15.May.2020

5 Kegiatan Produktif untuk Mengisi Waktu Ngabuburit. Boljug, nih!


Sisa ramadan tinggal menghitung hari, itu artinya sebentar lagi kita akan Lebaran, yey!. Tapi tahan dulu, ya. Kita masih harus fokus sama puasanya nih. Puasa identik dengan ngabuburit alias menunggu waktu berbuka. Biasanya, banyak orang kumpul sama temen-temennya saat ngabuburit. Kalian termasuk yang kayak gitu nggak? Kali ini, Mister mau kasih rekomendasi 5 kegiatan produktif untuk mengisi waktu ngabuburit. Tapi ingat ya, karena lagi pandemi, kamu harus tetap jaga jarak, apalagi kalau ngabuburit di luar.

0
0
0

 

1. Memasak

Koki Laris di Dunia Maya - Topik - koran.tempo.co

Sumber: https://koran.tempo.co/read/topik/445812/koki-laris-di-dunia-maya?

Bagi kalian yang hobi utak-atik bumbu dapur dan bahan makanan lainnya, kalian bisa banget mengisi waktu ngabuburit dengan memasak. Ini juga bisa jadi kesempatan kalian untuk mecoba memasak menu yang nggak pernah kalian masak sebelumnya.

Mumpung lagi bulan puasa, nggak ada salahnya kalian menyalurkan hobi memasak untuk nantinya dimakan bareng-bareng saat berbuka. Malah lebih sehat, kan berbuka dengan menu masakan sendiri? Tapi, ingat, ketika kalian memasak, jangan sampai kelupaan icip-icip, ya. Hehehe.

 

2. Beres-beres Rumah dan Adain Garage Sale

Iya, rebahan itu memang nikmat. Tapi, daripada rebahan, bukankah lebih baik melalukan kegiatan bermanfaat? Misalnya, beres-beres rumah. Oke, kalau memang rumah terlalu besar, gimana kalau beres-beres kamar tidur?

Sambil nunggu waktu berbuka, kalian bisa perlahan-lahan membersihkan kamar tidur yang mungkin selama ini nggak pernah tersentuh. Nggak perlu tiap hari, sih, misalnya kalian melakukannya saat weekend.

Bersih-Bersih Rumah Ternyata Bisa Bantu Kelola Stres! Begini ...

Sumber: https://parenting.orami.co.id/magazine/bersih-bersih-rumah-membantu-mengelola-stres/

Kegiatan ini bisa kalian cicil. Misal, minggu ini kalian berberes kasur, terus minggu selanjutnya berberes lemari, dst. Nah, biasanya, kalau lagi berberes gitu, kalian bakal nemuin barang-barang bekas yang sebenernya masih bagus.

Nah, daripada barang-barang itu dibuang atau kalau kalian simpen bakal menuhin tempat, lebih baik kalian mengadakan garage sale alias jual barang bekas. Lumayan, kan, kalian bisa dapet pemasukan tambahan.

 

3. Berolahraga

Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah Saat Puasa | Rumah123.com

Sumber: https://artikel.rumah123.com/olahraga-yang-bisa-kamu-lakukan-di-rumah-saat-puasa-44928

Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk nggak berolahraga, ya, gengs. Kalau kalian pengen tetap bugar, jangan lupa sempetin waktu untuk tetap berolahraga. Ini bisa kalian lakukan saat ngabuburit. Nggak perlu lama-lama, 20 – 30 menit cukup.

Lantas, olahraga apa yang cocok? Yang jelas, olahraga ringan yang nggak menguras banyak tenaga, misalnya sit up, push up, jogging, atau skipping. Tapi, ingat, ya, jangan terlalu diforsir. Bisa-bisa kalian malah lemes lagi kalau terlalu diforsir. Secukupnya saja. Oke?

 

4. Baca Buku

Kapan Mengajak Anak Membaca Buku? – Time Capsule

Sumber: https://monikaoktora.com/2016/02/07/kapan-mengajak-anak-membaca-buku/

Yang hobi baca novel, cerpen, atau apa pun itu, kalian bisa memanfaatkan waktu ngabuburit dengan menyalurkan hobi kalian itu. Mungkin ada koleksi lama novel-novel kalian yang pengen kalian baca lagi, nah kalian bisa melakukannya sambil nunggu waktu berbuka puasa.

Atau, kalau kalian ogah baca buku alias pengen yang lebih praktis, kalian bisa mengunduh alias download novel-novel digital lewat smartphone. Lumayan banget, lho kegiatan ini, bisa nambah wawasan kalian gitu. Kalau kata Dr. Seuss, “the more that you read, the more things you will know”.

 

5. Hunting Foto

Hunting Pasar Jakarta - YouTube

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=b3XyifmLFIA

Bagi kalian yang hobi jeprat-jepret, kalian bisa banget, tuh, mengisi waktu ngabuburit dengan hunting foto. Di jam-jam ngabuburit gitu, pasti banyak objek menarik untuk difoto. Lokasi hunting-nya nggak usah jauh-jauh, misalnya di masjid dekat rumah atau di pasar kaget Ramadan dekat rumah. Lumayan, kan bisa sekaligus mengasah skill fotografi kalian. Untuk yang satu ini, kamu harus tetap jaga jarak aman ya. Jangan sampai karena terlalu asyik hunting foto, kamu jadi lupa kalau sekarang lagi ada pandemi. Stay safe!

Komentar