25.Apr.2018

Ini Dia 8 Tempat Kulineran Paling Enak yang Wajib Dicoba di Solo!


Deket sama Yogyakarta, Solo juga gak kalah menarik, lho. Kota yang tenang dan ngangenin ini juga bisa jadi destinasi kuliner yang super enak. Perlu diinget, enak itu relatif, ya, kawan. Enak menurut Mister belum tentu sedap buat kamu. Tapi, kalau mau diadu, tempat-tempat ini udah diakui banyak orang jadi tempat kulineran terenak, terlezat, ter-endeus di Solo, Jawa Tengah! Mana yang mau kamu cobain duluan?

0
0
0

1. Warung Selat Mbak Lies

sumber foto: pinstake.com

Selat bukan cuma laut yang nyempil di antara dua daratan, tapi juga makanan super enak dari Solo. Buat kamu yang belum tahu apa itu selat, biasanya makanan ini terdiri dari potongan banyak jenis sayur seperti buncis, selada, mentimun, wortel, dan sebagainya. Abis itu, sayur mayur ini dikasih irisan bawah merah, kentang, potongan daging semur, dan telur rebus. Terakhir, semuanya ini diguyur kuah yang terbuat dari campuran cuka sama kuning telur. Nah, dari sekian banyak tempat makan selat, mendingan kamu langsung melesat ke Warung Selat Mbak Lies, deh. Selain rasanya endolita, dekorasi warungnya yang nyempil di Gang II No. 42 Serengan ini unik banget dan gak buka cabang di mana pun!

2. Warung Mie SUBUR

sumber foto: food.idntimes.com

Siapa yang gak suka mie dan bakso, hayooo? Makanan favorit sejuta umat ini rasanya jadi makin mantap kalau kamu cicipinnya di Mie & Bakso SUBUR. Mister tahu kenapa dinamain Subur. Soalnya makan seporsi gak bakal cukup dan akibatnya kamu bakal nambah terus sampe badan kamu subur! (maksa banget, ya). Tenang aja, kamu bisa nambah sebanyak apa pun yang kamu mau karena harganya terjangkau banget. Bayangin, harga mie dan baksonya sejauh ini masih di bawah Rp10.000. Kalau ditambah minum, kamu cuma perlu keluar uang sekitar Rp20.000! Mantap, kan? Langsung aja dateng ke Jalan RE Martadinata di deket Pasar Gede, ya.

3. Sate Buntel Mbok Galak

sumber foto: youtube.com

Namanya aja yang galak. Rasa makanannya sih bisa mengelus-elus manja lidah kamu! Yap, sate buntel yang berwujud daging kambing cincang dibungkus lemak kambing (dibuntel) ini beda sama sate-sate lainnya. Jangan sampai kamu gak nyobain kalau lagi liburan ke Solo. Nah, kalau kamu ke Warung Mbok Galak, jangan takut-takut buat nyobain semua menu olahan kambingnya. Berlokasi di Jalan Mangun Sarkoro No. 122 Banyuanyar, warung kecintaan banyak orang ini buka dari jam 6 pagi sampai jam 4 sore. Hayo, jangan males bangun pagi, ya kalau mau ke sana!

4. Gudeg Ceker Margoyudan

sumber foto: jatik.com

Gudeg Solo gak kalah, lho, sama gudeg Jogja. Satu unsur maha dahsyat yang ngebedain keduanya adalah ceker, sodara-sodara! Mungkin banyak di antara kamu yang males nelen ceker, tapi bagi Mister, ceker itu kenikmatan duniawi. Nah, buat kamu yang penasaran, buruan dateng ke Jalan Monginsidi karena ada warung gudeg ceker seharga Rp15 ribu yang udah buka sejak tahun 1970an! Jangan harap bisa nyobain kalau kamu datengnya siang-siang karena warung ini baru dibuka jam 3 pagi! Wah, cocok banget, nih, buat anak kosan yang suka kelaperan pagi buta.

5. Tahu Kupat Solihin

sumber foto: pacarkecilku.com

Sekadar info, Solihin itu bukan nama penjualnya, melainkan nama masjid yang ada di samping tempat makan ini. Di manakah masjid Solihin? Jawabannya adalah di Jalan Gajah Mada No. 95 Banjarsari. Sebenernya, nama tempat ini adalah tahu kupat Sido Mampir, tapi banyak orang yang nyebut dengan nama Solihin juga.

Sebagaimana tahu kupat lainnya yang mengandung ketupat, mi kuning, tahu goreng, kuah kecap, dan sebagainya, kupat Solihin ini punya sesuatu yang beda. Dia sering didatengin pejabat! Mulai dari Ganjar Pranowo sampai Anies Baswedan, mereka semua pernah menikmati tahu kupat di sini. Kalau udah gini, masa kamu gak mau mampir?

6. Serabi Notosuman

sumber foto: intisari.grid.id

Berdiri sejak tahun 1923 (pegel gak tuh berdiri terus?), nama Serabi Notosuman udah terkenal ke mana-mana. Siapa yang bisa tahan sama serabi lembut dengan pinggiran renyahnya? Dengan bentuknya yang sederhana banget, serabi yang dimasak dalam tungku ini bisa bikin banyak orang tergila-gila. Ada dua rasa yang bisa kamu pilih, cokelat atau polos. Kamu bisa dapetin 10 serabi polos seharga 20 ribu atau 25 ribu buat 10 serabi cokelat. Kalau tertarik, kamu bisa dateng ke tempatnya di Jalan Mohammad Yamin No 28, ya.

7. Es Dawet Telasih Bu Dermi

sumber foto: cumilebay.com

Makanan-makanan sedap di atas wajib didampingi minuman pelepas dahaga yang mantap. Nah, kalau kamu nyari minuman yang bisa sekalian dijadiin camilan, paling enak mampir ke Pasar Gede, tepatnya ke es dawet telasih Bu Dermi. Ada semangkok es dawet dan es-es seger lainnya yang bisa kamu cobain dengan bayar Rp5 ribu doang! Wah, bisa borong banget, nih.

8. Nasi Liwet Wongso Lemu

sumber foto: wisatawan.net

Liburan ke Solo gak nyobain nasi liwet? Itu sama aja kayak sayur tanpa sayur. Terlalu hampa! Meskipun nasi liwet ada di seluruh penjuru Solo dan kota-kota lain di Indonesia, versi terbaiknya bisa kamu lahap di Warung nasi liwet Wongso Lemu yang berlokasi di Jalan Teuku Umar, Keprabon. Dulu dikelola Bu Wongso Lemu, warung yang berdiri dari tahun 1950 ini sekarang diterusin sama cucunya. Jangan tanya soal kenikmatan perpaduan nasi, ayam suwir, sayur labu, dan elemen-elemen lainnya. Bikin gak mau pulang, deh! Kamu cukup sodorin uang Rp10 - 20 ribuan dan dateng ke sini antara jam 4 sore - 1 pagi. Selamat ngiler!

Komentar