hati-hati modus penipuan mengatasnamakan mister aladin!
23.Jan.2024

Hati-Hati dengan Modus Penipuan Mengatasnamakan Mister Aladin!


 

0
0
0

Penipuan Mengatasnamakan Mister Aladin - Berbagai motif penipuan makin banyak terjadi di kalangan masyarakat terutama yang ditemui secara online dan kian hari kian canggih. Meningkatnya kasus penipuan online tidak lepas dari kecanggihan teknologi yang mendorong pelaku untuk terus memperbarui modus kejahatan. 

Salah satu contoh penipuan yang sering terjadi adalah para pelaku menggunakan nama perusahaan seperti Mister Aladin dan membuat informasi yang dibuat sedemikian rupa supaya korban percaya hingga mereka memberikan informasi pribadi sampai memberikan uang. 

hati-hati modus penipuan mengatasnamakan mister aladin!

Di bawah ini terdapat tips supaya kamu terhindar dari modus penipuan yang mengatasnamakan Mister Aladin! 

  1. Penipuan Melalui Penawaran ‘Komisi Tugas’ 

Modus ini digunakan para penipu untuk menawarkanmu pekerjaan tambahan dengan imbalan komisi dengan jumlah tertentu. Tugas ini biasanya mudah dan imbalannya terlihat menggiurkan; seperti menekan tombol like pada postingan tertentu, subscribe channel, atau berpartisipasi pada promosi tertentu. Tapi, kamu harus waspada karena biasanya kamu akan diminta untuk mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu sebagai ‘jaminan’ atau ‘biaya administrasi’. 

Penipu ini biasanya akan berjanji mengembalikan uang kamu dengan bunga lebih banyak setelah kamu menyelesaikan tugasnya, tapi kenyataannya mereka tidak mengembalikan uangmu, justru pihak korban akan kehilangan uang lebih banyak. 

Supaya kamu terhindar dari penipuan ini, segera blokir nomor yang mengirimkanmu pesan atau langsung laporkan kepada pihak yang berwajib, karena Mister Aladin tidak pernah menyelenggarakan kegiatan dengan imbalan komisi seperti di atas. 

  1. Penipuan Lewat Tautan WhatsApp atau Telegram 

Jika kamu mendapatkan pesan dari seseorang yang nomornya tidak disimpan, sebaiknya kamu harus waspada. Karena banyak sekali modus penipuan lewat aplikasi chat seperti WhatsApp atau Telegram yang membagikan tautan berbahaya.  

Kalau kamu mendapatkan pesan dengan tautan yang harus dibuka, pastikan baca dulu teks dengan cermat. Salah satu cara yang cukup efektif adalah melihat apa format tautan yang dikirimkan padamu. Biasanya format yang berakhirkan APK bisa mencuri data pribadi kamu hingga menguras rekening. 

Supaya terhindar dari penipuan ini kamu harus segera menghapus pesannya guna terhindar dari salah klik, lalu memblokir nomor yang mengirimkan pesan tersebut, dan terus berhati-hatilah terhadap tautan dari sumber yang tidak dikenal, dan hanya klik jika kamu yakin bahwa itu sah. Lebih baik aman daripada menyesal saat melindungi informasi pribadi kamu dari penipu. 

  1. Penipuan Undian Berhadiah 

Modus ini mirip dengan pengiriman tautan format APK. Bedanya para penipu akan mengirimkan kamu pesan dengan ucapan selamat sebagai pemenang sebuah undian berhadiah. Supaya lebih meyakinkan, mereka akan membuat akun palsu mengatasnamakan pihak tertentu kemudian calon korban diarahkan untuk mengklik website phishing. Dari link tersebut para penipu akan meminta calon korban untuk mengisi data diri hingga informasi kartu debit secara detail.

Supaya kamu terhindar dari jenis penipuan ini, cermati dulu isi pesan yang dikirimkan untukmu. Karena Mister Aladin tidak pernah mengadakan undian berhadiah seperti giveaway atau kuis kecuali melalui akun sosial media resmi kami. Selalu lakukan crosscheck dengan melihat postingan di akun sosial media resmi Mister Aladin.

  1. Penipuan Rekrutmen Karyawan 

Penipuan lain yang perlu diwaspadai adalah penipuan rekrutmen karyawan. Penipu dapat mengirimkan e-mail undangan wawancara kerja mengaku dari Mister Aladin.  

Namun, penting kamu ingat bahwa Mister Aladin tidak pernah berkolaborasi dengan perusahaan tertentu dalam proses rekrutmen, dan kamu hanya akan dihubungi oleh karyawan HRD dengan e-mail terkait @misteraladin.com. 

Tidak ada perusahaan yang akan meminta calon karyawan mentransfer uang untuk proses seleksi atau wawancara.  

Demi menghindari jenis penipuan ini, pastikan terlebih dahulu siapa yang mengirimkan e-mail, apakah terkait dengan alamat @misteraladin.com? Kalau tidak sebaiknya kamu diamkan saja e-mail tersebut atau segera dihapus. 

Beberapa jenis penipuan yang mengatasnamakan travel agent terpercaya kerap menggunakan iming-iming promo tiket pesawat, hotel, atau tiket tur.  

Pesan semua produk kebutuhan traveling langsung dari website resmi atau aplikasi Mister Aladin di Google Play atau App Store supaya transaksi kamu lebih aman. Hindari pihak ketiga yang menawarkan tiket pesawat atau pembelian hotel melalui e-mail, SMS, atau telepon. Tetap pesan langsung lewat website atau aplikasi resmi. 

Selanjutnya, jangan melakukan transaksi ke nomor rekening bank atas nama pribadi yang mengaku dari pihak Mister Aladin. Tolak setiap perintah pembayaran yang memintamu mentransfer uang ke rekening pribadi, dan lakukan pembayaran hanya melalui saluran pembayaran yang sama persis dengan yang tersedia di website dan aplikasi resmi untuk memastikan keamanan transaksi kamu. 

 

Selalu perhatikan situs resmi Mister Aladin untuk mendapatkan informasi terbaru atau penawaran terbaru: 

Website resmi Mister Aladin 

Promosi dari Mister Aladin 

 

Perhatikan juga akun sosial media resmi dari Mister Aladin: 

Facebook: Mister Aladin 

X (Twitter): @misteraladinID 

Instagram: @misteraladin

TikTok: @misteraladin.id 

 

Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui layanan konsumen di cs@misteraladin.com atau melalui WhatsApp di +62 8521 9550 285 

Tetap waspada terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan pihak manapun! Pesan produk traveling kamu hanya melalui website resmi atau aplikasi Mister Aladin

 

Komentar