22.Nov.2017

10 Negara dengan Jajanan Pinggir Jalan Terenak Sedunia


 

0
0
0

Jalan-jalan emang bisa bikin happy, apalagi kalau jalan-jalannya sambil makan enak. Rasa senengnya jadi meningkat dua kali lipat. Buat kamu yang suka liburan sambil ngunyah, buruan nabung dari sekarang buat jalan-jalan ke 10 negara dengan jajanan pinggir jalan terenak ini. Pulang dari sana, badan bisa melebar dengan bahagia, deh!

1. Rio de Janeiro (Brazil)

Sumber gambar: Wikipedia

Kita mulai dari negara yang terkenal sebagai jagoan sepakbola dulu, ya. Di negara ini ada pão de queijo, roti bola keju kecil yang gampang banget ditemuin di mana-mana. Rasanya? Nggak usah ditanya, langsung makan aja. Enaknya kebangetan! Berhubung kota ini ada di daerah pantai, jangan heran kalau ada penjual sate udang, roti goreng yang gurih, sampai keju panggang yang berjejer di sepanjang pantai. Pengin cari yang seger? Tersedia juga buah acai yang disajiin dalam mangkuk besar, nyaris sebesar kepala kamu!

2. Istanbul (Turki)

Sumber gambar: midwestoutdoors.com

Kebab cuma salah satu dari sekian buanyaaak kuliner khas Turki. Selain Dondurma, es krim  yang bikin pembeli harus berkali-kali berusaha ngerebut cone dari si penjual, kota Istanbul juga punya balik ekmek. Ini adalah sandwich yang diisi ikan mackerel, sayur-sayuran, bawang bombay, dan air perasan lemon. Rasanya jadi gurih-gurih seger gitu, deh. Ada juga kokoretsi alias usus domba, pizza setipis lembaran uang bernama lahmacun dengan topping daging domba, sapi, dan merica, dan masih banyak lagi. Yang jelas, penggemar daging bakal bersuka cita di kota yang satu ini.

3. Reykjavik (Islandia)

Sumber gambar: Shutterstock

Ternyata Islandia nggak cuma terkenal dengan musik-musiknya yang bernuansa surreal, tapi juga dengan jarins Beztu Pylsur yang berarti hot dog terenak sejagat raya. Hot dog ini udah dapet pengakuan buku Michelin Guide, lho! Hot dog mereka adalah hasil racikan roti, daging domba, bawang Bombay goreng, dan olesan remoulade, saus asal Prancis yang bikin si hot dog jadi makin ngemanjain lidah. Sekali nyoba hot dog di Islandia, kamu bakalan males ngelirik hot dog di tempat lain.

4. Portland (Amerika Serikat)

Sumber gambar: Wikipedia

Apa makanan favorit kamu? Apa pun jawabannya, kayaknya kamu bisa nemuin semuanya di Portland. Hot dog khas New York, makanan halal, burger foie gras, makanan khas Thailand, burritos, ayam tandoori, lobster gulung, kari khas Mauritius, sampai masakan Ethiopia, semua bisa kamu temuin di satu wilayah. Harganya di bawah 10 dolar semua pula! Jadi, kalau kamu males wisata kuliner ke banyak tempat, mending ke Portland aja dan sediain waktu beberapa hari buat nyicipin semua jajanan pinggir jalan di sana.

5. Osaka (Jepang)

Sumber gambar: Wikipedia

Kalau ngomongin Jepang, ada banyak hal yang bikin kita takjub sama negara ini, nggak terkecuali makanannya. Sekalipun cuma jajanan pinggir jalan, makanan di Jepang selalu dikemas dengan menarik dan indah. Bukan cuma bisa jajan onigiri dan sebagainya lewat vending machine, tapi kamu juga bisa nikmatin seafood segar di pasar ikan. Sashimi, kerang mentah, dan nigiri roll di sini nggak tertandingi tempat mana pun! Belum lagi ada tukang jualan taiyaki, okonomiyaki, takoyaki, sampai warung udon yang bisa kamu nikmati sambil berdiri.

