27.Jun.2018

Gak Cuma Berwarna Hitam, Kopi Juga Bisa Berwarna Bening!


April 2017 lalu, dunia dibuat gempar karena penemuan kopi berwarna aneh di London, Inggris oleh kakak-beradik bernama Slovakian David Nagy dan Adam. Gimana gak aneh, kopi ciptaan mereka berwarna bening, persis seperti air mineral! Kakak-beradik itu membuat brand bernama CLR CFF untuk kopi bening mereka, dengan harga setiap 2 botol sekitar Rp99.500.

0
0
0

sumber foto: vebma.com

Rupanya gak butuh waktu lama untuk merasakan kopi bening yang unik itu di Indonesia. Dua barista kedai kopi 210 Brew & Roastery,  Ferdiyan dan Mochammad Haris, berhasil membuat kopi bening juga, lho!

sumber foto: instagram.com/kopibening.id

Kopi bening tersebut merupakan hasil eksperimen kedua barista itu selama kurang lebih 3 tahun belakangan ini. Mereka berhasil menciptakan sebuah mesin kopi yang diberi nama Alex. Alex inilah yang mengolah biji kopi Arabica Gayo dan Mamasa menjadi kopi bening.

Meskipun berwarna bening alias jernih, ternyata kopi ini memiliki rasa kopi yang nikmat serta aroma dan kesegaran kopi pada umumnya. Selain itu, kopi bening ini tidak mengandung perasa atau essence dan diklaim tidak meninggalkan plak di gigi.

Baik Ferdiyan dan Haris mengaku terciptanya kopi bening ini untuk menghadirkan gebrakan baru di tengah maraknya kedai kopi di Indonesia. Yup, saat ini minat masyarakat Indonesia terhadap kopi sedang tinggi-tingginya. Makanya gak heran kalau persaingan antar kedai kopi semakin ketat.

Kopi bening ini menjadi kopi bening kedua di dunia setelah Inggris dan telah diekspor hingga Singapura dan Jepang, lho! Aladiners tertarik mencobanya? Setiap satu botol kopi ini dibanderol Rp40.000.

Komentar