29.Jul.2020

Demi Merayakan Iduladha, Negara-negara Ini Libur Panjang, Lho!


Libur panjang di suatu negara biasanya ada pada saat perayaan keagamaan. Seperti di Indonesia yang memiliki dua libur panjang yakni pada saat idulfitri dan natal. Sedangkan saat iduladha, Indonesia hanya memiliki 1 hari libur. Sangat berbeda dengan negara-negara lain yang mayoritas memeluk agama islam. Mereka memiliki waktu libur lebih panjang. Nah berikut ini Mister akan kasih tahu negara mana aja yang bisa libur panjang saat iduladha. Lumayankan abis potong hewan kurban bisa staycation.

0
0
0

 

1. Turki

9 günlük bayram tatili başladı! İşte kara, hava ve denizde son ...

Sumber gambar: https://www.dha.com.tr/istanbul/9-gunluk-bayram-tatili-basladi-iste-kara-hava-ve-denizde-son-durum/haber-1594720

Negara-negara di Timur Tengah memang terasa lebih semarak dalam merayakan iduladha. Salah satunya adalah Turki. Pemerintah setempat memberikan hari libur resmi selama 4 hari. Banyaknya waktu libur tersebut benar-benar dimanfaatkan warga Turki, khususnya yang berada di perkotaan untuk mudik ke kampung halamannya. Hampir sama seperti di Indonesia saat lebaran idulfitri. Banyak orang berbondong-bondong ingin berkumpul bersama keluarganya di kampung. 

 

Kurban Bayram starts today, Sapanca, Turkey | Being an outsi… | Flickr

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/iamsufi/8121581854

Selain libur selama 4 hari, masyarakat Turki juga memiliki tradisi unik saat proses penyembelihan hewan kurban. Mereka biasanya akan menyembelih satu ekor sapi untuk satu keluarga. Bedanya, kalau di Indonesia penyembelihan dilakukan di masjid, atau di tempat-tempat umum, sementara di Turki hewan itu disembelih di rumah masing-masing. Jadi, kalau kamu ke Turki saat iduladha, kamu nggak akan nemuin hewan kurban di masjid. Setelah penyembelihan, potongan daging-daging itu akan diberikan kepada yang membutuhkan, bahkan daging yang telah diolah pun mereka akan berikan.

 

2. China

Corban Festival

Sumber gambar: http://www.chinatouradvisors.com/Culture/Corban-Festival-48.html

Meski bukan merupakan negara mayoritas muslim, semangat masyarakat China perlu diapresiasi dalam merayakan iduladha. Saat iduladha tiba, mereka begitu semangat merayakannya. Bahkan pemerintah daerah Xinjiang dan Ningxia memberikan libur selama 5 hari kepada umat muslim untuk merayakan iduladha. Masyarakat muslim di sana dibuat bebas merayakan bersama keluarga serta mengadakan Corban Festival. 

 

China: Beautiful photos of ethnic Uighur Muslims celebrating the ...

Sumber gambar: https://www.ibtimes.co.uk/beautiful-photos-chinas-uighur-muslims-celebrating-corban-festival-eid-al-adha-1581764

Sama seperti di negara-negara lain, masyarakat di negeri tirai bambu ini juga melakukan salat ied berjamaah di masjid. Namun uniknya, yang diwajibkan untuk salat di masjid adalah kaum laki-laki. Selain itu, selama libur iduladha, diadakan juga pasar dadakan. Banyak pedagang menjual hewan kurban serta pernak-pernik khas iduladha, dan nggak jarang pasar dadakan itu juga dijadikan tempat untuk saling bertukar bingkisan.

 

3. Pakistan

With prayer, sacrifices, Pakistani Muslims celebrate Eid al-Adha ...

Sumber gambar: https://www.reuters.com/article/us-religion-eid-pakistan/with-prayer-sacrifices-pakistani-muslims-celebrate-eid-al-adha-idUSKCN1BD096

Sama seperti masyarakat Turki, warga Pakistan juga merayakan iduladha selama 4 hari. Mereka menganggap kalau iduladha lebih istimewa dibanding idulfitri. Libur panjang itu sengaja diberikan oleh pemerintah setempat agar masyarakat bisa lebih fokus menjalankan puasa arafah. 

 

Eid al-Adha and the fight for animal hides in Pakistan | Asia| An ...

Sumber gambar: https://www.dw.com/en/eid-al-adha-and-the-fight-for-animal-hides-in-pakistan/a-19547588

Karena perayaan iduladha lebih istimewa, masyarakat Pakistan juga begitu memuliakan hewan yang dijadikan kurban. Caranya yakni dengan menghias hewan kurban secantik mungkin lalu dimandikan terlebih dulu sebelum disembelih.

 

4. Mesir

Preparations for Eid al-Adha in Egypt

Sumber gambar: https://www.yenisafak.com/en/photo-gallery/world/preparations-for-eid-al-adha-in-egypt-popup-2032562?p=3

Tak ada malam takbiran dan pawai obor seperti di Indonesia, bahkan gema takbir baru mulai berkumandang pada saat mendekati salat ied. Masyarakat Mesir merayakan iduladha dengan libur selama 4 hari. Banyak pedagang dan pemilik kedai yang memilih tutup, bahkan ada yang sampai seminggu. Jadi kalau kamu lagi ada di Mesir saat iduladha, siap-siap dengan pasokan makanan di rumah ya. 

Shopping for Camel Meat Outside Cairo

Sumber gambar: https://www.vice.com/da/article/jmbkz3/shopping-for-camel-meat-outside-cairo-108

Kalau di Indonesia umumnya kamu akan melihat kambing, domba dan sapi yang dijadikan hewan kurban, maka di Mesir kamu akan melihat bermacam jenis hewan kurban. Mulai dari kambing, sapi, kerbau, biri-biri, hingga unta.  Kerennya lagi, para penyembelih di Mesir sudah sangat ahli, sehingga proses penyembelihannya tak perlu repot-repot menjatuhkan hewan.

Komentar