Negara dengan Waktu Puasa Paling Lama
03.May.2019

Bulan Ramadan Sebentar Lagi, Ini Dia 8 Negara dengan Waktu Puasa Paling Lama


Bulan Ramadan sebentar lagi nih! Siapa di sini yang udah nggak sabar mau puasa? Sabarrr, sabarr, bulan puasa tinggal menghitung hari kok.  Sebelum memasuki bulan Ramadan, mungkin dari kita semua pernah berpikir kalo puasa di semua negara itu jamnya sama, yaitu sahur sebelum solat subuh dan berbuka ketika adzan maghrib tiba. Tapi kenyataannya rentang waktu puasa di berbagai negara tuh beda-beda, lho. Semuanya tergantung pada terbitnya matahari sampai tenggelamnya matahari.

0
0
0

Nah, di Indonesia sendiri rata-rata menempuh waktu puasa selama 14 jam. Sementara di negara lain nggak semua warganya harus berpuasa selama itu. Tapi, ada banyak juga negara yang puasanya lebih lama dari orang-orang yang ada di Indonesia. Bahkan ada juga lho yang sampai 24 jam! Wah! Kita beruntung dong ya tinggal di Indonesia gak ampe puasa selama itu. Hmm, biar kamu tetap semangat dan nggak ngeluh mulu saat puasa nanti, mending simak nih deretan negara di berbagai dunia yang punya waktu puasa paling lama. Kuy, langsung baca aja!

Finlandia

Negara dengan Waktu Puasa Paling Lama

 

Sumber foto: metrotimes.com

Negara yang indahnya nggak ketulungan, Finlandia, jadi negara dengan durasi puasa terlama di dunia yakni, 23 jam puasa. Gila, hampir seharian penuh tuh! Umat Muslim di Finlandia, harus sahur mulai pukul 1 pagi dengan waktu berbuka puasa pukul 12 pagi lagi. Logikanya sederhana sih, abis buka puasa terus solat Maghrib disambung Isya dan Tarawih, eh bentar lagi sudah harus puasa lagi. Kebayang dong betapa sulitnya puasa di negara ini?

Alaska

Negara dengan Waktu Puasa Paling Lama

Sumber foto: Gulf Elite

Kamu pernah ngebayangin nggak tinggal di wilayah paling dingin di bumi ini? Yup! Alaska emang wilayah yang sangat terkenal dingin, secara ya, wilayah kutub itu hampir seluruh permukaannya dilapisi es ataupun salju. Suhu di sana juga pasti lebih rendah dan ekstrim dibandingkan di negara tropis kayak Indonesia. Umat muslim yang berada di Alaska saat musim panas, harus menjalani puasa dalam waktu 20 jam sehari. Lamaa bangetss kaan? Tapi katanya,  kalo lagi musim dingin, puasa di Alaska cuma butuh waktu 5 jam aja, lho! Hmm, kayaknya negara yang satu ini kurang cocok untuk dijadikan destinasi wisata di bulan Ramadan.

Swedia

Negara dengan Waktu Puasa Paling Lama

Sumber foto: Inovasee

Senada dengan Alaska, Swedia juga merupakan negara dengan waktu puasa paling lama, yakni berdurasi 20 jam! Umat muslim di Swedia makan sahur pukul 02.30 pagi waktu setempat dan berbuka puasa pada pukul 10.00 malam waktu setempat. Belum lagi, umat muslim di Swedia cuma berjumlah 5% dari total populasi. Cuaca panas juga jadi tantangan besar umat muslim untuk menjalani puasa di negara ini. Hmm.. Perjuangan banget ya puasa di sana.

Turki

Negara dengan Waktu Puasa Paling Lama

Sumber foto: SquLine.com

Turki juga jadi negara dengan waktu puasa paling lama, yakni 18 jam. Waktu sahur di Turki yaitu pukul 3 dini hari, dan berbuka pukul 9 malam! Lumayan lama ya. Mayoritas masyarakat Turki beragama Islam, jadi kalo kamu traveling ke Turki saat bulan puasa nggak akan ngerasa terlalu berat, karena sebagian besar masyarakat Turki juga berpuasa. Jadi harus kuat dong ya, kalo lagi di sana pas puasa. :D

Jerman

Negara dengan Waktu Puasa Paling Lama

Sumber foto: Kompasiana.com

Sama kayak di Indonesia, sahur di Jerman juga sekitar pukul 4 pagi, tapi bedanya kalo buka puasa sekitar pukul 10 malam. Wew~ kalo kita mah jam segitu udah kekenyangan kali ya. Belum lagi kalo di Jerman cuaca yang panas jadi tantangan terberat karena pastinya jadi mudah haus. Di Jerman, toleransi umat beragama begitu tinggi, sehingga mereka yang non-muslim menghargai banget yang berpuasa, lho.

Inggris

Negara dengan Waktu Puasa Paling Lama

Sumber foto: Metro

Selain Jerman, Inggris juga jadi negara dengan waktu puasa paling lama. Meskipun jauh cepat dibandingkan Finlandia, tapi waktu puasa di Inggris berdurasi hampir 19 jam lho! Hal ini terjadi karena Ramadhan datang bersamaan pas musim panas terpanjang di Inggris. Bayangin deh kalo kita puasa di sana, kuat gak ya?

Perancis

Negara dengan Waktu Puasa Paling Lama

Sumber foto: Time Magazine

Enggak beda jauh sama Inggris, Perancis juga menjalani puasa selama hampir 18 jam! Di Perancis mataharinya baru terbenam jam 9 lebih, sedangkan imsak pada jam setengah 4. Artinya, dibandingkan di Indonesia, masyarakat Perancis harus menahan lapar sekitar lima jam lebih lama dari waktu puasa di Indonesia. Harus tahan-tahan jadinya kalo kamu puasa di Perancis, ya.

Kanada

Negara dengan Waktu Puasa Paling Lama

Sumber foto: YouTube

Kalo kamu sekarang sedang traveling di Kanada, kamu harus sanggup menahan puasa empat jam lebih lama dari waktu puasa di Indonesia. Yup, Kanada juga merupakan negara dengan waktu puasa paling lama yang durasinya sekitar 18 jam. Nah, kalo kamu umat muslim yang ada rencana pindah ke Kanada untuk lanjut belajar, mendingan kamu tinggal di Toronto aja, karena ada banyak umat muslim di sana, jadi kamu nggak ngerasa berat menjalani puasa sendirian dan dalam waktu yang lama.

Nah, itu tadi deretan negara dengan waktu puasa paling lama. Beruntung kalo di Indonesia cuma berpuasa sekitar 14 jam aja. Jadi, kalo di Indonesia masih banyak yang buka diem-diem pas siang hari, gimana kalo puasa di negara-negara di atas ya. Nggak boleh gitu ah, ya! :D

 

 

Komentar