25.Aug.2020

Butuh Ketenangan? Main ke Leuwi Tonjong di Garut, Yuk!


Ngomongin wisata alam yang sunyi, Garut memang juaranya. Ada begitu banyak tempat wisata alam yang masih jarang dijamah oleh para wisatawan. Hal itu karena akses menuju spot-spot tersembunyi di Garut cukup jauh. Tapi kalau kamu memang penggila alam yang masih asri, kamu wajib banget jelajahi keindahan Garut. Salah satunya adalah Leuwi Tonjong.

0
0
0

 

Leuwi Tonjong Surga Tersembunyi di Garut Agustus 2020 - TravelsPromo

Sumber gambar: https://travelspromo.com/htm-wisata/leuwi-tonjong-garut/

Kalau di Thailand ada Phuket yang memiliki keindahan susunan tebing yang dibawahnya ada air laut yang sangat eksotis, kamu juga bisa merasakan hal yang sama di Garut, tepatnya di Leuwi Tonjong. Bedanya air yang ada di bawah tebing ini bukanlah air laut tapi aliran sungai.

Leuwi Tonjong merupakan sajian alam berupa lubuk dangkal yang di belakangnya terdapat dua tebing sejajar dengan aliran air sungai yang mengalir di tengahnya. Tebing yang eksotis inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berlama-lama di Leuwi Tonjong.

 

Sumber gambar: https://www.instagram.com/robyandikaputra/

Berlokasi di Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Leuwi Tonjong masih jarang dikunjungi wisatawan. Sebab, akses menuju lokasi masih cukup sulit dan masih minim penunjuk arah serta transportasi umum. Kamu harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk bisa sampai ke Leuwi Tonjong. Tapi kalau kamu pecinta adventure dengan kesegaran alamnya, tentu akses menuju lokasi bukan menjadi halangan untuk bisa menikmati jernihnya air Leuwi Tonjong beserta tebing yang eksotis.

Usaha jelas tidak akan mengkhianati hasil, begitulah ungkapan saat kamu tiba di Leuwi Tonjong. Meski harus melewati jalanan sempit, curam, berbatu dan menanjak, tapi usaha keras kamu akan terbayarkan dengan pesona keindahan yang disajikan di Leuwi Tonjong. Tebing setinggi 100 meter akan menyambut kedatanganmu. Sebuah kolam dangkal dari aliran sungai di balik tebing juga sangat pas untuk kamu menikmati indahnya alam Leuwi Tonjong. Kamu bisa berendam dan berenang sepuasnya di kolam tersebut.

 

Mengintip Keindahan Tersembunyi Leuwi Tonjong

Sumber gambar: https://tfamanasek.com/mengintip-keindahan-tersembunyi-leuwi-tonjong/

Menikmati keindahan Leuwi Tonjong akan terasa kurang kalau kamu nggak berfoto dengan landscape-nya yang begitu indah. Lokasi yang menjadi spot favorit para pengunjung adalah berdiri di area kolam dengan latar tebing yang membelah di tengahnya. Selain itu juga tersedia sebuah perahu rakit yang terbuat dari bambu yang biasa digunakan untuk berfoto. Pastinya, hasil jepretan kamu akan sangat memuaskan.

Kalau kamu ke Leuwi Tonjong, kamu jangan mengharapkan fasilitas yang mewah dan serba ada ya, soalnya tempat ini belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Tapi untuk bisa masuk ke Leuwi Tonjong, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 untuk hari biasa dan Rp15.000 untuk hari libur. Mister kasih saran, ada baiknya kamu datang ke Leuwi Tonjong saat memasuki musim kemarau agar aliran air di Leuwi Tonjong tidak terlalu keruh. Jadi, tunggu apa lagi? sekarang waktu yang pas, selamat berpetualang!

Komentar