22.Oct.2020

5 Wisata Horor di Indonesia yang Patut Kamu Kunjungi Setelah Pandemi


Berkunjung ke tempat-tempat yang menantang nyali dan menyeramkan menjadi salah satu cara seru untuk mengisi liburan kamu selanjutnya. Apalagi kalau kamu berkunjung ke wisata horor yang memang sudah terkenal karena hal mistis di dalamnya.

0
0
0

 

Destinasi wisata di Indonesia memiliki berbagai macam. Ada yang menawarkan keindahan, keunikan, dan ada yang menguji adrenalin. Ada banyak wisata yang menawarkan pengalaman tidak biasa, seperti berkunjung ke tempat wisata horor di Indonesia. Wisata horor bisa menjadi pilihan untuk menambah pengalaman traveling kamu. Berikut ini rekomendasi yang bisa kamu coba.

1. Desa Trunyan

FOTO: Kuburan Desa Trunyan Bali Tradisi Pemakaman Warisan Leluhur – Motret Lagi!

Sumber gambar: https://motretlagi.photo.blog/2020/03/06/kuburan-desa-trunyan-bali-tradisi-pemakaman-warisan-leluhur/

Pada umumnya orang yang sudah meninggal dunia akan dimakamkan di dalam tanah. Tapi tidak pada desa Trunyan ini. Orang yang sudah meninggal akan diletakkan begitu saja di permukaan tanah. Namun yang bikin mengejutkan adalah tidak adanya aroma menyengat atau busuk dari jenazah tersebut. Aroma yang tercium dari mayat tersebut justru harum. Diyakini oleh masyarakat setempat kalau aroma yang menyegat tersebut diserap oleh pohon Taru Menyan yang berada di tengah tanah Makam. Ketika kamu berkunjung ke wisata Desa Trunyan yang berdekatan dengan danau Batur ini, kamu nggak usah kaget saat melihat bambu kurungan yang berisi mayat.

 

2. Pantai Parangkusumo

Going Home... | Parangkusumo Beach, Yogyakarta - Indonesia | budisoemitro | Flickr

Berbicara tentang hal mistis, konon katanya Pantai Parangkusumo, Bantul merupakan gerbang masuk menuju istana ratu laut selatan, Nyi Roro Kidul. Tidak ada yang menyangka dengan ke eksotisnya ternyata pantai ini merupakan pantai yang memiliki banyak hal mistis menghubungkan dunia dengan kerajaan pantai selatan. Selain itu, Pantai Parangkusumo juga menjadi tempat dilaksanakannya ritual-ritual adat.

 

3. Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang - Dani Setiawan | danisetiawanku.com

Sumber gambar: http://www.danisetiawanku.com/2016/08/lawang-sewu-semarang.html

Terletak di kota Semarang, Jawa Tengah tempat wisata bersejarah sekaligus ikon kota ini merupakan bangunan tua peninggalan zaman penjajahan. Berdiri sejak 1904, bangunan ini tampak kokoh dan bersih karena rutin dirawat. Pada masa penjajahan dulu, bangunan ini merupakan sebuah kantor administrasi Indische Spoorweg Maatschappij (NIS), sebuah perusahaan kereta api asal Belanda dan pada masa penjajahan Jepang, bangunan ini beralih fungsi menjadi penjara. Asal mula lawang sewu dikarenakan memiliki sekitar 429 pintu dengan daun pintu memiliki jumlah 1.200. Konon katanya, jumlah pintu tersebut tidak pasti karena pada saat dihitung jumlah tersebut bisa berubah.

 

4. Gua Jepang, Bandung

"Goa Jepang" or Japanese Cave in Bandung

Sumber gambar: https://trip101.com/article/goa-jepang-in-tahura-bandung-indonesia

Satu lagi, situs peninggalan pada zaman penjajahan Jepang yang menjadi destinasi wisata horor. Dibangun pada tahun 1942 lokasi Gua Jepang terletak 3 KM dari stasiun Bandung. Pada zaman penjajahan, gua ini berfungsi sebagai tempat senjata dan logistik. Selain menjadi tempat senjata, gua Jepang sering dijadikan tempat penyiksaan. Korbannya merupakan penduduk asli Indonesia yang menjadi romusha atau pekerja paksa. Kalau kamu telusuri lebih dalam gua Jepang ini, kamu akan mendengar jeritan arwah korban penyiksaan minta tolong yang telah menjadi mitos dan legenda setempat yang bernuansa mistis.

