16.Nov.2015

7 Tempat Wisata di Dieng, Tanah Para Dewa di Pulau Jawa


 

0
0
0

Siapa nih di antara Aladiners yang belum pernah ke Dieng? Wah, kalau kamu belum pernah ke sini, rugi banget! Padahal Dieng itu adalah salah satu destinasi wisata all-in-one yang ada di Indonesia. Maksudnya all-in-one? Cuma di Dieng kamu bisa mengunjungi banyak objek wisata di satu tempat, mulai dari artefak, telaga, kawah, bukit  Tidak percaya?

Daripada penasaran, berikut tempat-tempat yang wajib kamu junjungi saat berwisata ke Dieng, Wonosobo

 

1. Candi Arjunatempat wisata candi arjuna dieng

Sumber: misteraladin.com

Pertama, kamu bisa menikmati cantiknya golden sunrise yang terkenal di kalangan pecinta alam. Kamu tidak perlu terbiasa mendaki gunung kok untuk bisa sampai di puncak Sikunir, spot melihat matahari terbit yang paling terkenal di Dieng. Dengan jalur yang sudah dipersiapkan untuk pengunjung, tidak usah buru-buru, cuma sekitar 30 menit kamu sudah akan sampai di puncaknya. Golden sunrise di sini katanya yang paling cantik di Indonesia, lho! Setelah melihat cantiknya sunrise dari puncak Sikunir, selanjutnya kamu bisa mengunjungi kompleks Candi Arjuna yang juga masih ada di area Dataran Tinggi Dieng. Dengan udara pegunungan yang sejuk dan segar, kamu bisa menikmati indahnya Candi Arjuna yang dikelilingi rerumputan hijau dan taman.

 

2. Telaga Warna

tempat wisata telaga warna dieng

Sumber: jateng.inews.id

Sehabis itu kamu bisa jalan-jalan deh mengelilingi Telaga Warna. Airnya yang berwarna hijau terang, sekilas bakal mengingatkan kamu dengan Kawah Putih di Bandung. Berjalan-jalan di sini juga memberikan kesan tersendiri, lho. Kamu bisa menikmati udara sejuk ditemani suara burung dan kehijauan hutan yang mengelilingi telaga. Di sekitar telaga, ada beberapa spot menarik yang bisa kamu kunjungi juga. Misalnya patung Gajah Mada, goa sumur, dan goa pengantin.

 

3. Kawah Sikidang

tempat wisata kawah sikidang dieng

Sumber: misteraladin.com

Eits, jangan lupa juga untuk mengunjungi Kawah Sikidang. Kalau sebelumnya kamu terus-terusan lihat yang hijau-hijau, nah di sini sama sekali tidak ada rumput. Tanah berganti menjadi bebatuan kapur dan udara dingin berubah menjadi hangat dan agak berbau menyengat. Hati-hati ya saat melangkah, karena lumpur yang meletup-letup bukan cuma ada di kawahnya, tapi juga di sepanjang jalan menuju ke bibir kawah.

 

4. Gunung Prau

gunung prau dieng

Sumber: misteraladin.com

Gunung yang juga terletak di daerah Dieng ini merupakan destinasi pendakian yang menawan dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Dengan ketinggian sekitar 2.565 meter di atas permukaan laut, Gunung Prau menawarkan pemandangan luar biasa dari puncaknya. Pendakian menuju puncaknya tidak terlalu sulit, membuatnya cocok bagi para pendaki pemula. Selama perjalanan mendaki, para pendaki akan melewati hamparan padang rumput yang hijau, hutan pinus yang menyejukkan, dan udara segar pegunungan yang menyegarkan. Puncak Gunung Prau menjadi tempat yang ideal untuk menikmati matahari terbit dan terbenam, menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pencinta alam dan pendaki.

 

 

Baca juga: Wisata Gunung di Indonesia

 

 

5. Telaga Pengilontelaga pengilon dieng

Sumber: panduanwisatadieng.com/

Bukan cuma telaga Warna yang bisa kamu nikmati di Dieng, tapi juga Telaga Pengilon. Wisata alam yang terletak di dataran tinggi Dieng, diantara hamparan perbukitan hijau, telaga ini menawarkan pemandangan yang memesona dengan keindahan alamnya yang khas. Air telaga yang tenang menciptakan refleksi indah dari langit biru dan awan putih yang mengambang menjadikan telahga ini sebagai destinasi yang menarik bagi para pencinta alam dan mereka yang mencari pengalaman unik di tengah pesona alam yang kental dengan atmosfir pegunungan.

 

6. Goa Semar

goa semar dieng

Sumber: IDN Times

Buat kamu yang suka mengeksplorasi tempat-tempat bersejarah dan agak bernuansa mistis bisa mengunjungi Goa Semar, karena konon menurut legenda lokal, goa ini berkaitan dengan tokoh pewayangan Semar. Goa ini menjadi salah satu destinasi wisata yang juga menarik untuk didatangi saat berada di dataran tinggi Dieng.  Susunan fondasi batu alam yang menakjubkan serta stalaktit dan stalagmit yang menggantung memberikan nuansa magis pada goa ini. Goa Semar Dieng bukan hanya destinasi wisata alam yang menarik, tetapi juga menjadi tempat yang memberikan nuansa keagungan sejarah dan kepercayaan lokal.

 

7. Bukit Sikunir

bukit sikunir dieng

Sumber: destinasidieng.com

Bukit ini juga menjadi salah satu primadona wisata di dataran tinggi Dieng. Dengan ketinggian sekitar 2.300 meter di atas permukaan laut, bukit ini menawarkan pemandangan yang spektakuler terutama saat fajar. Saat cuaca cerah berawan, kamu bisa merasakan sensasi melihat empat gunung paling terkenal di Jawa Tengah, yaitu Merbabu, Sindoro, Merapi, dan juga Sumbing. Terlepas dari tantangan pendakian, pengalaman menikmati matahari terbit dari puncak Bukit Sikunir dianggap sebagai momen magis dan spiritual bagi banyak pengunjung, terutama para pendaki gunung.

 

Gimana, Aladiners? Penasaran dengan keindahan wisata di Dieng? Kamu bisa langsung cek tempat-tempat wisata lain  yang juga gak kalah dan pastinya akan menjadi pengalaman seru tak terlupakan di Mister Aladin. Yuk, kita eksplorasi keindahan destinasi wisata di Indonesia.

 

Komentar