17.Jan.2019

5 Bangunan Ini Tidak Hancur Walau Diterjang Bencana


Segala hal yang ada di dunia ini telah direncanakan oleh Yang Maha Kuasa, termasuk bencana alam. Manusia sehebat apapun gak akan bisa mencegahnya, cuma bisa berdoa dan mencari perlindungan agar selamat. Namun ada yang unik dari 5 bangunan ini yang justru tidak hancur walau diterjang bencana. Penasaran bangunan apa saja? Simak di bawah ini ya!

0
0
0

1. Masjid Apung Palu, Indonesia

Sumber foto: laznahwanur.org/laz-nahwa-nur-distribusikan-bantuan-untuk-korban-gempa-palu-donggala/

Tsunami yang menerjang Sulawesi Tengah pada 28 September 2018 lalu menyisakan luka yang mendalam bagi Indonesia. Gelombang air laut itu meluluh-lantakkan banyak kota di Sulawesi Tengah, termasuk Masjid Arkam Babu Rahman atau yang biasa dikenal sebagai Masjid Apung. Masjid ini adalah simbol pariwisata Kota Palu yang turut terkena dampak tsunami. Meskipun tiang penopangnya roboh hingga masjid ini gak mengapung lagi di atas laut, masjid ini masih berdiri walaupun bangunannya miring ke kiri. Kubahnya yang indah masih utuh dan pengeras suara azannya masih terpasang rapi, tanpa cacat.

2. Patung Yesus, Philipina

Sumber foto: oleh David Guttenfelder / Associated Press diambil dari latimes.com/world/worldnow/la-fg-wn-philippines-typhoon-death-toll-20131122-story.html

Di tahun 2013, Filipina sering diterjang angin topan yang maha dahsyat. Salah satu yang paling dikenal adalah angin Topan Haiyan yang disebut-sebut memiliki kecepatan 315 kilometer per jam. Angin itu meruntuhkan puluhan ribu bangunan dan merenggut nyawa sekitar 2000 orang. Namun, Patung Yesus di Kota Tanauan ini masih tegap berdiri dan menjadi simbol harapan warga untuk tetap bertahan hidup.

3. Gerbang Kuil Sanno, Jepang

Sumber foto: cruisebe.com/sanno-shrine-hiroshima-japan

Peristiwa jatuhnya bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki menyisakan trauma mendalam di hati warga Jepang. Siapa sangka, peristiwa itu menyisakan Gerbang Kuil Sanno yang biasa disebut torii. Gak cuma torii, ada pula 2 pohon besar yang hingga kini masih berdiri kokoh, seakan sebagai bukti nyata peristiwa kejam itu pernah terjadi di Kota Nagasaki.

4. Katedral Cologne, Jerman

Sumber foto: tirto.id/mahakarya-gotik-cologne-katedral-bDUa

Bangunan ini dijuluki sebagai bangunan ajaib karena tetap berdiri kokoh meskipun telah menjadi sasaran kurang lebih 1000 bom pada tahun 1942 silam. Padahal, kala itu pusat kota hancur seketika. Bangunan katedral ini justru terlihat makin kuat berdiri di antara puing-puing.

5. Menara Air di Chicago, Amerika Serikat

Sumber foto: brilio.net/wow/10-bangunan-ini-tetap-kokoh-ketika-bencana-besar-indonesia-juga-punya-170522q.html

Ikon Kota Chicago ini berhasil selamat dan tetap berdiri kokoh pasca kejadian kebakaran besar di Chicago pada 1871 lalu. Kebakaran legendaris itu hanya menyisakan menara air bergaya kastil abad pertengahan.

Komentar