08.Dec.2015

Sebelum Menginap di Hostel, Baca Dulu 7 Tips Penting Ini!


 

0
0
0

Dari sekian banyak Aladiners, pasti ada beberapa di antara kamu yang lagi bikin itinerary untuk liburan mendatang, kan? Transportasi, uang makan, hingga biaya penginapan, semuanya harus dipikirin dengan mateng supaya kamu bisa memanfaatkan uang tabungan semaksimal mungkin. Untuk ngebantu kamu berhemat, sebelumnya Mister udah kasih 5 alasan kenapa kamu harus nginep di hostel saat traveling. Tertarik? Sebelum booking, baca dulu 7 tips penting ini!

 

1. Baca baik-baik review dari orang lain

tips menginap di hostel Sumber: lucidadvertsing.co

Menemukan hostel memang gampang banget karena bertebaran di mana-mana, tapi pastikan kamu nggak salah pilih. Di zaman serba internet ini, baca sebanyak mungkin review online dari orang-orang yang pernah nginep di hostel incaran kamu. Ingat, biasanya yang sudi nulis review adalah tamu-tamu yang ngerasa puas banget atau kecewa banget.
Kalau kebanyakan tamu kasih nilai tinggi, berarti kamu nggak salah pilih. Tapi, kalau yang kamu baca kebanyakan adalah keluhan soal kutu tempat tidur, kasus pencurian, atau resepsionis yang jutek, jangan ragu-ragu untuk browsing hostel lain!

 

2. Booking untuk 1 malem dulu!

tips menginap di hostel 2 Sumber: cultbooking.com

Kamu berencana liburan di satu kota selama 2 minggu dan udah nemu hostel yang klik di hati? Pasti rasanya pengin cepet-cepet booking buat beberapa malam sekaligus, kan? Sabar dulu, ya, Aladiners. Kita belum tahu apakah hostel itu bakal ngecewain kamu atau nggak. Daripada harus nahan diri untuk sisa malem selanjutnya atau pindah hostel, tapi kehilangan uang, mending kamu booking untuk 1 - 2 malem dulu. Kalau cocok, tinggal perpanjang, deh!

 

3. Pastikan kamar yang kamu booking sesuai kebutuhan kamu

tips menginap di hostel 3 Sumber: wikipedia

Di kebanyakan hostel di luar negeri, cewek dan cowok tidur dalam satu kamar adalah hal yang biasa. Kalau kamu ngerasa nggak nyaman dengan ini, cari hostel yang nyediain kamar khusus laki-laki atau perempuan. Ini penting, khususnya buat perempuan yang traveling sendirian! Buat kamu yang males sekamar dengan terlalu banyak orang, pastikan kamu klik tipe kamar 3 - 4 ranjang, bukan yang 20 ranjang, ya!

 

4. Bawa peralatan mandi dan sandal

tips menginap di hostel 4 Sumber: pngtree.com

Namanya juga penginapan murah. Jangan harap hostel bakal nyediain handuk, sabun, sampo, dan peralatan mandi lain layaknya hotel. Beberapa hostel mungkin nyediain seprai, tapi beberapa lainnya bikin kamu harus bawa kain sendiri demi menghindari noda-noda mencurigakan. Bawa juga sandal khusus untuk mandi, karena kita nggak tahu ada bakteri apa aja yang bersarang di lantai kamar mandi hostel. Balik ke tips pertama, cek dulu fasilitas yang tersedia di hostel itu, ya.

 

5. Penyumpal kuping dan penutup mata jadi barang wajib

tips menginap di hostel 5 Sumber: kompas.com

Jangan kaget kalau kamu nantinya sekamar sama orang yang hobi ngobrol dengan suara kenceng di malem hari atau nyalain lampu untuk baca buku kesukaannya sampai pagi. Pilihan yang kamu punya cuma dua, pindah kamar atau tutup kuping dan mata kamu. Jadi, jangan sampai tidak bawa dua benda penting ini, ya.

 

6. Jangan jadi temen sekamar yang nyebelin, ya!

tips menginap di hostel 6 Sumber: usatoday.com

Berbagi kamar dengan orang berarti harus peka dengan dengan kebutuhan orang lain. Kalau kamu berharap bisa tidur tenang di malem hari, berarti kamu juga harus bisa bersikap tenang. Langkahkan kakimu pelan-pelan saat  mau keluar di pagi buta. Jangan rusuh! Selain itu, letakkan barang-barangmu dengan rapi dan jangan sampai jemuran kamu nutupin tempat tidur orang lain.

 

7. Lindungi barang-barang berharga

tips menginap di hostel 7 Sumber: herpackinglist.com

Oke, temen-temen sekamar kamu mungkin ramah, tapi kita nggak bisa percaya 100% terhadap orang yang baru dikenal, kan? Simpen uang, paspor, dan benda berharga kamu lainnya di loker yang disediakan. Pastiin kuncinya berfungsi, ya! Cara lainnya, kamu bisa masukin barang-barang penting dalam satu tas kecil, kalungkan, dan peluk erat-erat selama kamu tidur.

 

Semoga tips yang Mister kasih ini bermanfaat ya. Buat Aladiners yang yang mau liburan atau melakukan perjalanan bisnis dan butuh rekomendasi akomodasi yang sesuai, langsung cek di Mister Aladin. Ada banyak pilihan hotel, penginapan serta tiket pesawat dan kereta api untuk kamu.

 

Komentar