25.Jul.2018

Susu Kecoak Bakal Jadi Tren Minuman Sehat


Dari semua mamalia, yang paling terkenal sebagai penghasil susu adalah sapi. Kenapa? Karena susu sapi mengandung protein, karbohidrat, vitamin larut air, mineral, kasein, seng, kalsium, omega-3, dan fosfor. Itu semua penting untuk tubuh. Dalam sehari, sapi-sapi perah yang diternakkan bisa menghasilkan susu 10-17 liter. Gak heran dari susu-susu sapi itu hadir beragam produk turunannya, seperti keju, yoghurt, mentega, sampai susu bubuk dan kental manis.

0
0
0

Ternyata, ada hewan lain yang diduga kuat menjadi penghasil susu lebih baik dari sapi. Hewan itu adalah kecoak. Eits, jangan langsung jijik dulu, Aladiners! Yuk, simak penjelasannya sampai selesai, ya!

Beberapa peneliti melakukan penelitian mengenai kecoak jenis Diploptera Puctata. Dari hasil penelitian itu, ditemukan kristal protein susu di bagian saluran pencernaan kecoak. Penelitian yang membuat dunia kesehatan geger itu dilakukan 12 tahun lalu. Beberapa waktu belakangan ini, penelitian itu dilanjutkan lagi.

Cockroach Milk is Superfood

Sumber: https://fitnessvolt.com/20165/cockroach-milk-could-be-the-super-protein-source/

Apa saja kandungan di dalam kristal susu kecoak? Ada asam amino yang penting untuk pertumbuhan sel dan kesehatan tubuh. Ada gula untuk pasokan energi. Ada pula protein dan lemak yang bagus untuk kesehatan kulit dan rambut. Dengan semua kandungan itu, susu kecoak dinilai 3 kali lebih bernutrisi daripada susu sapi!

Sayangnya, susu kecoak belum bisa dikonsumsi secara luas karena ada banyak kendala. Pertama, jenis kecoak yang memiliki susu ini dikabarkan hanya hidup di Hawai. Belum lagi, mengeluarkan kristal susu dari badan kecoak sangat susah karena banyak kecoak yang mati duluan saat proses pengeluaran kristal susunya. Selain itu, butuh banyak banget kecoak untuk menghasilkan satu gelas susu. Beh, perjuangan banget ya, Aladiners?

Sumber: https://metro.co.uk/2016/07/25/forget-kale-and-quinoa-the-new-superfood-is-cockroach-milk-6027262/ (diambil dari Getty)

Sejak tahun lalu, penelitian terhadap serangga emang lagi gencar-gencarnya. Soalnya, serangga ternyata memiliki kandungan zat besi, seng, dan kalsium. Dengan banyaknya kandungan baik dalam tubuh serangga, Aladiners gak perlu takut untuk mengonsumsinya, ya!

Kalau kamu masih jijik untuk mengonsumsi serangga secara utuh, datang aja ke restoran di Afrika Selatan bernama Gourmet Grubb. Restoran tersebut menjual es krim yang terbuat dari susu serangga. Tertarik mencobanya?

Komentar