20.Dec.2017

Butuh Inspirasi Makanan? Ini 5 Menu Khas Natal Paling Aneh di Dunia


Makin deket Natal, Mister yakin kalian yang merayakan pasti udah sibuk nyiapin semuanya, termasuk makanan. Ada yang udah sibuk manggang kue, ada yang buka-buka resep turunan keluarga, dan ada juga yang pengin praktis dengan mesen catering di tetangga. Nah, kalau selama ini menu khas Natal seputar ayam, sapi panggang, kalkun, dan kue jahe,di negara-negara berikut ini kamu bakal nemuin makanan Natal yang aneh bin unik. Berani coba?

0
0
0

1. Smalahove, Norwegia

sumber foto: imgur.com

Kepala ikan atau ayam aja udah bikin geli banyak orang, apalagi kepala domba?? Disebut Smalahove, makanan aneh satu ini dianggap normal banget sama orang-orang Norwegia. Mereka biasa makan Smalahove di malem natal. Caranya masaknya pun lumayan gampang, cuma direndam terus dikeringkan dan dikasih garam. Selesai! Hmmm.. kalau kamu ke Norwegia dan dijamu beginian, kira-kira kamu bisa nelen makanan sambil diliatin matanya yang innocent ini, gak?

2. Kentucky Fried Chicken, Jepang

sumber foto: gunaxin.com

Ini bukan bermaksud ngiklan, lho, tapi kenyataannya memang begitu! Entah gimana asal muasalnya, ayam goreng yang katanya pake bumbu rahasia ini jadi menu wajib pas Natal di negara yang mayoritas penduduknya beragama Shinto dan Buddha. Saking populernya, banyak cabang KFC buka reservasi sampai berminggu-minggu sebelumnya dan beberapa di antara mereka menyajikan paket makan super mahal yang dilengkapi layanan meja dan minuman alkohol. Widiiih, udah kayak fine dining, ya!

3. Janssons frestelse, Swedia

sumber foto: kardemummagumma.files.wordpress.com

Kok nama makanannya kedengeran kayak nama orang, ya? Yap, ternyata sajian ini dikasih nama yang sama dengan seorang penyanyi opera Swedia. Terbuat dari campuran kentang, keju parut, dan jenis ikan herring kecil, nama makanan ini ditentuin begitu aja setelah seorang koki yang memasaknya terinspirasi dari sebuah film yang populer di sana. Meskipun awalnya dimasak sama seorang ahli, Janssons frestelse jadi makanan yang bisa dimasak siapa aja.

4. Mattak dan kiviak, Greenland

sumber foto: bangalore.explocity.com

Orang Greenland ngerayain Natal dengan menu tradisional suku Inuit yang hampir gak dikenal masyarakat mana pun di seluruh dunia. Mattak adalah kulit paus mentah yang dipotong dadu. Nah, kalau Kiviak, meskipun gak mentah, cara penyajiannya juga aneh. Pertama, kulit anjing laut dilubangi buat disumpel 500 auks, burung yang wujudnya mirip penguin mini. Burung ini (beserta bulu-bulunya), dimasukkan ke dalam badan si anjing laut lalu dijahit dan dilem dengan lemak. Setelah difermentasi selama tujuh bulan, burung-burung ini dikeluarin dan disajiin langsung di atas meja! Entahlah apa maksudnya.

5. Mopane, Afrika Selatan

sumber foto: jackiefox1976.files.wordpress.com

Lupain daging ayam, sapi, atau babi kalau kamu Natalan di Afrika Selatan. Di sana, menu tradisionalnya adalah Mopane alias ulat goreng! Bukan ulat sembarang ulat, yang digoreng adalah spesies Gonimbrasia belina yang mengandung protein tinggi. Ulat ini jadi menu khas Natal karena masa "panen"-nya memang di akhir tahun. Kenapa dinamain Mopane? Sederhana, sih. Soalnya, ulat ini dikasih makan daun Mopane.

Komentar