unik!

Sumber foto: www.archipro.co.nz

Biasa dipanggil “The Rock”, terminal di salah satu bandara di Selandia Baru ini bentuknya terinspirasi dari legendra monster laut Ngake dan Whataitai. Bagian luarnya yang didesain berbentuk tebing-tebing curam dibuat dengan panel-panel perunggu. Bukan cuma luarnya aja yang unik, Aladiners, dalamnya juga bisa bikin kamu terpukau karena didominasi sama panel kayu yang bentuknya gak bisa kamu temuin di tempat lain!

3. Terminal 1 di Marrakech Menara Airport, Maroko

Sumber foto: duranvirginia.wordpress.com

Pengen liat bandara yang merefleksikan modernisme and gaya arsitektur Islami? Terminal 1 di Marrakech Menara Airport ini didesain langsung sama dua tim arsitek dari E2A Architecture yang berbasis di Casblanca dan CR dari Prancis. Cantik di siang hari, bandara ini juga cakepnya bukan main saat malam hari. Setelah gelap, terminal bandara ini bakal dihias sama cahaya-cahaya dengan beragam warna yang menari-nari di seluruh dinding pintu masuk.

4. Baku Heydar Aliyev International Airport, Azerbaijan

Sumber foto: www.curbed.com

Walaupun ukurannya gak segede bandara-bandara di atas, tapi bandara satu ini punya dekorasi yang bentuknya unik-unik banget. Di beberapa sudutnya kamu bisa ngeliat bangunan-bangunan kecil berbentuk kepompong. Interiornya yang super keren ini merupakan hasil kreasi dari studio arsitektur asal Turki, Autoban. Setiap “kepompong” punya fungsi yang berbeda-beda. Ada yang digunain sebagai kafe, pertokoan, area bermain anak, sampai bar.

5. Queen Alia International Airport, Yordania

Sumber foto: www.behance.net

Apa jadinya kalau ada satu firma arsitektur yang diminta untuk mendesain bandara, terus mereka punya dapet inspirasi dari tenda-tenda bedouin dari masyarakat yang hidup di gurun pasir? Hasilnya bisa kamu liat sendiri di Queen Alia International Airport. Langit-langit seluruh bagian dari bandara ini berbentuk dome yang mirip sama tenda bedouin. Sedangkan bagian interiornya didominasi sama warna krem yang menyerupai warna padang pasir di sekitarnya.

6. Terminal 4 di Adolfo Suárez Madrid–Barajas Airport, Spanyol

Sumber foto: www.worldatlas.com

Beda sama bandara-bandara lainnya yang didominasi sama warna-warna terang dan kurang “berani”, terminal 4 di bandara yang ada di Spanyol ini dihias sama warna-warna ngejreng kayak merah dan kuning. Didesain sama Richard Rogers dan Antonio Lamela, keunikannya berhasil ngebuat bandara ini memenangkan Stirling Prize di tahun 2006! Selain warna-warnanya yang bikin mata melek, langit-langit berbentuk uniknya juga terbuat dari bambu untuk menimbulkan kesan adem dan natural.

7. Saint-Exupéry Airport, Prancis

Sumber foto: wikiarquitectura.com

Buat kamu yang pernah baca buku The Little Prince pasti udah gak asing sama nama bandara. Yap, bandara yang dulunya bernama Lyon Satolas Airport ini diubah namanya untuk mengenang sang penulis, Antoine de Saint Exupéry, yang dulunya juga merupakan pilot pesawat perang asal Kota Lyon. Didesain oleh seorang arsitek asal Spanyol, Santiago Calatrava, bentuk bangunan bandara ini dibuat menyerupai burung yang akan terbang. Lebih kerennya lagi bandara ini punya jembatan dengan lantai berjalan yang bakal ngebawa kamu langsung ke Stasiun Kereta Lyon Saint-Exupéry TGV untuk ke daerah mana pun yang ada di Prancis!

Komentar

Tinggalkan Komentar: