01.Nov.2018

7 Fakta Soal Setan yang Jadi Rebutan Malaysia dan Indonesia


Soal klaim-mengklaim budaya atau daerah, Malaysia dan Indonesia udah akrab banget. Entah berapa kali warga dari dua negara ini berantem rebutan rendang, reog, sampai Lucinta Luna di dunia maya.

0
0
0

Nah, ternyata urusan ini juga sampai ke ranah mistis, lho. Buktinya aja Indonesia dan Malaysia sama-sama kenal Kuntilanak atau Pontianak! Terlepas dari mana asal si mbak, yuk kita bahas 7 fakta soal setan yang jadi rebutan Malaysia dan Indonesia ini.

1. Jauh berarti dekat, dekat berarti jauh

sumber foto: pexels.com

Inilah kehebatan kuntilanak: melawan rumus Fisika. Kalau kita nyetel radio, udah pasti suaranya makin kecil kalau kita keluar kamar. Nah, begitu nempelin kuping di speaker, suaranya tambah keras. Ketentuan kayak gini gak berlaku buat kuntilanak. Kalau ketawanya keras banget, berarti doi lagi jauh dari kamu. Begitu dia terkikik pelan, siap-siap baca ayat suci atau kabur. Bisa jadi dia ada di belakang kamu!

2. Bisa teleportasi

sumber foto: character-stats-and-profiles.wikia.com/wiki/Teleportation

Lupain ojek online, KRL, atau transportasi lainnya. Kecepatan terbang kuntilanak bikin Valentino Rossi minder. Selain itu, kalau pengen lebih cepet lagi, mbak kunti bisa pergi ke mana pun dia mau hanya dalam satu kedipan mata kamu. Sebentar di atas pohon, sedetik kemudian udah di tanah. Bukan cuma hemat ongkos, keahlian setan yang jadi rebutan Malaysia dan Indonesia ini juga sanggup bikin orang ngeri.

3. Hobi “ngekos” di puing-puing atau bangunan kosong

sumber foto: pexels.com

Inilah alasan kenapa bangunan kosong jadi angker. Ditempatin kuntilanak dan temen-temennya, sih! Spot favorit kuntilanak biasanya di kamar mandi, bawah tangga, pojok ruangan, atau mana pun yang lembap, basah, dan tertutup. Makanya, kalau ada rumah yang bakal kosong dalam waktu lama, usahain selalu dibersihin dan rutin direnovasi. Kecoak hilang, kuntilanak pun kabur terbang.

4. Takut benda-benda tajam

sumber foto: pexels.com

Sebenernya agak lucu kalau mereka takut sama gunting, jarum, peniti, ataupun paku. Kan, mereka bisa nembus benda padat! Tapi begitulah yang diyakini kebanyakan orang. Kalau kita taruh benda tajem deket kita atau bayi baru lahir, kuntilanak bakal ogah deket-deket. Selain itu, kalau mau melumpuhkan mereka, tancepin aja paku ke ubun-ubun atau tengkuk mereka. Selamat mencoba!

5. Yang merah lebih sangar

sumber foto: pexels.com

Ternyata kuntilanak ada tiga jenis: berbaju putih, hijau, dan merah. Kuntilanak putih lebih suka ketawa-ketawa iseng dan ngikutin orang. Kuntilanak hijau lebih suka nongkrong di tempat tinggi tanpa gangguin manusia (meskipun mukanya aja udah ganggu banget). Naaah, masalahnya ada di kuntilanak merah, nih! Jenis inilah yang paling jahat dan suka cari ribut. Mereka adalah kepala geng kuntilanak karena kekuatannya paling besar  dan sanggup nyakitin manusia.

6. Suka sama pohon waru doyong

sumber foto: jurnalasia.com/ragam/pohon-waru-teduh-dan-rindang/

Sebenernya sih kuntilanak gak terlalu pilih-pilih pohon. Pisang atau nangka, semuanya oke. Namun, orang Jawa dulu percaya mbak kunti milih pohon waru yang doyong alias miring untuk jadi markas. Apa alasannya? Yaaa, karena kalau miring, duduknya jadi lebih santai. As simple as that! Makanya, orang Jawa terbiasa motong atau nebang pohon yang tumbuhnya miring, supaya kuntilanak gak mengklaimnya jadi tempat nongkrong.

 7. Suka nangis dan ketawa berbarengan

sumber foto: pexels.com

Biasanya, masa-masa senang dan sedih dateng bergantian. Namun, menurut mbak kunti, kenapa harus gantian kalo bisa barengan? Bukankah hidup ini sebuah paradoks? (halah).

Yap, begitulah pengakuan orang-orang yang pernah denger suara kuntilanak. Mereka bisa ketawa cekikikan terus nangis tersedu-sedu. Entah apa penyebabnya, mungkin mereka pinter menyembunyikan tangis dalam senyumannya. Itulah fakta setan yang jadi rebutan Malaysia dan Indonesia ini!

Baca juga: Sejarah 8 Hantu Paling Seram di Indonesia

Komentar