asal usul mooncake
06.Feb.2019

Asal Usul Mooncake, Kue Khas Tionghoa yang Wajib Ada Saat Imlek


Asal usul mooncake, kue yang wajib ada setiap Imlek ini ternyata masih membuat sebagian masyarakat Indonesia penasaran. Selain serba-serbi warna merah dan pertunjukan barongsai, biasanya mooncake ini mulai banyak dijual di pasaran atau pertokoan, nah saat itulah pertanda kalo imlek bentar lagi tiba.

0
0
0

Yup! Kue bulan yang hampir mirip kue pia ini bakal menghiasi supermarket, pasar, dan mall saat Tahun Baru China menjelang. Buat masyarakat Indonesia yang merayakannya, pasti penasaran dong gimana sih asal usul mooncake ini? Yuk simak ulasan Mister berikut ini.

Asal Usul Mooncake, Tradisi Persembahan untuk Leluhur di Musim Gugur

asal usul mooncake

Sumber foto: www.newportccc.com

Menyantap dan membagikan mooncake saat Imlek tiba emang udah jadi tradisi turun temurun yang diwariskan oleh leluhur orang-orang Tionghoa. Bentuk asli kue ini adalah bulat dan mirip sama kue bakpia. Dalam bahasa Hokkian, kue khas China itu dikenal dengan sebutan gwee pia atau tiong ciung pia

Di negeri asalnya, China, mooncake ini disajikan untuk leluhur di musim gugur, tradisi persembahan dan penghormatan pada leluhur di musim gugur ini udah turun temurun dilakukan oleh masyarakat Tionghoa. Pastinya dengan mooncake sebagai sajian utamanya.

Asal usul mooncake

Sumber foto: www.minumkopi.com

Selain persembahan kepada leluhur sebagai ucapan terima kasih, ternyata asal mooncake ini punya kisah lain. Konon dulu Bumi dikelilingi oleh 10 matahari. Suatu hari ke 10 matahari bersinar bersamaan dan membuat bumi kekeringan hebat. Lalu, seorang pemanah bernama Hou Yi berhasil memanah sembilan dari 10 matahari yang membuat bumi panas dan kekeringan.

asal usul mooncake

Sumber foto: www.finedininglovers.com

Atas pekerjaan tersebut, Dewi Surga Barat memberikan hadiah pil keabadian buat Hou Yi. Terus katanya, seseorang memaksa Chang Er untuk ngasih pil keabadian itu. Karena menjaga amanat suaminya, ia meminum pil tersebut. Siapa sangka, pil ini ternyata membuat Chang Er terbang ke bulan. Untuk menghormati pengorbanannya tersebut, dibuatlah kue bulan.

Nah itulah yang menjadi asal usul mooncake dari masyarakat China kuno yang selalu ngasih persembahan makanan dan buah-buahan untuk Dewi Bulan, salah satunya adalah Kue Bulan yang wajib ada saat perayaan Imlek ini. Kue bulan ini awalnya identik dengan isi kacang merah, kacang hijau, cokelat, serta keju. Tapi, seiring majunya dunia kuliner, kini varian mooncake ini makin beragam dengan isi yang unik. Ada yang dipakein isian daging, ikan, durian hingga es krim. Soal rasa, tergantung selera kamu lebih nikmat yang mana, yang pasti di suasana Imlek ini kamu wajib coba kue bulannya.

Baca juga: Beberapa Makanan Pembawa Keberuntungan yang Wajib Ada Saat Imlek

Komentar