19.May.2020

5 Tradisi Lebaran yang Harus Ditahan Tahun Ini


Menghitung hari… detik demi detik… Lho, kok malah nyanyi. Masih pada puasa nggak nih? Sebentar lagi, Ramadan akan segera berakhir, kira-kira gimana nih persiapannya menjelang lebaran? Hmmm agak sedih sih, ngomongin soal lebaran, tahun ini emang jadi tahun pertama kalinya ramadan dan lebaran dengan cara yang berbeda. Banyak tradisi saat lebaran yang harus kita tahan untuk lebaran kali ini. Kira-kira, apa aja ya? Ini dia.

0
0
0

 

1. Mudik

Pemudik Motor Penuhi Jalur Nasional Surabaya-Madiun

Sumber gambar: https://mediaindonesia.com/read/detail/166213-pemudik-motor-penuhi-jalur-nasional-surabaya-madiun

Tradisi mudik emang udah mendarah daging saat menjelang Lebaran. Mereka yang merantau ke kota sangat menanti-nanti momen Lebaran ini sebagai tempat berkumpul keluarga. Tapi sayangnya karena pandemi ini belum berakhir, kita harus bisa tahan diri untuk nggak mudik dulu. Ini dilakukan biar kita nggak nyebarin virus ke orang tua kita yang ada di kampung halaman. Jadi tradisi mudiknya diganti dulu ya. Kamu bisa tetap silaturahmi dengan cara video call.

 

2. Beli Baju Lebaran

Jangan Salah Waktu, Ini Saat yang Tepat Belanja Baju Lebaran - Seva.id

Sumber gambar: https://www.seva.id/blog/jangan-salah-waktu-ini-saat-yang-tepat-belanja-baju-lebaran/

Untuk tradisi yang satu ini biasanya kaum emak-emak nih yang paling demen. Lebaran nggak lengkap kalau nggak ada baju baru. Mister juga heran, siapa sih yang dulu mencetuskan kalau Lebaran harus pakai baju baru. Tapi sekarang tradisi beli baju lebaran ini agak sedikit berkurang nih. Lagian, kalau kamu beli baju lebaran, emangnya mau dipakai kemana? Lebaran kali ini kan kita nggak boleh kemana-mana dulu. Jadi lebih baik kita jalankan satu lirik dari sebuah lagu religi. “Baju baru alhamdulillah tuk dipakai dihari raya, tak ada pun tak apa-apa, masih ada baju yang lama.”

 

3. Sholat Idul Fitri

Niat Shalat Idul Fitri, Tata Cara dan Bacaan Lengkap Beserta ...

Sumber gambar: https://www.arrahmah.co.id/2019/06/34790/niat-shalat-idul-fitri-tata-cara-dan-bacaan-lengkap-beserta-artinya.html

Ini yang menyedihkan, pertama kalinya kita harus berlebaran tapi tanpa melakukan sholat Idul Fitri di Masjid. Sholat yang dilakukan setahun sekali ini terpaksa harus kita tahan agar bisa menerapkan physical distancing. Tapi walaupun kamu nggak bisa sholat di masjid, pemerintah udah menyarankan untuk sholat Idul Fitri di rumah. Jadi kalau bisa, kamu tetap jalankan sholatnya, ya. 

 

4. Halal bi Halal

eid ul fitr 2019 saudi arabia date لم يسبق له مثيل الصور + tier3.xyz

Sumber gambar: https://www.aklsalim.com/2016/06/aidmabrok.html

Biasanya kalau setelah sholat Idul Fitri kita akan berkeliling ke rumah tetangga atau kerabat-kerabat jauh sekali pun. Orang-orang akan berkeliling dan ada juga yang menunggu di depan rumah untuk bisa bersalaman dan meminta maaf. Tapi Lebaran kali ini, kita juga harus bisa tahan untuk nggak keluar rumah. Tahan untuk nggak ketemu banyak orang di luar sana, karena kita nggak tahu orang yang kita temui terpapar atau tidak.

 

5. Sungkeman

Kenalkan Tradisi Suami Sungkem Istri | Serba Serbi Dahlan Iskan

Sumber gambar: https://kickdahlan.wordpress.com/2013/08/08/kenalkan-tradisi-suami-sungkem-istri/

Terakhir adalah tradisi sungkeman. Beberapa keluarga biasanya menjalankan tradisi sungkeman ini kepada orang tua mereka, khususnya kepada para nenek atau kakek. Biasanya keluarga kecil akan datang berkunjung ke rumah orang tua untuk melakukan sungkeman. Nah, karena pandemi ini belum berakhir, tradisi ini kemungkinan akan dilakukan terbatas. Kita harus bisa jaga jarak, apalagi kita akan bersalaman kepada orang yang lebih tua.

 

Itulah dia beberapa tradisi yang harus kita tahan saat Lebaran di masa pandemi ini. Tetap jalankan silaturahmi jangan sampai terputus tapi tetap harus bisa jaga jarak biar kamu dan keluarga tetap sehat. Tetap pakai masker dan cuci tangan ya.

Komentar