15.Aug.2019

Kapal The Octavius, Kapal Berhantu yang Bertahun-tahun Hilang Tanpa Jejak


Apa rasanya andai kalian melihat mayat yang terbujur kaku? Pasti ngeri banget, kan? Lihat satu mayat aja udah ngeri, apalagi kalau jumlahnya puluhan. Ngeri badai! Itulah yang dialami kru kapal Herald ketika mereka menemukan puluhan mayat di dalam kapal berhantu, kapal The Octavius.

0
0
0

Kisah kapal The Octavius bermula ratusan tahun silam, tepatnya pada 1761. Saat itu, kapal The Octavius berlabuh sejenak di London untuk mengambil sejumlah barang yang nantinya dikirimkan ke China. Saat itu pula, bukan hanya kru kapal yang berada di dalamnya, melainkan ada juga keluarga mereka.

Usai menyelesaikan urusan di London, kapal The Octavius melanjutkan perjalanan menuju China. Tidak ada masalah dengan perjalanan dari London ke China. Lancar jaya. Kapal mendarat dengan selamat di China. Setibanya di sana, kru kapal segera menurunkan barang-barang kiriman dari London.

Rampung sudah urusan di China. Saatnya kembali ke Inggris, ke negeri asal kapal. Di sinilah permasalahan timbul yang pada akhirnya membuat kapal The Octavius dikenal sebagai kapal berhantu. Di tengah perjalanan kembali ke Inggris, kapal The Octavius lenyap dari peredaran. Tidak ada yang bisa melacak jejak kapal tersebut. Kapal The Octavius pun dinyatakan hilang.

Sumber: https://www.factswt.com/top-10-spooky-ghost-ships-that-still-cross-the-sea/ (diambil dari https://id.pinterest.com/kellyklopp/)

Apakah kapal The Octavius benar-benar hilang? Tidak. Selang bertahun-tahun lamanya, kapal tersebut akhirnya diketemukan oleh kapal penangkap paus bernama kapal Herald. Pada 1775, kapal Herald yang tengah berlayar di Greenland, Denmark menemukan kapal layar yang kondisinya rusak berat.

Setelah dilihat lebih saksama, barulah kru kapal Herald sadar bahwa kapal yang ada di hadapan mereka adalah kapal The Octavius. Kru kapal Herald lantas masuk ke kapal The Octavius untuk memeriksa lebiih lanjut. Bisa menebak apa yang kru kapal Herald temukan? Apalagi kalau bukan mayat!

Betapa terkejutnya kru kapal Herald ketika melihat langsung puluhan mayat yang terbujur kaku. Ihhh, pasti ngeri banget, ya, secara lihat mayat gitu. Lihat satu mayat aja udah ngeri. Lha, ini ada puluhan. Iya, ada 28 mayat di kapal The Octavius. Andai kita yang berada di posisi kru kapal Herald gimana, ya? Duh, ngebayangin aja udah ngeri!

Sumber: http://www.abovetopsecret.com/forum/thread974200/pg1

Di antara 28 mayat itu, ada mayat sang kapten yang ditemukan di dalam kabinnya. Mayat sang kapten ditemukan dalam posisi duduk sambil memegan pena. Di depannya ada buku catatan perjalanan kapal atau yang biasa disebut log.

Kru kapal Herald lantas mengambil log tersebut untuk mencari tahu bagaimana sebenarnya perjalanan kapal The Octavius sampai bisa lenyap dan akhirnya terdampar di perairan Greenland. Setelah log dibaca, diketahui bahwa kapal The Octavius terjebak es di perairan Arktika yang pada akhirnya membuat seluruh penumpang kapal meninggal.

Entah bagaimana caranya, muncul dugaan kapal The Octavius berhasil terlepas dari jebakan es dan dengan sendirinya bergerak hingga ke Greenland hingga akhirnya ditemukan kru kapal Herald. Setelah ditemukan, apakah kapal The Octavius lantas diangkut? Tidak. Saking ketakutannya kru kapal Herald, mereka meninggalkan begitu saja bangkai kapal The Octavius.

Kapal The Octavius tiba di Makassar

Bukan, bukan kapal The Octavius yang sesungguhnya, melainkan kapal tiruan yang dijadikan wahana wisata horor. Pada 2016—2017 lalu, kapal The Octavius hadir di Panakkukang Square, Makassar sebagai sarana hiburan bagi masyarakat penyuka horor.

Sumber: https://makassar.merdeka.com/pariwisata/menguji-nyali-di-kapal-hantu-the-octavius-1610259.html (by Istimewa)

Di dalam kapal tiruan tersebut, pengunjung bisa melihat patung-patung kru kapal yang dibuat dalam kondisi mengerikan. Ada yang membeku, ada yang wajahnya hancur. Pokoknya serem. Untuk bisa masuk ke kapal The Octavius tiruan dan merasakan uji nyali di sana, pengunjung harus membeli tiket masuk seharga Rp20.000.

Kalian yang tinggal di Makassar, apakah pernah ada yang mencoba masuk ke kapal The Octavius tiruan?

Komentar