06.Mar.2017

Bikin Kagum! Intip Cantiknya Isi Gua Terbesar di Vietnam


Dengan tinggi hingga 200 meter dan panjang mencapai 5 kilometer, Hang Son Doong disebut-sebut sebagai gua terbesar yang ada di muka bumi. Saking besarnya gua ini, Hang Son Doong bahkan punya sungai, hutan, iklim, dan cuaca sendiri di dalamnya!

0
0
0

Masuk ke dalam gua, kamu bakal dibuat serasa berada di planet lain. Keindahannya mungkin dipengaruhi oleh sedikitnya orang yang mengenal dan berkunjung ke gua ini. Iya, Aladiners, baru sedikit banget orang yang pernah menjelajah ke dalam gua berusia lebih dari 3 juta tahun ini.

Sumber foto: www.nationalgeographic.com

Berlokasi di salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO di Vietnam Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang ternyata jumlah orang yang pernah mengunjungi Hang Son Doong lebih sedikit dibanding jumlah orang yang pernah berdiri di atas puncak Everest! Padahal keindahan alam yang bisa ditemuin di dalam gua ini bisa bikin siapa pun kagum sama ciptaan Tuhan. Dalam bahasa setempat, Hang Son Doong artinya adalah gua sungai gunung.

Sumber foto: www.cnn.com

Sejarah penemuan Hang Son Doong lumayan unik, lho. Gua ini pertama kali ditemukan pada tahun 1990 oleh Ho Khanh, seorang petani lokal yang gak sengaja meneduh di sini pas lagi badai. Lucunya, Ho Khanh lupa di mana gua ini berlokasi. Makanya selama 18 tahun setelahnya, gua ini masih jadi mitos di tengah warga sana. Barulah di tahun 2008, si bapak nemu gua ini lagi pas lagi mencari makanan di hutan. Setahun kemudian, Ho Khanh balik lagi bersama 2 orang peneliti dari British Cave Research Association (BCRA), Howard dan Deb Limbert.

Sumber foto: www.vietnamonline.com

Gua Hang Son Doong untuk pertama kalinya dibuka untuk umum pada tahun 2013 yang lalu. Untuk ke sini, kamu harus ikut tur selama 4 atau 5 hari penuh lewat satu tur operator yang ditunjuk pemerintah. Selain turnya cuma tersedia dari bulan Februari - Agustus, jumlah peserta yang diperbolehkan pun cuma 10 orang sekali jalan. Cantiknya gua ini bukan main, Aladiners!

Selain dinding gua yang dihias bebatuan mirip kristal, stalagmit di sini panjangnya bisa mencapai 80 meter. Aktivitas yang bakal dilakuin di sini juga banyak: meluncur di sungai dan celah kecil, manjat, merayap, sampai berenang di sungai bawah tanah. Makanya mayoritas orang yang pernah ke sini adalah mereka yang emang udah ahli atau hobi aktivitas alam ekstrim.

Sumber foto: www.ryandeboodt.com

Pengen liat gimana indahnya isi Gua Hang Son Doong? Fotografer dan sinematografer asal Amerika Serikat, Ryan Deboodt, ngerasain sendiri gimana ajaibnya gua ini. Dan dia ngajak semua orang untuk menyaksikan apa yang dia liat di dalam Hang Son Doong lewat video yang dia ambil pake drone. Yuk, kita tonton bareng-bareng!

Komentar