20.Mar.2020

Air Terjun Kapas Biru, Sang Primadona Lumajang


Ngaku pecinta alam? pasti familiar dengan kota ini. Kota Lumajang, kota yang kaya dengan keindahan alamnya. Lumajang punya paket komplit untuk destinasi wisatanya. Mulai dari gunung, gua, danau, hingga pantainya yang sangat memikat nggak boleh dilewati begitu saja bagi pecinta alam. Nah, kali ini Mister mau kasih tahu kalau di Lumajang ada air terjun yang sudah jadi primadona sejak 2015. Namanya Air Terjun Kapas Biru.

1
0
0

 

Image result for air terjun kipas biru

Sumber: https://kurio.id/app/articles/9565842

Mengapa namanya Kapas Biru? Sesuai dengan bentuknya, karena debit airnya yang sangat besar hingga menimbulkan percikan air yang terlihat kebiruan maka warga setempat menamakannya Kapas Biru. Memiliki ketinggian 100 meter dengan debit air yang cukup besar, kamu bisa basah karena air cipratannya. Airnya berasal dari Sungai Besukbang dan Sungai Lengkong. Kalau kamu ke sana, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan air yang keluar dari sela-sela tebing kemerahan. Kokohnya tebing dengan air lembut di tengahnya membuat Air Terjun Kapas Biru nggak kalah dari air terjun lainnya yang ada di Lumajang. Sangat eksotis. Tapi kamu harus hati-hati dan nggak boleh berada tepat di jatuhnya air ya.

Letaknya berada di Dusun Mulyoharjo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Berjarak sekitar 51 km dari pusat kota Lumajang dan 70 km dari kota Malang. Cukup jauh memang, kalau kamu berangkat dari pusat kota Malang. Tapi kalau kamu mau istirahat dulu setelah naik kereta, kamu bisa lho menginap dulu di hotel yang ada di sekitar Lumajang, nanti Mister akan bantu.  Tapi kalau kamu mau lanjut ke air terjun ini, kamu bisa naik kendaraan dengan mengikuti rute Turen-Dampit-Ampelgading yang kemudian masuk ke daerah Pronojiwo. Kalau sudah sampai di Pronojiwo, kamu tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Air Terjun Kapas Biru.

 

Image result for air terjun kipas biru

Sumber: https://travelingyuk.com/air-terjun-kapas-biru/91987/

Jaraknya memang cukup jauh bahkan dari pintu masuk. Kamu harus berjalan sekitar 1 km lagi untuk bisa melihat indahnya Air Terjun Kapas Biru ini. Tapi kamu nggak perlu khawatir, pengelolaan disana sudah cukup baik, kok. Mulai dari tempat parkir, warung, kamar mandi, hingga mushola sudah tersedia. Walaupun akses menuju lokasi cukup ekstrim, warga sekitar sudah membuat pijakan di jalan setapaknya. Jadi kamu nggak perlu takut tergelincir kalau menelusuri jalan setapak di sana. Tentunya kamu akan disuguhkan pemandangan indah saat berjalan selama 30 menit menuju lokasi. Untuk harga tiket masuknya sendiri, kamu hanya membayar Rp7.000 untuk satu orang. 

Jadi gimana, tertarik untuk datang ke Air Terjun Kapas ini? Kalau kamu mau mengeksplore wisata di Lumajang, kamu juga bisa lho datang ke tempat wisata yang ada di sekitar air terjun Kapas Biru ini. Kamu bisa banget mengunjungi tempat lainnya seperti Air Terjun Kabut Pelangi, Goa Tetes, dan yang paling terkenal ada Niagara Mini Tumpak Sewu. Yuk liburan!

Komentar