6. Seoul (Korea Selatan)

Sumber gambar: Shutterstock

Melipir sedikit ke tetangganya Jepang, ada Korea Selatan yang nggak mau kalah soal makanan enaknya. Di Seoul, kamu bakalan kenyang sepanjang waktu dengan jajanan pinggir jalan yang berderet di distrik Myeong-dong. Butuh rekomendasi? Jangan sampe kamu nggak melahap ddeokbokki (kue beras berbumbu), odeng (sate ikan goreng yang dicelup ke kuah), hotteok (kue dengan topping brown sugar, kacang, dan wijen), sampai gamja hot dog (hot dog yang dibalur kentang goreng) Kalau kamu ke sana saat musim dingin, biaya makan kamu dijamin meningkat dua kali lipat!

7. Shanghai (China)

Sumber gambar: Shutterstock

Dumpling khas Shanghai kelezatannya emang udah mendunia. Di sepanjang jalan kota ini, kamu bisa nemuin dumpling yang digoreng, direbus, sampai diberi kuah. Ada juga xialongbao, liu shao bao (roti isi telur bebek), sate gurita, hingga stinky tofu alias tahu bau buat kamu yang pengin nyobain makanan yang agak ekstrem. Bingung makan apa buat sarapan selama liburan di sana? Cobain aja kue dadar daun bawangnya yang pastinya gampang banget ditemuin di mana-mana.

8. Mumbai (India)

Sumber gambar: Shutterstock

Kalau liburan ke Mumbai, pasti bakalan susah nolak kenikmatan samosa. Apa itu samosa? Ini adalah pastri goreng berbentuk segitiga yang diisi kentang rebus berempah, kacang kapri, bawang Bombay, daun ketumbar, dan banyak rempah lainnya. Biar makin sedap, makannya harus dicocol ke chutney yang terbuat dari daun mint, daun ketumbar, atau asam jawa. Buat kamu yang nggak vegetarian, isinya bisa diganti daging domba. Selain samosa, masih ada nasi biryani dan berbagai macem kebab yang pastinya endang bambang alias enak banget.

9. Ho Chi Minh (Vietnam)

Sumber gambar: Wikipedia

Meskipun belum sepopuler Thailand, kuliner di Vietnam, khususnya Ho Chi Minh, nggak bisa dipandang sebelah mata. Kelezatan pho di sana udah melegenda. Pho adalah mie dengan kuah yang dikasih kaldu yang dimasak semaleman dan dilengkapi potongan daging sapi, ayam, atau babi. Selain pho, Ho Chi Minh juga punya banyak variasi daging bakar, sup kepiting, hingga roti ala Prancis yang bisa diisi banyak sayuran dan daging. Masih kurang kenyang? Ada banh xeo, kue dadar dari tepung beras yang diisi irisan daging babi, udang, irisan bawang, dan tauge. Banh xeo sendiri berarti kue yang  berdesis, karena dia mengeluarkan suara berdesis saat dibuat. Hmm.. betapa nikmatnya jajan di kota yang satu ini!

10. Bangkok (Thailand)

Sumber gambar: hot-thai-kitchen.com

Naaah, ini dia gongnya! Bangkok emang ideal banget jadi tujuan wisata kulinernya orang-orang Indonesia. Selain lokasinya yang tetanggaan sama negara kita, kota ini juga punya banyak jenis jajanan pinggir jalan super enak yang harganya murah. Ada pad thai yang wujudnya mirip bihun goreng di sini, bebek dan ayam panggang yang bumbu menteganya meresap sampai ke tulang, sampai rasa asam gurihnya tom yum yang bikin ketagihan. Ada juga thai tea dan mango sticky rice yang manis dan cocok banget buat dinikmatin pas cuaca panas. Rasanya nggak bisa disamain sama resto-resto Thailand yang ada di sini, deh.

Komentar