24.Oct.2018

Waduh! Indonesia Termasuk Negara Konsumsi Mi Instan Tertinggi di Dunia!


Meskipun mi diduga kuat berasal dari China, tapi kalau mi instan pertama di dunia, justru berasal dari Jepang. Pada tahun 1958, Momofuku Ando menciptakan chicken ramen dengan mi yang bisa dimasak dengan cepat dan awet untuk disimpan dalam waktu yang lama.

0
0
0

Sumber foto: orami.co.id/magazine/ibu-hamil-boleh-makan-mie-instan/

Ando membuat mi instan dengan mengeringkan mi yang dikukus dan dibumbui dalam minyak panas. Setelah penemuannya itu, perusahaan Nissin menjadi penggerak produksi mi instan pertama dan memproduksi mi instan secara massal.

Sumber foto: taysbakers.com/5-tempat-makan-mie-instan-hits-di-jakarta/

Di Indonesia sendiri, mi instan baru diproduksi secara massal pada tahun 1968. Saat itu, Supermie lah yang menjadi merk mi instan pertama di Indonesia. Karena mudah dimasak dan harganya yang murah, mi instan terus berkembang di Tanah Air. Dari yang hanya goreng, hingga rebus bahkan memiliki rasa makanan-makanan khas setiap daerah.

Sumber foto: iniduniamaya.blogspot.com/2012/05/karena-mie-instan-itu-istimewa.html

Di 2017 lalu, World Instant Noodles Association (WINA) mengeluarkan hasil survey nya yang ternyata mencengangkan. Ada 10 negara di dunia yang memiliki konsumsi mi instan sangat tinggi. Di antara 10 negara itu, ternyata Indonesia termasuk, lho! Nomor berapa ya kira-kira? Baca selengkapnya di bawah ya!

1. Brazil

Negara yang terletak di benua Amerika Selatan ini berada di posisi kesepuluh dengan tingkat konsumsi mi instan sebanyak 2,48 milyar bungkus per tahun.

2. Filipina

Negara Asia ini berada di peringkat ke-9 dengan total konsumsi mi instan 2,72 milyar bungkus per tahun.

3. Thailand

Berada di peringkat ke-8, warga Thailand mengonsumsi mi instan sebanyak 3,02 milyar bungkus per tahun.

4. Korea Selatan

Meskipun makan ramyun menjadi salah satu budaya yang kerap ditonjolkan dalam drama-dramanya, ternyata tingkat konsumsi mi instan di Korea Selatan cuma 3,62 milyar bungkus per tahun.

5. Amerika Serikat

Warga negeri Paman Sam ini ternyata juga gemar makan mi instan. Berada di posisi ke-6, warga Amerika memakan 4,35 milyar bungkus mi instan tiap tahun.

6. India

Di posisi ke-5, bertenggerlah India. Dalam setahun, warga India mengonsumsi mi instan sebanyak 4,98 milyar bungkus.

7. Vietnam

Berada di posisi ke-4, warga Vietnam mengonsumsi mi instan sebanyak 5,1 milyar bungkus tiap tahun.

8. Jepang

Meskipun menjadi negara pertama yang menghasilkan mi instan, ternyata Jepang bukan negara yang mengonsumsi mi instan tertinggi di dunia. Dalam setahun, warga Jepang makan 5,4 milyar bungkus mi instan.

9. Indonesia

Waduh, Indonesia jadi tertinggi kedua negara pengonsumsi mi instan terbanyak nih! Dalam setahun, ada 14,1 bungkus mi instan yang dimakan sama warga Indonesia lho!

Baca Juga: Apa sih Bedanya Mi, Bihun, Kwetiau, Soun, dan Misoa?

10. Tiongkok

Negeri Tirai Bambu ini menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan jumlah konsumsi mi tertinggi di dunia. Gimana nggak nomor 1, ada 44 milyar bungkus mi instan yang dimakan oleh warganya setiap tahun. Gokil ya, Aladiners, banyak banget!

Sumber foto: pinterpolitik.com/yang-sayang-samyang/

Komentar