12.Jan.2017

6 Suku di Indonesia yang Dipercaya Punya Ilmu Hitam Paling Mengerikan


Indonesia memang udah makin modern, tapi nggak bisa dipungkiri kalau mistisnya juga tetep kuat. Percaya nggak percaya, masih banyak orang bergantung sama ilmu sihir buat nyelesain "urusan sehari-hari" kayak ngasih pengobatan, minta rejeki, minta jodoh, sampai bales dendam. Nah, di antara sekian ratus suku yang ada di negeri kita tercinta ini, 6 suku berikut susah ditandingin deh kalau udah menyangkut ilmu hitam. Jampi-jampi mereka paling bikin ngeri!

0
0
0

1. Suku Badui, Banten

sumber foto: hipwee.com

Makin lama suku Badui memang makin terbuka sama masyarakat luar, tapi urusan yang gaib-gaib tetep mereka lestarikan. Kalau ngomongin soal ngeramal masa depan, pelet, santet, debus, bahkan ilmu kebal senjata, banyak orang yang berguru ke daerah ini, termasuk para penjahat. Mau kebal senjata api atau senjata tajem, semua ada kursusnya! Jangankan bisa ngedatengin malapetaka buat orang di luar suku, orang badui sendiri juga bisa kena batunya kalau coba-coba bikin masalah. Nggak percaya? Mister kasih contoh, ya. Kalau ada orang badui yang berani ngelanggar adat-istiadat, misalnya naik kendaraan pas bepergian dan bukannya jalan kaki, dijamin mereka bakal langsung kena sakit misterius! Eh, meskipun ilmu hitamnya sangar, tapi mereka suku yang ramah dan kalem banget, kok. Pokoknya selama nggak nyenggol, nggak akan ada golok yang melayang.

2. Suku Asmat, Papua

sumber foto: superadventure.co.id

Sanggup nemuin barang ilang dan bisa datengin ujan petir cuma contoh dari sekian banyak ilmu yang dimiliki suku ini. Selain menghormati banget leluhur mereka yang dipercaya tinggal di alam gaib tempat matahari terbenam, suku Asmat juga pantang dibikin tersinggung. Sekali mereka marah, siap-siap aja kamu bakal dikirimin "hadiah" berupa sakit misterius, miskin mendadak, kecelakaan, dan masih banyak lagi. Sihir ini juga jadi cara mereka buat ngejaga alam sekitar supaya nggak dirusak orang. Bagi mereka, ngerusak alam sama aja artinya dengan ngerusak tempat tinggal dewa-dewa mereka. Waduh, mending damai dan banyak berdoa aja, deh, daripada bikin masalah sama mereka!

3. Suku Jawa di Banyuwangi

sumber foto: soeryonopost.blogspot.co.id

Udah lama Banyuwangi punya reputasi sebagai "markas"nya dukun santet super sakti. Saking kentalnya kabar santet di sana, pernah terjadi Tragedi Santet Banyuwangi di tahun 1998 yang menewaskan ratusan orang. Orang-orang itu dibunuh dengan sadis (ada yang sampai dipenggal terus diarak keliling kota, lho!) karena dianggep dukun santet. Waduh, emang segitu canggihnya ilmu gaib mereka? Jawabannya: ya. Mereka bahkan ngebagi santet jadi empat jenis. Ada santet hitam buat bales dendam sampai si musuh meninggal, santet merah buat bales dendam tapi nggak sampai bikin orang tewas, santet kuning buat bikin orang lain jadi suka, dan santet putih buat ngelancarin usaha. Hayo, mau pilih yang mana?

4. Suku Batak, Sumatera Utara

sumber foto: tobatabo.com

Nggak semua suku Batak masih praktekin sama ilmu hitam, sih, tapi rupanya tahun 2006 kemarin perwakilan dari suku ini dinobatin jadi ketua paranormal sedunia di Jerman, mengalahkan suku Voodoo dari Haiti! (Mister harus tepuk tangan, nggak buat prestasi ini?) Sampai sekarang, masih ada orang-orang dari suku Batak yang akrab sama Begu Ganjang. Makhluk halus yang berarti Setan Panjang ini bentuknya memang mirip orang dengan tangan dan kaki super panjang. Mereka biasa jadi piaraan orang yang disebut Par Begu Ganjang. Makhluk ini ditakutin banget karena mereka dipercaya bisa nyabut nyawa. Siapa pun yang ngeliat sosok mereka dipercaya bakal meninggal beberapa hari kemudian. Biasanya, Par Begu Ganjang ngirim makhluk ini buat ngedatengin orang yang nggak mereka suka. Tujuannya apa lagi kalau bukan buat bikin mereka ilang dari dunia ini?

5. Suku Kajang, Sulawesi Selatan

sumber foto: boombastis.com

Suku yang tinggal di pedalaman Kabupaten Bulukumba ini percaya kalau mereka tinggal di Tana Toa (tanah tertua) yang pertama kali diciptain oleh Tuhan bumi. Suku yang suka banget pakai baju serba hitam ini sebenernya bijak banget, lho. Warna hitam sendiri mereka pilih buat melambangkan kesederhanaan, kesetaraan, dan kematian yang sewaktu-waktu bisa dateng. Meskipun terkesan kalem, ilmu doti kajang mereka bisa bikin siapa pun geter. Selain bisa ngilangin nyawa orang, mereka juga jago praktekin ilmu kebal dan bisa ngelembekin kepala orang jadi mirip dodol. Hayo, siapa yang sebel sama orang keras kepala? Langsung aja minta dibikin kenyal sama suku Kajang, ya!

6. Suku Dayak, Kalimantan Timur

Naaah! Kalau ngomongin sihir hitam, nggak bisa deh nggak ngomongin suku Dayak. Cerita soal kemampuan mereka ngirim guna-guna dan pelet udah menyebar ke mana-mana. Salah satu ilmu magis mereka yang paling terkenal tuh mandau terbang. Senjata tradisional suku Dayak ini bisa dikendalikan dari jauh (bukan, bukan pakai remote control) buat nyerang lawan atau ngelindungin kawan. Jadi, kalau orang Dayak punya musuh, mereka nggak perlu capek ngejar mati-matian musuh mereka. Kenapa? Karena mandau bisa melesat terbang sendiri buat nebas kepala si musuh!

Mereka juga sering ngirim mandau-mandau terbang buat ngelindungin orang yang mereka anggap kawan supaya bisa jalan dengan aman menyusuri hutan. Wuih, keren! Selain jangan bikin orang Dayak marah, mending jangan sampe juga kamu bikin mereka naksir. Ramuan buluh perindu mereka udah terkenal bikin siapa pun kena sihir cinta, bahkan sampai bikin lupa sama istri/suami sendiri. Oh iya, buat para laki-laki yang berani selingkuh, alat vital mereka juga bisa ngilang misterius dan mendadak muncul di dalem toples! Duh, ngilu...

Komentar