08.Jul.2015

Beribadah Sambil Berwisata di Masjid Agung Jawa Tengah


Masjid Agung Jawa Tengah berdiri megah di lahan seluas 10 HA. Masjid yang diresmikan oleh mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 November 2006 ini terdapat di Kota Semarang, tepatnya di Jalan Gajah Raya No. 128, Sambirejo, Gayamsari, Semarang.

0
0
1

 

DJI_0037

Sumber: https://widiutami.com/gambar/masjid-agung-jawa-tengah/

Di balik megahnya bangunan Masjid Agung Jawa Tengah ini terdapat filosofi yang menarik untuk disimak. Diantaranya adalah ketika memasuki gerbang masjid, pengunjung akan disambut oleh 9 air mancur yang memiliki makna 9 Walisongo lalu ke dalam lagi ke arah barat akan menemukan 5 air mancur yang menunjukan bahwa ada 5 rukun iman dalam Islam. Tak hanya itu, terdapat juga sebuah pelataran dengan gerbang yang menyerupai koloseum asal Roma bernama Al Qonatir. Pada gerbang ini terdapat 25 lengkung yang mengingatkan pada 25 nabi dalam Islam.

Masjid terbesar di Jawa Tengah ini memiliki arsitektur percampuran antara Jawa, Islam dan Romawi. Bangunan utama masjid baratapkan limas yang merupakan bangunan khas Jawa, namun bagian ujungnya dilengkapi dengan kubah besar ditambah dengan 4 menara di tiap penjuru. Gaya Romawi terlihat dari bangunan 25 pilar di pelataran masjid. Pilar-pilar bergaya khas koloseum romawi dengan hiasan kaligrafi yang menawan.

 

Masjid Agung Jawa Tengah | The Great Mosque of Central Java … | Flickr

Sumber: https://www.flickr.com/photos/32279775@N02/7849756278

Selain sebagai tempat ibadah dan pusat kegiatan Islam di Jawa Tengah, Masjid Agung Jawa Tengah dipersiapkan sebagai objek wisata religius. Terbukti dengan lengkapnya penunjang fasilitas yang mendukung, seperti penginapan, kios oleh-oleh, toilet umum dan kantin.

Daya tarik dari Masjid Agung Jawa Tengah ini adalah menara Al Husna yang tingginya 99 meter. Bagian dasar menara ini terdapat studio radio Dais, sedangkan di lantai 2 dan 3 digunakan sebagai museum kebudayaan Islam. Yang menjadi tempat istirahat favorit para pengunjung adalah lantai 18, di mana terdapat kafe muslim yang bisa berputar 360 derajat, dan di lantai 19 di mana ada area menara pandang yang dilengkapi 5 teropong untuk melihat pemandangan Kota Semarang.

 

23 Tempat Wisata di Semarang yang Kekinian dan Wajib Dikunjungi

Sumber: https://mamikos.com/info/23-tempat-wisata-di-semarang/

Pelataran masjid yang luas dan asri ini digunakan oleh masyarakat sekitar ataupun pengunjung dari luar kota untuk beraktifitas sosial sambil mendengarkan siraman rohani yang terdengar jelas di sekitar masjid. Jika berkunjung ke Semarang, sempatkan untuk mendatangi Masjid Agung Jawa Tengah untuk menikmati salah satu masjid di Indonesia dengan segala pesonanya.

 

 

Komentar

sebuah informasi yang sangat inovatif dan merupakan sebuah ide yang menarik untuk dipelajari, dan saya sangat senang dengan tulisan anda yang membuat saya selalu belajar dan belajar, terima kasih atas ide dan kreasinya!