25.Nov.2015

Golden Rock, Batu Melayang Anti Gravitasi di Myanmar


Berada di atas gunung dengan ketinggian 1.100 meter, Golden Rock atau Pagoda Kyaiktiyo adalah tempat yang wajib banget untuk dikunjungi kalau kamu berkesempatan untuk liburan ke Myanmar. Gimana tidak? Golden Rock adalah salah satu dari 3 tempat keagamaan yang paling disucikan di Myanmar. Satu hal yang membuat Golden Rock ramai dikunjungi adalah karena adanya sebuah batu a�?ajaiba�? berwarna emas yang berdiri di ujung tebing dengan kemiringan 90 derajat! Bagaikan melawan gravitasi, batu ini seperti melayang di ujung tebing batu.

0
0
0

Orang-orang percaya bahwa batu tersebut berdiri di atas rambut Buddha Gautama dan tidak menyentuh tanah sama sekali, lho! Katanya sih pada zaman dahulu, batu tersebut benar-benar melayang di udara. Tapi lama-kelamaan, jarak antara tanah dan batu tersebut mengecil hingga akhirnya tidak terlihat lagi. Namun, hingga sekarang tidak ada satu pun orang yang bisa melihat titik pertemuan di mana batu menyentuh tanah karena kemiringannya yang curam. Warna emas dari batu ini didapat karena pengunjung diperbolehkan untuk menggosok lembaran emas (gold leaf) ke permukaan batu. Karena ketinggian gunung tersebut, kamu bisa juga menikmati pemandangan 360 derajat pegunungan di sekitarnya. Keren banget deh pokoknya, terutama saat sunset.

Golden Rock berlokasi di Bago, sekitar 220 kilometer dari pusat Kota Yangon. Nah, untuk berkunjung ke sini kamu harus berkendara dengan menggunakan bus atau mobil sewaan selama 4 jam, dan dilanjutkan dengan menaiki tangga selama sekitar 45 menit, tergantung kemampuan dan kecepatan kamu. Makanya kalau kamu tertarik untuk mengunjungi Golden Rock, kamu harus menyisakan satu hari penuh dan mempersiapkan betis untuk perjalanan jauh. Tapi yang pasti, pemandangan dan pengalaman yang akan kamu dapatkan sangat sesuai dengan pengorbanan kamu, deh!

Golden Rock 2

Komentar