29.Jun.2018

5 Sekolah Gak Lazim di Dunia


Aladiners, apa yang terbayang olehmu saat denger kata sekolah? Tumpukan PR yang nyebelin? Guru-guru “killer”? Atau teman-teman sekolah yang menyenangkan?

0
0
0

Jika sekolah biasanya merujuk pada sebuah bangunan yang menjadi tempat belajar dan mengajar yang dilakukan oleh guru dan murid di pagi hingga sore hari, ternyata di dunia ini ada sekolah-sekolah aneh yang gak selalu mengharuskan hal tersebut.

Bahkan, beberapa sekolah ini gak butuh ruang kelas seperti sekolah pada lazimnya. Tapi, materi yang dipelajari pun setara dengan materi umum. Penasaran sekolah apa sajakah itu? Berikut rangkumannya

1. Sekolah Dasar Dalam Gua

sumber foto: absentlibrarian.blogspot.co.id

Sebuah sekolah dasar yang terletak di desa Miao, provinsi Guizhou, China gak punya bangunan karena masyarakat sekitar memutuskan bersekolah di dalam gua sejak tahun 1984. Sekolah tersebut bernama Dongzhong, yang dalam bahasa Mandarin berarti “di dalam gua”.

sumber foto: eduexcellence.org

Letak sekolah yang berada di pegunungan, membuat para siswa menghabiskan hingga enam jam setiap hari untuk melakukan perjalanan ke dan dari sekolah untuk mengenyam pengetahuan. Sayangnya, 23 tahun setelah sekolah itu berdiri, sekolah tersebut resmi ditutup oleh pemerintah China karena China bukanlah "masyarakat manusia gua."

2. Sekolah Perahu Bangladesh

sumber foto: youtube.com

Bangladesh mengalami banjir dua kali setahun yang membuat jutaan warganya gak punya akses ke air bersih, listrik, dan kebutuhan lainnya. Karena itu, sebuah organisasi nirlaba bernama Shidhulai Swanirvar Sangstha memberikan solusi dengan membangun rumah, pusat perawatan kesehatan, dan sekolah yang mengapung.

Lembaga nonprofit itu mengoperasikan hampir 100 sekolah perahu. Masing-masing sekolah ini memiliki panel suryanya sendiri untuk menerangi selama kegiatan belajar-mengajar berlangsung dan juga dilengkapi dengan komputer, akses Internet, bahkan perpustakaan kecil, lho!

sumber foto: theplaidzebra.com

Para siswa dijemput di dermaga, kemudian sekolah perahu ini mencari tempat yang tenang untuk berlabuh dan mulai pembelajaran. Pas udah beres, para siswa ini dianterin lagi sampai ke dermaga. Lucu, ya? Udah ada sekitar 70.000 siswa di sekolah yang berdiri pada tahun 2002.

3. Sekolah Penyihir

sumber foto: salemwitchmuseum.com

Aladiners penggemar Harry Potter dan mau belajar tentang sihir beneran? Sebuah sekolah di Salem, Massachusetts, Amerika Serikat mengajarkan tentang ilmu sihir kepada para penyihir pemula di seluruh dunia. Di kota tersebut, ada sekitar 200 orang yang dituduh melakukan sihir dan dieksekusi.

Tapi, sebagian besar dari 40.000 mahasiswanya mengambil kursus online. Mungkin takut dieksekusi juga kali, ya? jadi milih aman belajar sihir di rumah, hihihi.

4. Sekolah Bawah Tanah

sumber foto: wikipedia.org

Abo Elementary School menjadi sekolah bawah tanah pertama di Amerika Serikat. Sekolah ini didirikan pada puncak Perang Dingin saat Amerika Serikat hampir terlibat dalam peperangan nuklir dengan Uni Soviet.

Sekolah ini memiliki tiga pintu masuk yang berbeda, masing-masing dilindungi oleh pintu besi yang mampu menahan radiasi dan ledakan hingga 20-megaton. Selain sebagai sekolah bawah tanah, tempat ini juga digunakan sebagai tempat penampungan bom. Sayangnya, sekolah ini ditutup pada tahun 1995 karena meningkatnya biaya pemeliharaan.

5. Sekolah Masa Depan

sumber foto: mcluhangalaxy.wordpress.com

The West Philadelphia School of the Future ini dibuka pada tahun 2006. Semua siswa gak diwajibin buat punya buku karena segala pembelajaran udah pakai komputer, laptop, ataupun tablet Gak cuma itu, para siswa menggunakan loker digital yang terbuka dengan flash kartu ID.

Awalnya, sekolah ini mengalami kesulitan karena “memaksa” anak-anak untuk langsung jago menggunakan teknologi. Para guru juga cukup kesulitan di masa-masa awal berdirinya sekolah ini. Skala penilaian di sekolah ini juga unik, gak pakai huruf selayaknya sekolah normal, tapi menggunakan nilai mulai dari "Advanced" hingga "Not on the Radar".

Komentar