22.Aug.2023

6 Makanan Enak yang Gak Boleh Kamu Lewatin di Filipina


 

0
0
0

Makanan Enak di Filipina - Sama kayak negara-negara lainnya di Asia, Filipina juga punya kuliner khas yang menarik buat dicoba. Apalagi bumbu-bumbuan dan bahan makanannya yang mirip-mirip sama Indonesia, bikin makanan-makanan di sini masih terbilang cocok buat lidah kita. Nah, kalau kamu kebetulan lagi liburan di Filipina, jangan sampai ketinggalan buat nyobain makanan-makanan di bawah ini, ya!

1. Buko Pie

Sumber gambar: Wikipedia

Buko dalam Bahasa Tagalog artinya kelapa. Dengan kata lain, Buko Pie adalah pie yang bahan dasarnya terbuat dari buah kelapa. Camilan ini adalah snack wajib orang-orang Filipina. Walaupun Buko Pie terenak ada di Cebu, tapi makanan ini bisa kamu temuin di seluruh penjuru Filipina, kok. Enak banget kalau dimakan pas baru mateng! Anget-anget, pas digigit ada bunyi 'kres' dari crust pie-nya, terus dalemnya manis dan daging kelapanya kenyel-kenyel lembut. Sumpah, enak luar biasa!

2. Halo Halo

Sumber gambar: Shutterstock

Halo Halo ini mirip sama es campur di Indonesia. Cuma isinya aja yang lumayan beda. Bahan utamanya tetep sama: es serut dan susu kental manis. Topping-nya beragam banget, mulai dari kacang merah, jelly kelapa, ubi, manisan buah, es krim, nangka, sampai taburan gula merah yang diserut.

3. Chicken Adobo

Sumber gambar: Shutterstock

Saking enaknya Chicken Adobo, makanan ini gak pernah lupa disebut sama warga Filipina kalau ditanya makanan rekomendasi mereka. Sama kayak masakan lainnya, Chicken Adobo bisa berbeda resep dan isinya, tergantung siapa yang masak dan selera orang yang makan. Tapi pada dasarnya Chicken Adobo selalu dibuat dari ayam (bisa juga daging babi atau seafood) yang dimasak dengan kecap, cuka masak, dan bawang putih. Rasanya kaya banget! Paling enak dimakan sama nasi putih panas-panas.

4. Kare Kare

Sumber gambar: maggi.ph

Kamu tau gak kalau ada beberapa kata dalam Bahasa Tagalog yang sama dengan Bahasa Indonesia, lho. Salah satunya adalah kare. Kalau di sini kita cuma nyebut makanan ini dengan nama kare, di Filipina kata kare-nya disebut dua kali jadi Kare Kare. Hehe unik juga, ya. Isi dan rasanya lumayan sama kayak kare di sini, tapi kuah karenya lebih kental dan dicampur sama kacang tumbuk. Udah gitu Kare Kare isinya lebih banyak sayur, kayak sawi, kacang panjang, kol, dan terong ungu.

5. Sisig

Sumber gambar: tasteatlas.com

Selain Chicken Adobo, Sisig ini juga merupakan salah satu makanan paling terkenal se-Filipina. Jangan eneg dulu, ya, dengernya. Sisig aslinya dibuat dari hati dan daging kepala babi yang dibumbuin sama beragam jenis rempah. Tapi kalau kamu gak suka atau gak bisa makan daging babi, Sisig ini juga bisa dibuat dari daging sapi, kambing, ayam, atau bahkan ikan. Rasanya sama enaknya, kok!

6. Sinigang

Sumber gambar: Shutterstock

Ujan-ujan, dingin, berangin, enaknya makan Sinigang. Makanan berkuah ini dibumbuin sama tamarind atau bisa juga tomat, atau jeruk nipis. Makanya rasanya asem-asem, gurih, seger, gimanaaa gitu. Isinya beragam jenis sayuran dan daging (bisa daging babi, sapi, ayam, atau ikan). Beneran, deh, anget kuahnya bisa bikin hati galau jadi ceria!

Komentar

Tinggalkan Komentar: