07.Sep.2016

Nggak Tahan sama Panasnya Surabaya? Kabur Aja ke 5 Tempat Ini!


 

0
0
0

Surabaya yang terletak di sebelah timur Jawa adalah kota yang sumuk pol!* Ini bukan hal aneh karena Surabaya emang deket dengan laut. Kalau nggak ada AC, bisa-bisa kamu udah keringetan lagi setelah 10 menit selesai mandi. Lalu, gimana caranya bisa tetep adem selama liburan di Kota Pahlawan ini? Nih, Mister kasih rekomendasi 5 tempat wisata mendinginkan diri yang bisa kamu datengin.

 

1. Es Krim Zangrandi

Sumber foto: efenerr.com

Salah satu cara ampuh mendinginkan badan adalah makan yang dingin-dingin seperti es krim! Nah, es krim yang pusatnya berlokasi di Jalan Yos Sudarso ini bukan es krim sembarangan karena punya nilai sejarah tinggi banget. Yap, es krim Zangrandi didirikan oleh orang Italia bernama Renato Zangrandi sejak taun 1930-an.

Sejak zaman pendudukan Belanda, tempat ini udah jadi favorit banyak orang. Yaaa, kejadulannya bisa disandingkan dengan es krim Ragusa di Jakarta, deh. Kalau bingung mau pilih rasa apa, cobain aja tutti frutti atau macedonia. Ini dua rasa yang paling populer!

 

2. Tretes

Sumber gambar: lokasitempat.com

Buat orang Surabaya, pelesir ke Tretes sama halnya kayak orang Jakarta yang liburan ke Puncak, Bogor. Daerah ini dianugerahi hawa dingin yang jadi magnet buat orang yang kepanasan. Nggak heran, sih, soalnya daerah ini berada di dataran tinggi, tepatnya di lereng Gunung Arjuno -Welirang.

Ada banyak air terjun indah yang bisa kamu kunjungi di sana. Selain itu, sejak zaman dulu, daerah ini udah terkenal sebagai tempat peristirahatan orang Belanda. Makanya, kalau main ke sana, kamu bakal nemuin beberapa vila peninggalan zaman kompeni. Sayang, kondisi bangunannya nggak terawat. Huhu.

 

3. Malang

Sumber gambar: Shutterstock

Meskipun Malang udah nggak sedingin dulu, setidaknya kota ini nggak akan bikin kamu heboh keringetan. Cuma berjarak 2-3 jam dari Surabaya, ada banyak hal yang bisa kamu nikmatin di kota ini selain udara sejuknya. Kamu bisa mampir ke Museum Angkut, main-main di kebun teh, seru-seruan di Jatim Park, atau kulineran sate landak dan bakso Malang . Di pusat kotanya pun, kamu bisa mendinginkan diri di Toko Oen, restoran jadul yang menjual es krim dan camilan zaman kakek-nenek kita masih kinyis-kinyis.

 

4. Ciputra Waterpark

Sumber gambar: Shutterstock

Ini, niiih, tempat main air terbesar se-Asia Tenggara! Di sini, kamu bakal lupa sama panasnya Surabaya karena ada banyak wahana air yang bisa dicobain sepuasnya. Seluncur airnya banyak banget! Tempat mendinginkan diri yang satu ini pas buat keluarga karena semua kolamnya, termasuk kolam arus, nggak ada yang terlalu dalem. Selain itu, ada ban dan baju pelampung baaanyak banget di sini. Tinggal pinjem udah bisa langsung nyebur, deh! Anak-anak bisa berenang dengan tenang dan senang di sini.

 

5. Wisata Pemandian Pacet Mojokerto

Sumber foto: wisataindonesia.co.id

Satu lagi tempat basah-basahan alami yang bisa kamu datengin pas kegerahan. Di akhir minggu, tempat ini rameee banget dikunjungi orang Surabaya. Selain pemandian air dingin, kamu juga bisa berendam di pemandian air panas belerangnya yang berkhasiat buat nyembuhin banyak penyakit. Ada juga air terjun yang bisa kamu datengin di sini, tapi hati-hati, ya, karena jalan ke sana agak menantang. Sebelah kiri jalan ada jurang menganga yang bikin hati deg deg ser.

*) panas/gerah banget.

 

Komentar