 

5. Taman Nasional Alas Purwo

Buat kamu yang pernah melakukan perjalanan ke arah Bali atau sebaliknya lewat darat, pasti akan melewati Alas Purwo di Banyuwangi. Hutan tertua di pulau Jawa ini begitu rapat, teduh, jika melakukan perjalan malam hari dengan minimnya cahaya tentu akan menawarkan sensasi yang sangat menyeramkan.

Dalam bahasa jawa Alas Purwo artinya adalah Rimba. Konon katanya di hutan ini tempat berkumpulnya jin. Tak hanya sekedar penampakan arwah, penduduk yang tinggal di sekitar kawasan ini mengaku sering melihat makhluk halus dengan berbagai wujud. Bagi kamu yang ingin mencoba memacu adrenalin, mengunjungi Alas Purwo dalam rangka wisata horor dapat menjadi pilihan liburanmu.

Gimana, apakah kamu salah satunya yang tertarik untuk merencanakan wisata horor setelah pandemi berakhir? Sambil menunggu kondisi yang aman untuk travelling, kamu bisa menyambut momen Halloween dengan menonton tayangan horor komedi sebagai alternatif hiburan untuk mengisi waktu luang bersama keluarga.

Pada tanggal 30 Oktober 2020, Vision+ akan merilis original series berjudul ‘Twisted’ hasil garapan Vision+ dengan Cameo Project sebagai production house. Twisted merupakan original series bergenre horor komedi yang dibintangi oleh sederetan aktor/aktris serta stand-up comedy yang sudah tidak asing lagi, mulai dari Dion Wiyoko, Dennis Adhiswara, Pamela Bowie, Verdi Solaiman, Ge Pamungkas, Mo Sidik, Ananta Rispo, Yudha Keling, hingga Kristo Immanuel. Sesuai dengan judul utamanya, ‘Twisted’ akan memperlihatkan alur cerita yang cukup unik dan membuat para penonton penasaran akan akhir ceritanya.

Terbagi menjadi 8 ( Delapan ) episode dengan judul dan ide cerita yang berbeda, masing-masing episode dari ‘Twisted’ menceritakan tentang film horor komedi Indonesia berdurasi pendek yang menegangkan dan disajikan secara fresh dan ringan. Kedelapan episode tersebut yaitu:

  1. ‘Sudah Pulang’, mengambil latar perkantoran di Jakarta yang memiliki mitos seputar hantu karyawan yang pulang duluan.
  1. ‘Jangan Teriak’, menceritakan seorang kru film yang melanggar larangan untuk berteriak di lokasi syuting yang angker dan keramat.
  1. ‘Paranormal’, seseorang yang berpura-pura menjadi pengusir hantu harus menghadapi kenyataan bahwa si yang tak terlihat itu memang sungguh ada.
  1. ‘Sendirian’, mendapati hal-hal yang tak biasa saat mendapati dirinya mengalami kejadian seram di rumahnya saat sendirian.
  2. ‘Pamali’, setiap melanggar hal yang dianggap pamali, tentu ada konsekuensi yang siap mengintai.
  1. ‘Staycation’, niat untuk staycation di sebuah hotel mewah malah mendapati dirinya di bawa ke alam lain.
  2. ‘Pandemi’, tak percaya dengan adanya pandemi yang melanda, sekelompok anak mudamendapatkan terror saat bepergian ke sebuah villa.
  1. ‘Scripted’, seorang sutradara film dipaksa masuk ke skrip sebuah cerita misterius yang menghantuinya di kehidupan nyata.

 

Seru kan? Untuk kamu yang ingin menonton series horor dan komedi ‘Twisted’, bisa diakses di www.visionplus.id. Sementara bagi kamu  pengguna Android dan iOS bisa download aplikasinya di Play Store dan App Store.

Komentar